Top 11 Aplikasi Scanner Android Terbaik untuk Scan Dokumen

Dahulu kita mungkin memerlukan sebuah mesin scanner untuk dapat memindai sebuah dokumen. Namun karena harga mesin scanner yang tergolong mahal bagi kalangan menengah ke bawah, mungkin tidak banyak orang yang memiliki alat canggih tersebut.

Namun seiring perkembangan teknologi yang semakin modern, kini kamu bisa men-scan dokumen melalui kamera ponsel android dengan mudah dan cepat. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot membawa mesin scanner saat dibutuhkan kapanpun karena sudah ada aplikasi scanner di android saat ini.

Nah, buat kamu yang membutuhkan aplikasi tersebut, disini YaTekno telah menyaring 11 pilihan terbaiknya yang bagus serta memiliki fitur yang lengkap. Yuk cek deretan aplikasi scanner android berikut hingga tuntas!

1). CamScanner

CamScanner
CamScanner menjadi salah satu aplikasi scanner android terbaik yang paling populer diantara aplikasi sejenisnya. Lihat saja, aplikasi besutan INTSIG Information Co.,Ltd ini telah berhasil di unduh oleh lebih 100 juta kali untuk membantu pengguna android dalam men-scan dokumen.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan dari aplikasi ini, mulai dari men-scan dokumen pada kertas, tulisan di papan tulis, tanda terima, ID Card, dan masih banyak lagi. Untuk format penyimpanannya sendiri tersedia dua pilihan, yakni file .PDF dan .JPEG.

Tersedia juga fitur premium yang memungkinkanmu untuk bisa menikmati lebih banyak fitur canggih, salah satunya yaitu kamu bisa menyimpan dokumen ke dalam penyimpanan cloud, mulai dari Google Drive, Dropbox, Evernote dan One Drive.

Agar dapat berlangganan dan menikmati sederet fitur premium yang ditawarkan oleh CamScanner, kamu cukup membayar $ 4,99 per bulan atau $ 49,99 untuk 1 tahun.

2). Tiny Scanner

Tiny Scanner
Meski memiliki ukuran yang tergolong ringan, aplikasi untuk scan dokumen bernama Tiny Scanner ini juga tak kalah canggihnya dari aplikasi di atas.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa memindai dokumen, foto, penerimaan, laporan, atau apa saja yang berbentuk tulisan, baik dari papan tulis ataupun kertas. Kerennya lagi, aplikasi ini juga scan dokumen berwarna dan grayscale atau hitam putih.

Tersedia 5 tingkatan kontras yang dapat kamu atur agar dokumen yang kamu pindai menjadi lebih bagus. Kamu juga bisa mengatur ukuran halaman pada dokumen tersebut jika ingin langsung di print, baik itu kertas berbentuk Letter, Legal, A4, dan masih banyak pilihan lainnya.

3). Adobe Scan

Adobe Scan
Sukses dengan beberapa aplikasi besutannya seperti aplikasi edit foto dan video, kini Adobe kembali memanjakan para pengguna android dengan menghadirkan sebuah aplikasi untuk scan dokumen di android yang canggih dan mudah digunakan.

Dengan menggunakan aplikasi Adobe Scan, kamu bisa memindai apapun yang kamu inginkan untuk dijadikan bentuk file .PDF, mulai dari kuitansi, catatan, dokumen, gambar, kartu nama, hingga tulisan pada whiteboard atau papan tulis.

Teknologi scanning yang dimiliki oleh aplikasi canggih ini nantinya akan secara otomatis mendeteksi perbatasan dan mempertajam konten yang dipindai.Ketika melakukan pratinjau, kamu bisa menyesuaikan warna, meng-crop, dan melakukan rotasi pada dokumen yang kamu pindai sesuai keinginan.

4). Office Lens

Office Lens
Tak mau kalah dengan Adobe, developer ternama bernama Microsoft Corporation ini juga mempersembahkan sebuah aplikasi scanner android yang diperkaya dengan segudang fitur yang canggih dan handal.

Selain memungkinkanmu untuk memindai dokumen agar dijadikan bentuk file .PDF, kamu juga bisa mengkonversi dokumen yang kamu pindai ke dalam format dokumen populer lainnya, seperti Word dan Power Point.

Jika kamu tidak ingin menyimpan dokumen yang kamu pindai ke dalam galeri, kamu bisa kok menyimpannya ke dalam penyimpanan layanan cloud pada OneNote atau OneDrive secara gratis.

5). Scanbot

Scanbot
Meski tidak sepopuler deretan aplikasi scanner android di atas, Scanbot menjadi salah satu aplikasi untuk scan dokumen yang wajib untuk kamu coba karena mampu menghasilkan pemindaian dokumen dengan kualitas tinggi.

Maksudnya, aplikasi garapan doo GmbH ini nantinya akan secara otomatis mengoptimalkan kualitas warna yang dipindai agar lebih baik dari dokumen yang di scan. 

Selain mendukung scan untuk mutli-page atau banyak halaman sekaligus, aplikasi ini juga mendukung banyak penyimpanan layanan cloud secara gratis, mulai dari Drop Box, Google Drive, OneDrive, Evernote, Amazon Cloud Drive, dan masih banyak lagi.

6). Text Fairy (OCR Text Scanner)

Text Fairy (OCR Text Scanner)
Cari aplikasi untuk mengkonversi gambar ke bentuk teks yang simpel dan mudah digunakan? Mungkin Text Fairy adalah jawabannya.

Meski sudah tidak lagi di update oleh pengembangnya, aplikasi ini masih mempunyai fitur yang handal, salah satunya yaitu mampu memberbaiki sudut pandang dari suatu gambar atau dokumen menjadi lebih optimal.

Kerennya lagi, aplikasi yang satu ini juga mendukung lebih dari 50 bahasa untuk dicetak menjadi bentuk teks agar dapat disimpan ke .PDF.Selain gratis, aplikasi scanner android terbaik yang satu ini ternyata tidak disertai dengan iklan sehingga tidak mengganggu kita saat menggunakannya. Keren kan?

7). Fast Scanner

Fast Scanner
Sesuai dengan namanya, aplikasi bernama Fast Scanner ini mampu memindai dokumen secara cepat dengan hasil yang sangat optimal. Sama seperti aplikasi sejenisnya, ia juga mampu memindai tanda terima, catatan, faktur, kartu nama, papan tulis, dan berbagai catatan kertas lainnya.

Hasil dokumen yang telah kamu pindai dan cetak nantinya bisa langsung dikirimkan ke email langsung dari aplikasi ini. Untuk format dokumennya sendiri, kamu bisa memilih jenis file .PDF atau .JPEG.

8). Simple Scan

Simple Scan
Dahulu kita mungkin membutuhkan alat untuk scan dokumen yang mungkin bisa dibeli dengan harga yang tidak murah. Namun sejak hadirnya aplikasi Simple Scan, kamu bisa memindai dokumen apapun yang kamu inginkan dengan mudah, cepat, dan gratis.

Kerennya lagi, kamu bisa secara langsung melakukan print pada dokumen yang telah kamu pindai langsung dari aplikasi ini melalui jaringan WiFi. Oh ya, kamu juga bisa menyesuaikan ukuran kertas mulai dari Letter, Legal, A4, dan masih banyak lainnya.

9). Genius Scan

Genius Scan
Telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna android di berbagai penjuru dunia, Genius Scan menjadi salah satu aplikasi scanner dokumen terbaik di android yang kualitasnya tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu Batch mode. Dengan fitur tersebut, kamu bisa memindai beberapa halaman berturut-turut dengan kualitas yang luar biasa.

n kualitas yang luar biasa.

10). image scanner

image scanner
Melalui aplikasi image scanner, kamu bisa memindai sebuah dokumen dari kamera ponsel android dengan kualitas tinggi. Kebanyakan dari aplikasi serupa mungkin membutuhkan sedikit editing untuk hasil yang optimal, namun tidak untuk aplikasi besutan Accountstudio ini.

Selain menawarkan fitur yang canggih, aplikasi ini juga memiliki tampilan antarmuka yang user-friendly sehingga memudahkanmu untuk menemukan dokumen yang telah kamu konversikan, baik itu berupa gambar ataupun tulisan.

11). Smart Doc Scanner

Smart Doc Scanner

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Smart Doc Scanner juga memiliki tampilan antarmuka yang intuitif dan handal, pemrosesan scan dokumen yang cepat, serta mampu menyesuaikan modus kontras dengan hasil yang optimal.

Terdapat pula beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, diantaranya yaitu fitur zoom dan pemotongan untuk hasil pindaian yang lebih baik. Kerennya lagi, aplikasi ini juga mampu mengonversikan gambar ke teks dalam lebih dari 40 bahasa berkat teknologi Optical Character Recognition (OCR).

Hasil dokumen yang kamu simpan nantinya bisa ditentukan sesuai dengan keinginan, baik dalam format .DOC ataupun .PDF.

Sementara untuk pemindaian gambarnya sendiri, aplikasi ini mampu mengkonversikan ke berbagai format gambar populer, mulai dari .JPEG, .PNG, .BMP, .GIFF, dan .WEBP.

Lihat juga:

Nah, itulah deretan aplikasi scanner android terbaik untuk scan dokumen yang bagus serta memiliki fitur lengkap.

Dengan memiliki aplikasi di atas, kini kamu bisa men-scan apapun yang kamu mau dengan mudah dan praktis tanpa bantuan mesin scanner yang harganya tergolong mahal.

MAU KUMPUL DENGAN GAMERS DARI SELURUH INDONESIA?

Yuk, gabung dalam Grup Facebook khusus dari YaTekno.com

Join Grup Facebook

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif