Nih, 10 Aplikasi Photoshop Android Terbaik untuk Edit Foto!

Tidak bisa dipungkiri, Photoshop menjadi salah satu software editing terbaik yang mampu mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai segudang tools dan efek filter yang sangat lengkap sehingga mampu menghasilkan hasil editing yang sangat menakjubkan.

Seiring perkembangan zaman, kini Photoshop bisa digunakan pada smartphone android dimanapun dan kapanpun. Yap, Adobe secara resmi telah merilis beberapa jenis aplikasi Photoshop, diantaranya yaitu Photoshop Express, Photoshop Lightroom CC, Photoshop Mix, dan Photoshop Sketch.

Terlepas dari itu, ada juga sederet aplikasi android yang mirip seperti Photoshop karena memiliki fitur-fitur yang lengkap dan canggih. Check this out!

1). Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express
Adobe Photoshop Express merupakan sebuah aplikasi edit foto terbaik dari Adobe yang menyediakan segudang tools canggih. Melalui aplikasi ini, kamu bisa menyulap sebuah foto yang tadinya terlihat biasa-biasa saja menjadi lebih profesional layaknya hasil editing fotografer.

Tersedia lebih dari 60 efek filter profesional hingga sederet kolase yang akan memperindah tampilan fotomu. Selain diperkaya dengan fitur-fitur yang handal, aplikasi dengan jumlah unduhan lebih dari 100 juta pengguna ini juga mudah untuk digunakan, mulai dari melakukan zoom-in dan zoom-out, mengubah ukuran foto, dan lain sebagainya.

Selain dapat digunakan secara manual melalui tools yang tersedia, kamu juga bisa melakukannya dengan opsi automatis sehingga mempermudah dan mempercepat hasil editing. Hasilnya? Dijamin bakal bikin kamu kesemsem.

2). Adobe Photoshop Lightroom CC

Adobe Photoshop Lightroom CC
Masih dari aplikasi besutan Adobe, aplikasi yang cukup banyak digandrungi oleh para fotografer profesional ini memberikanmu kemudahan untuk mengedit foto dengan mengelola warna serta beragam efek filter yang keren.

Fitur-fitur dasar yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain seperti; mengubah warna dan kontras agar terlihat profesional, exposure, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini tentu menjadi sebuah pilihan yang tepat buat kamu yang suka berfoto jikalau ingin mengedit foto dengan mudah dan cepat. Karena dalam Adobe Photoshop Lightroom CC ini kamu tidak perlu mengedit foto-fotomu satu-persatu lagi, hanya beberapa klik saja sudah selesai.

3). Adobe Photoshop Mix

Adobe Photoshop Mix
Selain berfungsi untuk memotong dan menggabungkan foto dengan mudah, Adobe Photoshop Mix juga memungkinkanmu untuk dapat mengubah warna dan meningkatkan kualitas foto agar menjadi jernih, salah satunya dengan menggunakan filter Looks FX.

Aplikasi besutan Adobe yang satu ini juga termasuk yang paling laris digunakan oleh para fotografer pemula hingga profesional. So, kamu tertarik untuk mencobanya juga?

4). Adobe Photoshop Sketch

Adobe Photoshop Sketch
Memiliki kemampuan untuk membuat lukisan dengan berbagai macam jenis alat brush, aplikasi ini tentu sangat direkomendasikan bagi kamu yang suka membuat lukisan atau sekedar ingin belajar.

Tersedia 11 jenis brush yang dapat kamu pilih sesuai selera. Selain itu, kamu juga bisa mengatur ukuran, warna, dan opacity pada brush yang kamu pilih untuk menyesuaikan karya seni lukis yang sedang kamu buat.

Aplikasi portable yang disediakan khusus untuk perangkat mobile ini tentu lebih mudah digunakan dibanding versi dekstop. Dimana kamu bisa menggambar lukisan secara langsung dengan sentuhan tanganmu, baik melalui smartphone android ataupun tablet kalau ingin lebih puas.

5). Adobe Photoshop Fix

Adobe Photoshop Fix
Untuk suntingan foto yang lebih simpel, semisal meningkatkan kecerahan pada area wajah ataupun mengubah warna rambut, mungkin aplikasi bernama Adobe Photoshop Fix menjadi salah satu pilihan yang ideal untuk hal tersebut.

Terlepas dari itu, Photoshop Fix mempunyai salah satu fitur andalan, Liquify namanya. Fitur tersebut mampu memanipulasi bentuk objek secara drastis.

Semisal saat kamu ingin mengedit foto selfie, fitur tersebut akan dengan mudahnya mengenali dimana letak mata, hidung ataupun mulut kamu. Selanjutnya, kamu bisa dengan gampangnya membesar-kecilkan hidung ataupun melebarkan senyuman hanya dengan menarik sebuah slider saja.

6). PicsArt Photo Studio

PicsArt Photo Studio
PicsArt Photo Studio merupakan salah satu aplikasi editing terbaik dari sekian banyaknya aplikasi edit foto yang tersedia di Google Play Store. Telah digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna, aplikasi ini tentu memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Melalui PicsArt, kamu dapat memberikan efek filter terhadap foto favoritmu agar terlihat lebih keren. Selain menyediakan cukup banyak filter, aplikasi ini juga bisa diandalkan untuk merubah background foto, menambah teks pada foto, membuat bingkai foto, dan masih banyak lagi.

Tidak perlu membutuhkan keahlian khusus untuk melakukan edit foto, karena aplikasi ini sejatinya memang dirancang untuk mempermudah pengguna awam. So, aplikasi yang mirip dengan Photoshop ini layak untuk kamu gunakan jika kamu termasuk orang yang suka ngedit foto.

7). Snapseed

Snapseed
Snapseed merupakan sebuah aplikasi fotografi andalan bagi banyak fotografer yang mampu menyulap fotomu menjadi lebih indah. Aplikasi buatan Google ini akan membuat fotomu menjadi lebih terlihat dramatis dan hidup sehingga terkesan lebih profesional dilihat.

Salah satu fitur unggulan yang banyak disukai oleh pengguna android yaitu tools atau efek foto bokeh yang mampu menghasilkan gambar agar terlihat lebih artistik dengan efek blur.

8). PhotoDirector

PhotoDirector
PhotoDirector hadir dengan berbagai macam efek filter yang mampu menyulap sebuah foto dari yang biasa saja menjadi lebih terlihat profesional.

Semisal jika kamu memotret menggunakan smartphone lalu mengeditnya melalui aplikasi ini, mungkin orang lain akan mengira kalau hasil fotomu merupakan tangkapan dari kamera Canon ataupun Nikon.

Selain mempunyai efek HDR yang sangat baik, aplikasi garapan CyberLink ini juga mampu menyesuaikan tone pada foto dengan mengatur Brightness, Darkness, Exposure dan slider Kontras agar menjadi lebih indah.

9). Pixlr

Pixlr
Pada dasarnya, aplikasi bernama Pixlr ini menyediakan 3 menu pilihan, diantaranya yaitu untuk mengambil gambar sekaligus dari aplikasi tersebut, yang kedua adalah mengedit foto secara satu per satu, dan yang ketiga adalah mengkolase foto lalu mengedit foto yang telah dikolase-kan tersebut.

Ketiga menu tersebut pada dasarnya sama saja. Hanya saja teknik pengambilan dan pemilihan filenya yang berbeda. Salah satu fitur andalan yang ditawarkan oleh Pixlr yaitu fitur Auto Fix yang mampu menyeimbangkan warna dengan sekali sentuhan saja.

Selain memiliki banyak efek filter dan juga berbagai bentuk kolase yang mengagumkan, aplikasi dengan jumlah pengguna lebih dari 100 juta ini juga mampu merubah ukuran foto dengan cepat setelah selesai di edit tanpa mengurangi kualitas foto tersebut.

10). AirBrush

AirBrush
Cari aplikasi yang mirip seperti Photoshop di android yang mudah digunakan? Mungkin aplikasi bernama AirBrush ini bisa kamu coba. Selain memiliki teknologi filtering yang baik dan beragam, aplikasi ini juga mampu menyulap sebuah foto menjadi lebih indah dengan sentuhan brush.

Misalnya kamu ingin mengedit foto selfie, pasti kamu gak mau kan wajahmu terlihat kusam? Nah, disini kamu bisa memuluskannya dengan memoleskan brush pada jerawat atau bintik-bintik yang tidak diinginkan.

Hebatnya lagi, aplikasi ini juga mempunyai keahlian dalam memutihkan gigi dan juga mata dengan efek whitening yang terlihat natural tanpa over-whitening

Lihat juga:

Dengan memiliki salah satu dari aplikasi di atas, kini kamu bisa dengan mudah mengedit foto untuk menerapkan efek bokeh, blur, dan lain sebagainya tanpa harus menggunakan Photoshop melalui perangkat dekstop.