Top 10 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik Tanpa Root

Biasanya kita sering melakukan aktivitas merekam pada layar komputer (recording) melalui sebuah software. Namun kini berbeda, sekarang kamu juga bisa merekam aktivitas layar android dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Rata-rata dari aplikasi perekam layar android yang tersedia di PlayStore, pengguna sudah harus memiliki
android dengan versi Jelly Bean 4.1 ke atas. Karena dengan ketentuan dan syarat tersebut, tentu kinerja recording pada screen android tentu akan berjalan dengan lancar dan mulus.

Tapi tenang, ada beberapa aplikasi yang juga memperbolehkan untuk pengguna android
yang memiliki versi 2.1 keatas.

Berbagai aplikasi perekam layar tersedia sangat banyak sekali di
PlayStore. Namun tidak semuanya dapat di gunakan tanpa perlu melakukan akses root. Nah, berikut daftar aplikasi perekam layar android terbaik dan tanpa root.

1. NO-Root Record Screen to Video

Screen Capture Video Tools

Aplikasi di urutan pertama untuk jenis aplikasi perekam layar berdasarkan rating yang didapat dari Google Play yaitu Screen Capture Video Tools.

Biasanya para pengguna memanfaatkan aplikasi ini untuk tutorial, gaming, dan masih banyak kegunaan lainnya. Dengan 24
frame perdetik, tentu akan membuat video HD yang proffesional.

Kamu juga dapat membagikan video yang kamu rekam dengan menggunakan fitur
yang tersedia pada aplikasi ini. Pengguna android yang dapat menjalankan
aplikasi ini harus mempunyai android versi 4.0.3 atau lebih tinggi.

2. FREE screen recorder (No Root)

FREE screen recorder (No Root)

Seperti namanya, tentu aplikasi ini dapat kamu gunakan bagi android yang belum melakukan rooting. Aplikasi buatan Invisibility Ltd ini akan membantu kamu dalam membuat kualitas rekaman tinggi pada aktivitas android yang sedang kamu lakukan.

Kamu dapat melakukan menjalankan aplikasi ini ketika sedang bermain sebuah game, membuat rekaman layar untuk mempromosikannya, video tutorial, dan masih banyak kegunaan lainnya.

Kamu juga dapat langsung berbagi melalui Youtube, Facebook, Twitter, dll. Dengan fitur yang mudah digunakan, tentu akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi yang hobi melakukan aktivitas merekam layar pada androidnya.

3. Screen Recorder

Screen Recorder

Screen Recorder adalah sebuah aplikasi perekam layar gratis yang dikembangkan oleh NLL.
Aplikasi ini bertugas untuk merekam layar perangkat kamu kedalam bentuk video.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat melakukan video tutorial dan kemudian dikombinasikan dengan aplikasi pengisi suara.

Aplikasi ini tidak mempunyai batasan waktu atau limit ketika ingin menghentikan aktivitas recording. untuk memberhentikan aktivitas recording, kamu
cukup menggoyangkan android jika ingin men-stop.

Namun sayang, untuk menjalankan aplikasi ini dibutuhkan akses root untuk
android versi 4.4 Kitkat kebawah. Aplikasi Screen Recorder ini dapat
langsung berjalan pada android 5.0 Lollipop keatas.

4. Game Screen Recorder

Game Screen Recorder
Game Screen Recorder sejatinya memang di rancang untuk keperluan merekam aktivitas saat bermain game pada perangkat android. Ternyata, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk merekam berbagai aktivitas di android dengan fitur record dekstop.

Bagaimana caranya? Di halaman utama aplikasi, kamu akan melihat dua menu pilihan, yakni Game dan Dekstop. Nah, kamu hanya perlu memilih yang Dekstop untuk dapat merekam segala kegiatan atau aktivitas di layar android, seperti membuat video tutorial misalnya.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini tanpa akses root, kamu memerlukan OS android dengan versi 5.0+ (Lollipop).

5. DU Recorder

DU Recorder
Tidak kalah dengan aplikasi sejenis lainnya, dimana DU Recorder ini memiliki segudang fitur canggih guna membantu kamu dalam merekam berbagai kegiatan di android, baik itu bermain game atau saat menjalankan aktivitas lainnya.

Aplikasi ini memiliki video rekaman berkualitas tinggi dengan hasil gambar yang sangat bening. Kelebihan lainnya adalah kamu bisa langsung mengedit video yang telah kamu rekam tersebut agar lebih maksimal. 

6. Lollipop Screen Recorder

Lollipop Screen Recorder
Sesuai dengan namanya, aplikasi Lollipop Screen Recorder ini di rancang khusus bagi pengguna android yang menjalankan OS versi 5.0+. Dengan demikian, pengguna tidak perlu melakukan akses rooting terhadap ponselnya.

Video atau hasil rekaman nantinya akan di rampungkan ke sebuah direktori, kamu pun bisa langsung melihat, mengedit, dan membagikannya ke temanmu. Sayangnya, hasil rekaman video terlalu besar. Dimana kamu membutuhkan space yang besar juga untuk menampung hasil rekaman tersebut.


7. Mobizen

Mobizen
Menjadi salah satu aplikasi perekam layar android terbaik di tahun 2016, hingga saat ini pun jumlah penggunanya telah mencapai lebih dari 50 juta. Dengan kata lain, kamu tidak perlu meragukan kualitas dari aplikasi recording garapan Mobizen ini.

Sama seperti aplikasi sejenis pada umumnya, dimana ia berfungsi untuk merekam layar desktop ataupun ketika sedang menjalankan sebuah game. 

Berbicara mengenai fiturnya, disini kamu akan di manjakan dengan hasil rekaman berkualitas jernih, yakni 240p ~ 1080p. Kamu pun bisa mengedit hasil rekaman tersebut dengan menambahkan BGM atau hal-hal lainnya.


8. Unlimited Screen Recorder

Unlimited Screen Recorder
Salah satu kelebihan dari aplikasi yang satu ini adalah kamu dapat melakukan recording tanpa batasan waktu atau unlimited. Tidak hanya itu, kamu pun dapat mengatur video bitrate sesuai dengan keinginan, mulai dari 1Mbps hingga 20 Mbps. Hasl video tersebut dapat di nikmati tanpa gangguan watermark.

9. AirShou Screen Recorder

AirShou Screen Recorder
AirShou merupakan sebuah aplikasi perekam layar yang tidak memerlukan akses root untuk perangkat android 5.0+ (Lollipop) dan dapat melakukan recording tanpa batasan waktu maupun watermark. 

Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini yaitu ia mampu merekam layar secara HD tanpa membebani kinerja ponsel. Sedangkan jenis format video pun bisa di atur sesukanya, seperti MKV, MP4, dan masih banyak lagi.


10. One Shot Screen Recorder

One Shot Screen Recorder
Jika saat ini kamu telah menggunakan OS Android 5.0+, maka sangat tepat jika menggunakan aplikasi bernama One Shot ini. Pasalnya ia memiliki segudang fitur canggih, salah satunya yakni touch indicator yang memungkinkanmu untuk menampilkan kursor ketika menyentuh layar.

Kelebihan lainnya yakni pengguna bisa mengatur ketajaman layar hingga 4K dengan bitrate mencapai 50Mbps. Hasil rekaman video yang di tampilkan tentunya memiliki kualitas yang sangat baik.

Aplikasi persembahan MakeEZ ini telah kompatibel dengan YouTube. Dimana setiap video yang di rekam bisa langsung di upload melalui fitur yang tersedia oleh aplikasi ini.

Lihat juga:

Itulah aplikasi perekam layar android terbaik dan tanpa root yang wajib kamu gunakan. Nah, sekarang kamu dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Semoga aplikasi tersebut dapat bermanfaat untuk kebutuhanmu ataupun orang lain.