Top 11 Aplikasi Penghemat Kuota Android yang Terbukti Ampuh

Salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh setiap orang di zaman teknologi seperti saat ini adalah internet. Ya, untuk tetap terhubung dengan sosial media ataupun melakukan browsing untuk mencari hal-hal penting, tentu kita membutuhkan peranan internet.

Hadirnya internet cepat dari 4G LTE ternyata tidak menjadi solusi untuk memuaskan hasrat para pengguna internet. Meskipun menawarkan koneksi internet yang lebih cepat, pengguna harus khawatir dengan pemakaian data internetnya

Dengan kata lain, semakin cepat koneksi internet tentu akan semakin boros. Nah sebagai solusinya, disini YaTekno telah berhasil mengumpulkan berbagai jenis aplikasi penghemat kuota untuk android yang terbaik.

1. Opera Max

Opera Max
Buat kamu yang suka melakukan aktifitas browsing namun khawatir akan penggunaan data yang boros, maka aplikasi bernama Opera Max ini adalah pilihan yang tepat buatmu.
Melalui aplikasi ini, kamu bisa menghemat pemakaian data internet hingga 50%, baik itu menggunakan data seluler ataupun Wi-Fi. Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana, dimana ia akan membuang cookie serta pemblokiran iklan yang memungkinkan penggunaan data yang lebih hemat.

2. Video Downloader for Instagram

Video Downloader for Instagram
Apakah kamu termasuk seseorang yang gemar bermain Instagram? Jika iya, kabar baiknya ada sebuah aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk menghemat kuota data internetmu, Video Downloader for Instagram namanya.
Sesuai dengan namanya, dimana aplikasi ini akan membantumu dalam mengunduh sebuah video di beranda Instagrammu untuk disimpan di ponselmu. Dalam artian, kamu tidak perlu memutar video yang sama secara berulang-ulang. Dimana kamu bisa memutarnya kapanpun kamu mau, tanpa khawatir akan kuota.

3. Chrome Browser

Chrome Browser
Tidak hanya dipercaya sebagai sebuah browser untuk mempercepat proses jelajah, Chrome Browser ternyata memiliki sebuah fitur handal yang terbukti ampuh menghemat penggunaan data hingga 50%.

Kok bisa? Ya, pasalnya ia memiliki sebuah fitur bernama Data Saver, dimana fitur tersebut akan menyimpan penggunaan cookies atau semua data-data saat kamu berselancar di internet. Sehingga proses loading maupun penggunaan data akan lebih cepat dan hemat.

4. App Saver

App Saver
App Saver merupakan sebuah aplikasi yang memang di rancang khusus untuk kebutuhan pengguna android dalam melakukan backup pada aplikasi tertentu. Aplikasi besutan AndroidRockers ini hanya memiliki fungsi untuk membackup aplikasi (.Apk) saja, tidak untuk data-data yang ada pada aplikasi itu.

Hadirnya aplikasi ini tentu bisa kamu manfaatkan apabila sewaktu-waktu kamu ingin mengganti ponsel atau alasan lainnya, dimana kamu tidak perlu mendownload aplikasi yang sama lagi. Ya, kamu hanya perlu membackup aplikasi yang kamu butuhkan untuk disimpan ke penyimpanan eksternal agar sewaktu-waktu dibutuhkan kembali.

5. My Data Manager

My Data Manager
Khawatir akan penggunaan data internet yang tidak terkendali? Coba deh, gunain aplikasi My Data Manager di android kamu. Aplikasi buatan Mobidia Technology ini membantumu dalam melacak pemakaian data seluler secara spesifik.

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana, dimana ia akan mendeteksi aplikasi mana saja yang memakan penggunaan data paling besar. Selain itu, aplikasi penghemat kuota ini juga dilengkapi fitur Alarm, dimana ia akan mengingatkanmu saat kuota data internetmu membengkak.

6. CM Data Manager

CM Data Manager
Tak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, CM Data Manager juga memiliki fungsi dalam mengelola penggunaan data seluler secara terperinci.

Aplikasi penghemat kuota ini bekerja dengan sangat baik dalam hal meminimalisir penggunaan data, salah satunya yakni dengan mendeteksi aplikasi yang boros kuota. Melalui aplikasi ini, kamu akan melihat penggunaan data beserta kecepatan jaringan saat kamu berselancar di internet.

7. Onavo Count

Onavo Count
Aplikasi bernama Onavo Count ini mungkin tidak begitu familiar di kalangan pengguna android. Namun perlu kamu ketahui, aplikasi ini ternyata bisa di andalkan dalam menghemat penggunaan data seluler, salah satunya ketika kamu melakukan streaming video di internet.

Tidak hanya itu, ia juga memiliki interface yang cukup baik dan mudah digunakan. Dimana kamu bisa melihat informasi terkait penggunaan data internet di androidmu, baik itu penggunaan dari latar belakang, depan, ataupun Wi-Fi.

8. Opera Mini

Opera Mini
Satu lagi nih, aplikasi buatan Opera yang dipercaya oleh puluhan juta pengguna android dalam menghemat pemakaian kuota data internet mereka, apalagi kalau bukan Opera Mini.


Tidak hanya memiliki kemampuan berselancar yang cepat, aplikasi ini juga memiliki fungsi untuk menghemat pemakaian data internet yang memang terbukti ampuh. Ya, kamu bisa melihat penghematan data secara spesifik melalui fitur pintar yang tersemat dalam aplikasi browser ini.

Salah satu fitur menarik yang diberikan oleh aplikasi ini yakni halaman offline. Dimana melalui fitur tersebut kamu bisa mengakses situs yang kamu kunjungi sebelumnya tanpa menggunakan penggunaan data internet.

9. Facebook Lite

Facebook Lite
Seiring banyaknya pengguna Facebook dari waktu ke waktu, akhirnya sang developer meluncurkan sebuah aplikasi guna memuaskan hasrat pengguna dalam mengakses sosial media terpopuler ini berbagai kondisi jaringan, termasuk 2G sekalipun.

Ya, Facebook Lite memang sengaja di rancang dengan desain yang simpel ketimbang aplikasi aslinya. Jangan salah, ternyata aplikasi ini memiliki segudang kelebihan, misalnya seperti ukuran yang ringan serta lebih efisien dalam melakukan penghematan data seluler.

10. DataEye

DataEye
Selain berperan sebagai mobile data manager, aplikasi penghemat kuota bernama DataEye ini juga dibekali dengan fitur penghemat baterai. Fitur battery saver ini nantinya akan bekerja dengan cara mematikan penggunaan aplikasi latar belakang yang tidak terlalu penting.
Melalui aplikasi ini, kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang ngabisin kuota internet secara berlebihan. Dimana nantinya kamu bisa mengatur sambungan data seluler dengan memblokir aplikasi-aplikasi yang tidak penting namun sering menguras kuota secara perlahan.

11. Via Browser

Via Browser
Meskipun tidak sepopuler aplikasi browser lainnya, Via Browser memiliki kemampuan yang cukup handal dalam kegiatan browsing yang super cepat dengan ukuran aplikasinya yang terbilang sangat ringan.
Bukan cuma itu saja, aplikasi ini juga memiliki segudang fitur canggih guna menghemat pemakaian kuota internetmu, yakni dengan cara memblokir iklan saat melakukan browsing dan YouTuban. Kerennya lagi, pengguna juga bisa mengkostumisasi tampilan homepage sesuai dengan keinginan.

Nah, itulah deretan aplikasi penghemat kuota internet untuk android pilihan YaTekno. Tunggu apalagi, ayo buruan pasang aplikasinya di androidmu sekarang juga, mumpung masih gratis loh!