10 Aplikasi Pembuat Video Animasi di Android Terbaik 2018

Mempunyai waktu luang yang cukup banyak dan kebetulan suka dengan hal-hal seperti menggambar, melukis, dan sejenisnya? Nah, tak ada salahnya jika kamu tertarik untuk membuat sebuah video animasi sendiri.

Umumnya membuat video animasi biasa dilakukan melalui software pada perangkat dekstop. Namun seiring perkembangan zaman, kini kamu bisa menciptakan sebuah video animasi yang keren dan lucu melalui smartphone android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Nah, untuk membantumu dalam menemukan aplikasi apa saja yang bagus dan mudah untuk membuat video animasi, berikut telah YaTekno saring 10 pilihan aplikasi pembuat video animasi android terbaik di tahun 2018. Check this out!

1). Draw Cartoons 2

Draw Cartoons 2
Melalui aplikais Draw Cartoons 2, kamu bisa mengkreasikan sebuah seni sederhana dengan cara  menggambarnya terlebih dahulu melalui tools yang tersedia. Selain mampu menciptakan semua aspek kartun, kamu juga bisa menggambar berbagai macam jenis karakter yang kamu sukai.

Selanjutnya,kamu bisa langsung mengkonversi hasil kreasimu kedalam bentuk video agar dapat ditonton secara offline serta membagikannya ke sosial media favoritmu. 

2). FlipaClip

FlipaClip
Aplikasi pembuat video animasi di android yang tak kalah keren berikutnya yaitu FlipaClip. Melalui aplikasi garapan Visual Blasters LLC, kamu bisa membuat animasi kartun dengan menggunakan tahap frame-by-frame.
Cara kerja dan hasilnya mungkin sangatlah mirip dengan kreasi animasi pada Flip Book. Namun aplikasi ini mempunyai fitur yang lebih lengkap, diantaranya yaitu penunjuk waktu animasi, Onion Layer, pengatur frame, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang memiliki Samsung Galaxy Note dan sejenisnya, aplikasi ini telah mendukung penggunaan Samsung Pen yang umumnya terdapat pada perangkat dengan kelengkapan Pen Stylus. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah dalam membuat sebuah video animasi di smartphone android ataupun tablet.

3). PicsArt Animator: GIF & Video

PicsArt Animator: GIF & Video
Sukses dengan aplikasi edit foto yang dibuatnya, pengembang yang menciptakan aplikasi PicsArt kini telah berhasil menciptakan sebuah aplikasi bernama PicsArt Animator yang memungkinkanmu untuk dapat membuat video animasi dan kartun sederhana.

Dilengkapi dengan fitur animasi seperti duplikasi frame serta tools yang lengkap dan mudah digunakan, aplikasi ini tidak membutuhkan keahlian khusus. Maksudnya, kamu yang masih awam dalam membuat sebuah video animasi bisa dengan mudahnya mengkreasikan sebuah karya yang keren dari aplikasi ini.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan dari aplikasi garapan PicsArt ini, mulai dari membuat video animasi selfie, membuat stiker animasi dengan gerakan yang dikostumisasi, membuat emoji sesuai keinginan, dan masih banyak lagi.

4). Stick Fighter

Stick Fighter
Memiliki tampilan antarmuka yang sederhana, Stick Fighter mampu membuat sebuah video animasi yang lucu dengan membuat animasi frame-by-frame seperti layaknya Flip Book.

Sesuai dengan namanya, nantinya kamu akan mengkreasikan sebuah karakter yang memiliki bentuk menyerupai stickman agar dijadikan sebuah animasi yang keren sesuai dengan keinginanmu sendiri.

Misalnya seperti membuat sebuah video animasi bertemakan action yang memperagakan karakter yang kamu buat dalam pertarungan menggunakan pedang, pistol, dan berbagai macam jenis senjata lainnya. Jangan khawatir, aplikasi besutan tweber ini mudah untuk digunakan kok.

5). StickDraw

StickDraw
Ingin membuat video animasi GIF sederhana? Gampang kok, melalui aplikasi StickDraw kamu bisa membuat sebuah video animasi bergerak dengan tools sederhana yang telah tersedia, baik itu karakter stickman, GIF number dari 1 sampai 10, dan lain sebagainya.

Tersedia sederet fitur sederhana yang bisa kamu gunakan nantinya, mulai dari Freeform, garis, persegi panjang, segi tiga, dan lain-lain. Untuk jumlah frame-nya sendiri, kamu bisa menciptakannya sesuai dengan keinginanmu.

Jika video animasi yang kamu ciptakan telah selesai, kamu bisa langsung mengkonversikannya menjadi bentuk GIF ataupun MP4 agar bisa disimpan ke galeri ponselmu.

6). Animation Desk

Animation Desk
Animation Desk merupakan salah satu aplikasi pembuat video animasi terbaik di android yang memiliki fitur cukup lengkap. Sebelum itu, kamu harus terlebih dahulu menggambar objek yang ingin kamu jadikan animasi, misalnya manusia, hewan, dan lain-lain.

Menariknya dari aplikasi ini, tools yang disediakan hampir sama seperti alat yang digunakan untuk melukis atau menggambar. Diantaranya yaitu pensil, krayon, pena, tiga jenis kuas dan penghapus.

Setelah sketsa objek yang kamu buat telah selesai, kamu tinggal menggeser letak objek frame-by-frame sesuai dengan keinginan. Oh ya, untuk kecepatan frame rate nya bisa disesuaikan mulai dari angka 3fps ke 24fps (frame per detik).

7). Animate it!

Animate it!
Jika pada aplikasi pembuat video animasi sebelum-sebelumnya hanya menggambarkan objek 2D saja, berbeda dengan aplikasi bernama Anime it! yang memungkinkanmu untuk membuat sebuah video animasi keren dalam bentuk 3D atau 3 Dimensi.

Sang pengembang telah menyediakan berbagai macam jenis karakter yang bisa kamu pilih nantinya. Nah, kamu hanya perlu memilih karakter serta mengkombinasikannya dengan objek lain, seperti topi, boneka, dan lain sebagainya.

Setelah objek yang kamu buat selesai, kamu bisa membuat sebuah video animasi dari objek yang kamu buat hingga 32 frame. Oh ya, kamu juga bisa langsung melakukan preview serta mengeditnya jikalau masih belum srek dengan karya yang dibuat. Penasaran kan?

8). Stickman Animator

Stickman Animator
Terlalu rumit untuk membuat sebuah video animasi dari aplikasi sebelumnya? Mungkin Stickman Animator adalah pilihan yang tepat untukmu. Memiliki tampilan antarmuka serta fitur yang sederhana, aplikasi pembuat video animasi di android yang satu ini cocok untuk pemula karena mudah untuk digunakan.

Selain dapat membuat video animasi stickman berjalan, kamu juga bisa menciptakan objek animasi bergerak lainnya seperti anjing yang berjalan, senjata ketika menembakkan peluru, dan lain sebagainya.

9). PicPac Stop Motion & TimeLapse

PicPac Stop Motion & TimeLapse
Siapa yang tak kenal teknik animasi Stop Motion? Yap, sebuah teknik animasi dimana kita membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri.

Nah, melalui aplikasi bernama PicPac Stop Motion & TimeLapse ini, kamu bisa membuat video animasi Stop Motion yang keren dengan menggunakan foto dari galeri ataupun langsung menangkapnya melalui kamera melalui fitur yang tersedia.

Menariknya lagi, kamu bisa menambahkan musik kedalam video Stop Motion yang kamu buat agar menjadi lebih keren. Hasil video yang kamu hasilkan nantinya bisa langsung disimpan dengan kualitas 360p.

Kalau menginginkan kualitas video yang lebih bagus seperti 480p, 720p, atau video 1080p, kamu harus meng-upgrade aplikasinya ke versi Pro. Selain bisa memilih kualitas video sesuai keinginan, versi Pro juga memungkinkanmu untuk menghapus watermark sehingga tidak mengganggu pemandangan.

10). Stick Nodes: Stickman Animator

Stick Nodes: Stickman Animator
Stick Nodes: Stickman Animator merupakan salah satu aplikasi pembuat video animasi terbaik di android yang mampu menciptakan sebuah animasi stickman yang sedang bertarung dengan gaya yang keren.

Menariknya, kamu bisa memasukkan efek suara kedalam video animasi yang kamu buat sehingga menciptakan kesan yang lebih sempurna, semisal jika kamu membuat video animasi pertarungan, efek suara yang kamu masukkan bisa berupa pukulan atau orang terjatuh.

Hasil karya yang akan kamu buat bisa langsung diputar karena memiliki fitur preview. Tak perlu khawatir jika salah, karena aplikasi garapan ForTheLoss Games ini juga menyediakan fitur redo dan undo.

Setelah video animasi selesai dibuat, kamu bisa langsung menyimpan serta mengkonversikannya kedalam bentuk GIF ataupun MP4. Lebih dari 5 juta pengguna android sudah menggunakan aplikasi ini, tertarik untuk mencobanya juga?

Lihat juga:

Nah, itulah deretan aplikasi pembuat video animasi terbaik di android yang memungkinkanmu untuk membuat sebuah video animasi lucu dan keren, baik itu dalam bentuk 2D maupun 3D.

Oh ya, semua aplikasi pembuat video animasi android di atas bisa kamu download secara gratis. Namun beberapa diantaranya dapat di upgrade ke versi Pro atau berbayar jika kamu menginginkan fitur-fitur yang lebih lengkap.