Top 9 Aplikasi Pembuat Komik Terbaik di Android (untuk Pemula)

Apakah kamu gemar membaca berbagai buku komik? Jika iya, apakah pernah terlintas di kepala dan benakmu ingin belajar membuat komik? Kalau iya, kabar baiknya kemajuan teknologi saat ini sangat bisa membantu mewujudkan keinginan kamu tersebut walaupun kamu saat ini seorang pemula.

Beberapa tahun terakhir ini profesi komikus di Indonesia mulai terangkat karena semakin banyak komikus-komikus yang sukses hingga masuk ke dalam berbagai acara TV dan semakin tenar.

Mungkin dulu banyak orang beranggapan profesi sebagai komikus kurang menjanjikan, tapi saat ini ketika melihat sudah mulai banyak orang sukses dalam hal tersebut, membuat orang-orang yang bercita-cita menjadi komikus semangatnya menjadi besar lagi karena hal tersebut.

Bagi kamu seorang pemula, kamu bisa memulai membuat komik dari hal sederhana dengan membuat komik menggunakan bantuan aplikasi android.

Di Google Play cukup banyak developer yang membuat aplikasi comic creator, namun tidak bisa dipungkiri aplikasi yang benar-benar berkualitas jumlahnya masih sangat sedikit. Maka dari itu YaTekno berusaha mencari yang terbaik hingga terkumpullah 9 aplikasi pembuat komik untuk android yang bisa disimak dalam pembahasan berikut ini.

1). Drawing Tutorials: How to Draw

Drawing Tutorials: How to Draw
Aplikasi menggambar rancangan Funjoy ini menawarkan fitur menarik, yaitu adanya panduan menggambar. Jadi, kamu bisa mulai menggambar dengan mengikuti tutorial yang disediakan. Tutorialnya juga bermacam-macam, mulai dari membuat komik, menggambar anime, hewan, dan berbagai karakter lainnya.

Tools atau alat-alat yang digunakan untuk menggambar juga cukup banyak dan memadai sehingga bisa menunjang kegiatan menggambar walaupun digunakan oleh seorang pemula sekalipun. Ini terbukti dari rating 4.7 dan review positif yang didapatkannya di Google play.

2). Comicker

Comicker
Kalau kamu membutuhkan aplikasi pembuat komik yang khusus membuat hal tersebut dibanding pilihan nomor 1 di atas, maka Comicker yang berdiri di bawah penerbit bernama bodhaguru ini mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan.

Dalam aplikasi ini, sang pengembang menawarkan 5 langkah mudah dalam membuat komik, yaitu:

  1. Memilih layout atau tata letak sesuka hati.
  2. Menambahkan karakter, background, dan berbagai objek lainnya yang disediakan gratis dalam aplikasi ini. Jumlahnya lebih dari 4500 gambar.
  3. Membuat narasi lalu memasukkanya ke dalam “speech bubble”.
  4. Pada langkah ini kamu bisa menyimpan karya komikmu sebagai portofolio atau dokumentasi pribadi di memori ponsel pintar Android kamu.
  5. Terdapat fitur Record Audio yang memungkinkan kamu untuk membuat komik dengan audio dari suara kamu sendiri.

3). Comicize

Comicize
Berbeda dengan 2 aplikasi pembuat komik di atas sebelumnya, pada aplikasi Comicize hasil buatan Graphicalize, kamu bisa membuat komik dari foto hasil jepretan kamu sendiri (seperti yang terlihat pada gambar di atas). Dengan aplikasi ini kamu bisa mengubah foto kamu menjadi karya seni komik yang mempunyai cerita.

Berbagai fitur yang dihadirkan cukup lengkap seperti misalnya filter untuk foto agar mendapatkan efek kartun yang kuat sehingga bisa menciptakan kartun berkualitas tinggi dengan mudah. Karena tidak adanya iklan, sepertinya aplikasi ini digemari cukup banyak penggunanya.

4). Comic Puppets Lite

Comic Puppets Lite
Kalau kamu seorang pemula yang ingin belajar membuat komik layaknya komikus tapi dengan cara yang mudah, Comic Puppets Lite hasil garapan Touch Multimedia bisa kamu manfaatkan untuk hal tersebut.

Kamu tidak perlu menggambar karakter untuk komikmu sendiri, di sini kamu bisa memilih berbagai objek yang disediakan untuk digunakan lalu mengatur posisi yang tepat. Setelah itu tambahkan teks narasi agar setiap gambar terlihat benar-benar mempunyai cerita.

5). Comic & Meme Creator

Comic & Meme Creator
Aplikasi pembuat komik dan meme besutan Tilted Chair ini menyediakan lebih dari 100 gambar berupa karakter, background, dan objek yang nantinya bisa kamu gunakan dalam pembuatan komik. Selain itu font untuk narasi yang tersedia juga cukup beragam sehingga bisa membebaskanmu untuk memilih mana yang terbaik.

Menariknya, kamu juga bisa menggunakan foto yang ada di galeri ponselmu untuk digunakan dalam meme dan komik. Setelah sudah cukup puas pada hasil akhir karyamu, kamu bisa menyimpan di memori android dan berbagi ke sosial media menggunakan fitur berbagi agar semua temanmu tahu bahwa kamu bisa membuat komik.

6). Rage Comic Maker

Rage Comic Maker
Rage Comic Maker memungkinkan kamu membuat meme komik dengan mudah. Awalnya nanti kamu bisa menentukan jumlah kotak komik pada Panel Count. Selanjutnya kamu bisa memilih gambar-gambar meme dengan wajah ekspresi yang berbeda.

Kamu juga bisa menggambar menggunakan alat-alat sederhana seperti Line untuk membuat garis lurus, Draw untuk menggambar bebas, dan Type untuk menambahkan teks. Dengan berbagai fitur lengkapnya, sekarang kamu tidak harus lagi menggunakan PC atau laptop hanya untuk menggambar meme komik. 🙂

7). Photo talks: speech bubbles

Photo talks: speech bubbles
Sama seperti Comicize, Photo talks juga bisa kamu andalkan untuk membuat komik dari beberapa foto. Aplikasi garapan Fueneco ini menyajikan fitur yang memungkinkan kamu membuat speech bubble pada foto yang dilengkapi dengan teks.

Bukan hanya itu, ada juga filter foto, bingkai, dan stiker yang bisa ditambahkan. Namun sayangnya, aplikasi belum menyediakan fitur Comic Layouts untuk membuat beberapa komik dengan cerita yang sama dalam satu layout.

8). Comic Page Creator

Comic Page Creator
Kalau kamu lebih menyukai komik yang tokoh karakternya berbentuk kartun bukan meme, mungkin Comic Page Creator ini bisa menjadi pilihanmu. Aplikasi ini menyediakan fitur yang dapat mengatur jumlah kotak komik, menambahkan karakter, mengatur ukuran karakter, membuat teks, dan masih banyak lagi.

9). Comicsat – Funny Memes, Comics

Comicsat - Funny Memes, Comics
Jika Comicize dan Photo talks memungkinkan pengguna dapat membuat komik dari foto, aplikasi Comicsat hadir dengan fitur yang bisa membuat meme komik dari foto. Nantinya kamu dapat memasukkan foto dan mengeditnya terlebih dahlu seperti mengubah warna rambut.

Selanjutnya kamu bisa mulai menambahkan tulisan lucu dan juga stiker ataupun emoticon. Menariknya, Comicsat bukan hanya bisa membuat meme komik pada satu foto saja, tapi juga 2 foto sehingga membentuk cerita pendek yang menarik.

Lihat juga: 6 Pilihan Aplikasi Pembuat Meme Terbaik untuk Android

Ya, mungkin itu saja aplikasi pembuat komik terbaik untuk android yang salah satunya bisa kamu pilih dan gunakan gratis. Selamat berkarya!