Top 10 Aplikasi Android Pembersih File Sampah (Cleaner)

Salah satu faktor atau penyebab kinerja android menurun yaitu banyaknya aplikasi yang terinstal yang membebani ruang penyimpanan maupun daya tampung RAM. Selain itu, berkas atau file-file sampah yang berada pada setiap folder di android kita juga bisa mempengaruhi lambatnya kinerja android.

Salah satu aplikasi android yang banyak dimanfaatkan oleh pengguna dalam menjaga performa androidnya yaitu aplikasi pembersih file cache atau folder sampah. Dengan menggunakan aplikasi pembersih ini, kita bisa menjaga kinerja android agar tetap terus stabil dan tidak lemot.

Dengan adanya peranan dari aplikasi pembersih file sampah ini, pengguna nantinya tentu tidak perlu khawatir lagi terhadap file registry yang tidak digunakan lagi di android kita. Karena aplikasi ini nantinya akan membersihkan secara menyeluruh berkas atau file yang tidak terpakai yang dapat menyebabkan performa android menurun.

Nah, disini YaTekno akan memberikan rekomendasi aplikasi android pembersih file sampah terbaik agar smartphone-mu memiliki kinerja yang lebih cepat. Berikut daftar aplikasinya.

1. Clean Master

Clean Master
Ini dia aplikasi pembersih di android nomor satu dengan jumlah pengguna paling banyak, yakni lebih dari 50 juta pengguna. Aplikasi yang berperan sebagai pembersih file sampah di android ini sudah dipercaya oleh banyak pengguna dalam menjaga kinerja androidnya agar terus maksimal. 

Selain berperan sebagai pembersih cache, aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile ini juga memiliki fungsi dalam menghemat baterai dan menjaga android dari serangan virus.

Hanya dengan satu kali tap, pengguna secara langsung akan menghapus berkas-berkas, riwayat browoser, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk membackup aplikasi, yakni dengan mencadangkannya agar kamu tidak perlu menginstal aplikasi yang sama lagi. 

Bagi kamu yang khawatir akan beban atau penggunaan RAM yang berlebih, aplikasi ini juga menyediakan fitur boost RAM. Nantinya fitur tersebut akan mematikan paksa aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan atau background yang sedang tidak dipergunakan. Tentu hal ini akan membuat kinerja android tetap maksimal sekaligus dapat membuat daya tahan baterai jadi lebih lama.

2. DU Speed Booster

DU Speed Booster

DU Speed Booster merupakan sebuah aplikasi yang bertugas untuk menjaga kinerja androidmu agar tetap terus optimal. Aplikasi besutan DU APPS STUDIO ini memiliki dua fitur andalannya, yakni dapat membersihkan file cache serta memori dan menjaga keamanan androidmu dengan antivirus bawaan, yaitu Du Security.

Fitur Task Cleaner yang dapat mematikan penggunaan aplikasi dan dan RAM boost akan membuat kinerja androidmu tetap maksimal. Aplikasi ini sudah dipercaya oleh jutaan gamer dalam meningkatkan performa saat bermain game kesayangan mereka.

Fitur Booster Game mengonsentrasikan sumber daya terhadap game yang kamu pilih. Dengan begitu maka kinerja saat bermain gaming akan terasa mulus tanpa hambatan. Kamu pun bisa memindahkan aplikasi yang berada pada penyimpanan memori internal android ke SD Card untuk melegakan ruang penyimpanan android.

3. 360 Security – Junk Cleaner

360 Security - Junk Cleaner
360 Security memang sudah banyak dipercaya oleh pengguna android dalam mengamankan android mereka dari virus malware, trojan, dan lainnya. Aplikasi ini juga sempat masuk kedalam urutan aplikasi terbaik dalam menjaga keamanan di android.

Dengan adanya keamanan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, pengguna tentu tidak perlu khawatir lagi disaat sedang melakukan browsing atau mengunduh file. Karena aplikasi ini akan melakukan protection terhadap androidmu dari kemungkinan serangan virus yang tidak terduga. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur Junk Cleaner atau pembersih.

Nantinya fitur tersebut dapat digunakan oleh pengguna dalam membersihkan file cache atau sampah yang bersarang di ruang penyimpanan android. Nah, dengan begitu maka ruang penyimpanan androidmu akan tetap mempunyai kapasitas yang lega dan tidak terbebani dengan file sampah.

Fitur scanner dan protection rasanya akan membuat kinerja android tetap stabil. Tunggu apalagi, langsung saja gunakan aplikasi ini sekarang juga di androidmu!

4. GO Speed

GO Speed
Berdasarkan penelitian, GO Speed secara efektif mampu meningkatkan kinerja smartphone android hingga 60%. Kok bisa? Yap, pasalnya ia memiliki fitur-fitur yang membuat ponsel terasa ringan, seperti task killer, pembersih junk atau sesampahan, dan lain sebagainya.

Selain berfungsi sebagai cleaner, adanya fitur App Manager memungkinkanmu untuk dapat melakukan backup atau cadangan pada aplikasi yang kamu inginkan. Sehingga kamu tidak perlu mendownload aplikasi yang sama di lain waktu.

Hingga saat ini, aplikasi buatan GO Dev Team ini telah di gunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna android di berbagai penjuru dunia. Dengan jumlah pengguna yang fantastis, tentu kamu tidak perlu meragukan kehebatan dari aplikasi cleaner yang satu ini. Tertarik untuk mencobanya?

5. Power Clean

Power Clean
Dengan jumlah pengguna lebih dari 100 juta, Power Clean tentunya memiliki fitur yang bisa di andalkan untuk mempercepat kinerja android, baik itu membersihkan junk files ataupun fitur task killer-nya.

Selain berfungsi sebagai cleaner, kamu juga bisa mengetahui secara spesifik terkait komponen yang ada di androidmu, seperti Status CPU, memori (RAM), GPU, dan lain sebagainya. 

6. Avast Cleanup & Boost

Avast Cleanup & Boost
Seperti yang kita tahu, pengembang software antivirus yang satu ini tidak henti-hetinya membuat sebuah terobosan baru. Selain mampu membuat sebuah antivirus yang sangat baik, Avast Software kembali memuaskan hasrat para pengguna android dengan meluncurkan aplikasi bernama Avast Cleanup & Boost.

Sesuai dengan namanya, dimana aplikasi ini secara efektif mampu membersihkan file sampah atau cache secara bersih hingga ke akar-akarnya. Dalam hal pengoptimalan kinerja smartphone, ia juga di bekali fitur task killer yang ampuh dalam menonaktifkan aplikasi berjalan sehingga membuat kinerja android jadi lebih cepat.

Tidak seperti aplikasi cleaner pada umumnya, pihak Avast nampaknya menyematkan sebuah fitur yang cukup unik ke dalam aplikasi besutannya ini, yakni Advanced Photo optimizer. Fitur tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas foto di galeri kamu. Keren kan?

7. Speed Cleaner

Speed Cleaner
Satu-satunya aplikasi pembersih sampah yang memiliki ukuran yang ringan, apalagi kalau bukan Speed Cleaner. Seperti aplikasi cleaner umumnya, dimana aplikasi ini juga berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja android dengan membersihkan file cache, mematikan aplikasi berjalan, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan perintah clean, kinerja smartphone-mu secara efektif akan meningkat hingga 60% dari biasanya. Nah, buat kamu yang punya masalah mengenai kinerja android yang lemot atau baterai cepat surut, Speed Cleaner adalah solusi yang tepat untukmu.

8. Speed Clean

Speed Clean
Jenuh dengan kinerja android yang kian melambat dari hari ke hari? Nih, coba gunakan aplikasi cerdas bernama Speed Clean. Sesuai dengan namanya, dimana aplikasi ini mampu membersihkan cache, cookies, history, serta hal-hal yang membuat kinerja ponsel menjadi lambat dengan menekan tombol Boost.

Aplikasi ini tentu menjadi solusi untuk menghindari masalah overheating yang menyebabkan kerusakan internal pada perangkat kamu. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

9. CM Security

CM Security
Menjadi satu-satunya aplikasi cleaner yang memiliki fitur security atau pengamanan yang cukup baik untuk mendeteksi virus ataupun membuat ponsel menjadi lebih safety. Fitur pengamanan ini nantinya bisa kamu gunakan untuk melindungi aplikasi dengan fungsi proteksi agar orang lain tidak bisa menerobos masuk pada aplikasi tertentu.

Untuk fitur cleaner-nya sendiri, ia mampu mempercepat kinerja CPU dan RAM dengan melakukan pemindaian beberapa detik saja. Lebih dari 500 juta pengguna android telah menggunakan aplikasi cerdas ini, ingin mencobanya juga? 

10. CLEANit

CLEANit
CLEANit menawarkan segudang fitur canggih yang mampu membuat kinerja CPU menjadi lebih efisien. Dengan kata lain, ia mampu membersihkan file sampah serta membebaskan penggunaan RAM berlebih dari aplikasi-aplikasi berjalan yang dapat membuat kinerja android lemot.

Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi buatan SuperTools ini di antaranya yakni Junk Files Cleaned, Battery Saver, Memory Boost, dan App Manager. Keempat fitur tersebut tentunya menjadi solusi yang tepat buat kamu yang memiliki kinerja android yang lemot atau bahkan baterai yang boros.
Itulah kesepuluh daftar aplikasi pembersih file sampah atau cache terbaik untuk android yang bisa kamu pilih salah satunya. Tunggu apalagi, sudah saatnya kamu merasakan kinerja smartphone yang lebih cepat dan tidak lemot!

MAU KUMPUL DENGAN GAMERS DARI SELURUH INDONESIA?

Yuk, gabung dalam Grup Facebook khusus dari YaTekno.com

Join Grup Facebook

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif