Top 10 Aplikasi PDF Android Terbaik yang Paling Ringan

Seperti yang kita tahu, di Google Play Store kita bisa menemukan berbagai jenis aplikasi yang mempunyai fungsi atau kegunaan yang berbeda-beda. Nah, salah satu aplikasi yang bisa dibilang wajib untuk dimiliki saat ini yaitu aplikasi pembaca file .PDF untuk android.

Aplikasi sejenis ini tentu sangat penting bagi kalangan pelajar, mahasiswa, atau pekerja kantoran agar dapat membuat dan mengelola dokumen berbentuk .PDF. Terlebih, ada sebagian dari aplikasi pembaca file .PDF yang juga menyediakan fitur pembaca file office, seperti Word, PowerPoint, dan Excel.

Untuk membantumu menemukan daftar aplikasi PDF terbaik untuk android yang bagus dan ringan, disini YaTekno telah merangkum 10 pilihan terbaik berdasarkan rating maupun jumlah unduhan terbanyak di Google Play Store. Apa saja?

1). Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader
Siapa yang tak kenal Adobe Acrobat Reader? Sebelum rilis untuk perangkat smartphone, aplikasi garapan Adobe ini lebih dulu sukses untuk perangkat PC atau dekstop. Aplikasi ini sendiri berfungsi sebagai alat untuk mengedit dan mengelola file berbentuk .PDF dengan mudah.

Disamping mampu mengekspor file berbentuk .PDF kedalam bentuk Word, aplikasi dengan jumlah pengguna lebih dari 500 juta orang lebih ini juga mempunyai salah satu fitur unggulan, yaitu fitur Scan Documents.

Yap, melalui fitur tersebut kamu dapat memindai dokumen dalam seperti di papan tulis, tanda terima, atau catatan lainnya untuk dapat dijadikan file .PDF dengan mengambil foto atau melakukan scan pada dokumen yang diinginkan.

Namun untuk dapat menikmati fitur tersebut, kamu harus memiliki versi Android 4.4 (KitKat) atau lebih tinggi.

2). Google PDF Viewer

Google PDF Viewer
Aplikasi pembuka file .PDF terbaik di android berikutnya merupakan buatan Google, dia adalah Google PDF Viewer. Melalui aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah melihat, mengedit, dan mencetak dokumen PDF milikmu kapanpun dan dimanapun.

Selain memiliki tampilan antarmuka yang simpel, aplikasi PDF yang satu ini juga memiliki ukuran yang ringan serta tidak menguras konsumsi RAM yang berlebih. Hingga saat ini, Google PDF Viewer telah berhasil digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna android diberbagai penjuru dunia.

3). Xodo PDF Reader & Editor

Xodo PDF Reader & Editor
Meski tidak sepopuler aplikasi PDF android sebelum-sebelumnya, Xodo PDF Reader & Editor tentu tidak kalah bagusnya, baik dari segi fitur dan inteface-nya. Selain mampu mensinkronisasi file PDF dari Google Drive dan juga Drop Box, aplikasi dengan rating 4.7 ini memiliki salah satu fitur istimewa, yaitu Night Mode. 

Dengan mengaktifkan fitur tersebut, kamu tentu akan nyaman ketika membaca atau mengedit file PDF pada malam hari, khususnya saat berada di ruangan gelap.

Tidak hanya itu, aplikasi besutan Xodo Technologies ini juga mendukung penggunaan Multi-window bagi pengguna Samsung yang dimana pengguna dapat mengakses dua aktifitas secara bersamaan, misalnya saat membaca dokumen PDF sembaring surfing di internet.

4). Foxit PDF Reader & Editor

Foxit PDF Reader & Editor
Selain mampu mengekspor file PDF menjadi bentuk .doc atau dokumen Word dengan mudah, aplikasi PDF android terbaik bernama Foxit ini juga dilengkapi dengan fitur Scanning Documents yang memungkinkanmu untuk memindai dokumen untuk dijadikan bentuk file .PDF.

Oh ya, kamu nantinya juga dapat menyimpan atau mensinkronisasikan file PDF milikmu langsung di Google Drive, Dropbox, dan Foxit Drive agar lebih aman.

Untuk dapat menikmati sederet fitur canggih yang ada dalam aplikasi ini, kamu harus terlebih dahulu membuat akun Foxit dan berlangganan dengan Foxit MobilePDF. Setelah berlangganan, kamu cukup memasukkan akun Foxit dan fitur-fitur canggih siap untuk dinikmati.

5). WPS Office

WPS Office
Tidak seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya yang hanya memfokuskan untuk file jenis .PDF saja. WPS Office memungkinkanmu untuk dapat membuka dan mengelola file seperti, word, powerpoint, dan excel.

Selain itu, aplikasi dengan ukuran sekitar 35MB ini juga mampu mengkonversi seluruh dokumen yang kamu inginkan (word, excel, powerpoint) kedalam bentuk .PDF. Meski memiliki ukuran yang ringan, aplikasi ini diperkaya dengan segudang fitur yang cukup lengkap yang mempermudahmu untuk mengelola berbagai dokumen.

Namun yang terpenting ialah WPS Office mendukung enkripsi dokumen yang membuat setiap data yang kamu simpan menjadi lebih aman dan terjaga. Hingga saat ini, aplikasi buatan Kingsoft ini telah berhasil diunduh oleh lebih dari 500 juta pengguna android. Tertarik untuk mencobanya juga?

6). EBookDroid

EBookDroid
Kamu termasuk seseorang yang gembar membaca eBook di ponsel android? EBookDroid tentu menjadi sebuah file yang wajib untuk kamu miliki saat ini juga. Selain berperan sebagai pembaca file .PDF di android, aplikasi ini dinilai mampu membaca berbagai format dokumen.

Adapun format-format dokumen yang didukung oleh EbookDroid diantaranya yaitu; DjVu, PDF, XPS (OpenXPS), FictionBook (fb2 dan fb2.zip), format Komik Buku (cbr dan CBZ), dan masih banyak lagi.

7). Polaris Office

Polaris Office
Sama seperti WPS Office, aplikasi garapan Infraware ini juga kompatibel dengan semua dokumen penting, seperti MS Word, Excel, PowerPoint dan Adobe PDF. Hebatnya, Polaris Office pernah mendapat penghargaan “Aplikasi Terbaik 2015” yang diberikan oleh Google Play.

Khawatir akan space memori internal yang menyusut karena kebanyakan menyimpan data? Tenang, aplikasi ini menyediakan media penyimpanan online langsung dari aplikasi yang bernama Polaris Drive.

Polaris Drive sendiri merupakan layanan penyimpanan (cloud) default atau bawaan dari aplikasi ini. Akan tetapi Polaris Office juga menyediakan layanan penyimpanan alternatif lainnya, seperti Google Drive, Dropbox, Box, dan OneDrive.

8). PDF Viewer & Book Reader

PDF Viewer & Book Reader
Sesuai dengan namanya, PDF Viewer & Book Reader mampu membuka dan mengelola file PDF ataupun eBook dengan mudah dan cepat. Memiliki tampilan yang simpel serta ukuran yang ringan, sang developer tetap membekali aplikasinya ini dengan seder fitur canggih di dalamnya.

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini misalnya seperti; modus membaca malam atau Night Mode, penyesuaian layout (zoom, split, rotate, vertical), sinkronisasi file dari penyimpanan cloud seperti Google Drive dan sejenisnya, dan masih banyak lagi fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

9). PDF Reader

PDF Reader
PDF Reader menjadi salah satu aplikasi pembaca file .PDF terbaik untuk android yang dapat membantumu membuka, mengelola, dan membaca semua jenis dokumen .PDF hingga berbagai format eBook.

Untuk format eBook yang didukung oleh aplikasi besutan pickwick santa ini sendiri diantaranya; PDF, DjVu, XPS (OpenXPS), FictionBook (fb2 dan fb2.zip), format Komik Book (cbr dan CBZ, dan masih banyak lagi.

Meski memiliki segudang fitur yang cukup lengkap, aplikasi PDF android terbaik yang satu ini dinilai yang paling ringan, yakni ukurannya hanya 5.5MB saja.

10). OfficeSuite + PDF Editor

OfficeSuite + PDF Editor
Bagi para mahasiswa atau pekerja kantoran, aplikasi bernama OfficeSuite + PDF Editor ini tentu merupakan aplikasi wajib yang harus dipasang. Pasalnya, aplikasi ini merupakan aplikasi office mobile terlengkap yang kaya akan fiturnya.

Selain mampu melihat, mengedit, dan membuat dokumen Word, Excel, dan PowerPoint dengan mudah, aplikasi dengan jumlah pengguna lebih dari 500 juta ini juga cukup handal dalam mengoperasikan file berjenis .PDF.

Tidak hanya mampu mengelola file .PDF dengan baik, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur pemindaian kamera yang dapat mengeksopr dokumen kedalam bentuk file .PDF. Untuk membuat dokumen lebih aman, OfficeSuite + PDF Editor juga mendukung tanda tangan digital sebagai fitur pengamannya.

Terlebih, aplikasi ini juga menyediakan layanan penyimpanan cloud bernama OfficeSuite Drive yang memungkinkanmu untuk dapat menyimpan berbagai dokumen dalam jumlah banyak hingga 15GB.

Lihat juga:

Dengan adanya aplikasi pembaca file PDF di android kamu, sekarang kamu bisa membaca dan mengelola berbagai dokumen office dengan mudah dan cepat.

MAU KUMPUL DENGAN GAMERS DARI SELURUH INDONESIA?

Yuk, gabung dalam Grup Facebook khusus dari YaTekno.com

Join Grup Facebook

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif