Top 10 Aplikasi Menggambar Android Terbaik yang Kaya Fitur

Kamu yang hobi menggambar, pastinya sangat suka menghabiskan waktu untuk menuangkan kreativitas di atas kertas. Namun ada kalanya kita tidak membawa alat menggambar saat berada di tempat tertentu, kan?

Tapi untungnya kita hidup di zaman yang perkembangan teknologinya pesat. Ya, hampir semua hal, sekarang bisa dilakukan melalui aplikasi yang dipasang di smartphone.

Saat ini sudah sangat banyak bermunculan aplikasi untuk menggambar yang digarap developer. Namun tentunya tidak semuanya mempunyai kualitas yang sama bagusnya, sehingga kita perlu sedikit menelitinya demi bisa mendapatkan aplikasi dengan fitur dan performa terbaik.

Nah, kabar baiknya YaTekno kali ini akan memperkenalkan kepadamu 10 aplikasi menggambar terbaik untuk android yang bisa kamu pilih dan digunakan. Ada 9 yang gratis dan 1 berbayar. Apa saja? Check this out Guys!

1). SketchBook – draw and paint

SketchBook
SketchBook adalah aplikasi untuk menggambar dan melukis yang digawangi oleh developer besar bernama Autodesk. Dengan berbagai fitur yang disajikan SketchBook, aplikasi ini sangat cocok bagi kamu seorang profesional desainer grafis yang sangat hobi sekali menggambar.

Namun, bagi kamu yang awam pun bisa belajar mencobanya untuk membuat karya-karya sederhana sebelum akhirnya membuat karya yang menakjubkan.

Kamu bisa mencoba aplikasi ini secara gratis dengan fitur yang terbatas. Namun kalau kamu sudah yakin dengan kecanggihan aplikasi ini, kamu bisa segera melakukan upgrade ke versi pro untuk mendapatkan beragam fitur lengkap yang bisa menunjang kebutuhanmu dalam berkarya.

2). Sketch

Sketch
Sedang mencari aplikasi menggambar sketsa yang bisa diandalkan? Mungkin aplikasi Sketch besutan Sony Mobile ini bisa menjadi pilihan terbaikmu.

Bagaimana tidak, dengan aplikasi android ini kamu diberi keleluasan untuk menggambar sketsa dari awal menggunakan berbagai tools, seperti; pensil, kuas, spidol pada kanvas. Tidak hanya itu, kamu pun bisa menambahkan stiker, efek keren, teks, dan lainnya.

Memang fiturnya tak selengkap Sketchbook, namun dengan aplikasi ini kamu yang seorang pemulpun bisa menciptakan karya dengan lebih mudah menggunakan fitur-fitur yang tersedia.

3). Adobe Illustrator Draw

Adobe Illustrator Draw
Desainer grafis tentunya sudah sangat familiar dengan software Adobe Illustrator yang dikembangkan oleh Adobe. Seiring perkembangan teknologi, saat ini kamu tidak hanya bisa menggunakan software tersebut di PC namun juga melalui smartphone.

Jangan salah, aplikasi Adobe Illustrator Draw ini juga mempunyai fitur bisa mendukungmu dalam menciptakan karya yang luar biasa. Ya, walaupun tak bisa dipungkiri fiturnya tidak selengkap pada software untuk versi desktop-nya.

Namun setidaknya, keuntungan yang kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi android ini adalah saat kamu sedang berada di tempat yang tidak ada PC, kamu tetap bisa berkarya melalui sebuah smartphone yang biasa kamu bawa ke mana saja :).

4). Infinite Painter

Infinite Painter
Aplikasi android selanjutnya yang bisa kamu andalkan untuk menggambar dan melukis adalah Infinite Painter. Bisa dibilang, kualitas aplikasi ini bisa disejajarkan dengan Sketchbook dan beberapa aplikasi ternama lainnya.

Ya, hal tersebut tidak lepas berkat kehadiran beragam jenis brush dengan dukungan komposisi warna yang super lengkap, tampilan yang rapi, serta beragam fitur lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna dalam berkarya.

Infinite Painter menawarkan produk dalam aplikasi dengan harga yang bervariasi, bagi kamu yang rela mengeluarkan sejumlah uang demi mendapatkan fitur-fitur tambahan yang bisa memuaskan hobimu dalam menggambar dan melukis, jangan ragu untuk melakukan IAP :).

5). ArtRage: Draw, Paint, Create (Berbayar)

ArtRage
Mungkin di antara kamu ada yang pernah menggunakan software ArtRage di desktop. Kalau iya, kabar baiknya, Ambient Design selaku developer juga telah meluncurkannya di smartphone termasuk android.

Dengan aplikasi android ini kamu bisa menggambar atau melukis dengan hasil yang tampak seperti lukisan nyata. Fitur-fitur yang disajikannya pun tidak main-main, kamu akan menjumpai alat-alat lukis seperti cat, pensil, kapur, kanvas, Glitter Tube, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur Layers, Fill tool, Layer Blend, dan lain sebagainya. Namun, untuk bisa menikmati aplikasi mewah ini kamu harus membelinya dengan harga Rp 67.000.

ArtFlow
Aplikasi android untuk menggambar berikutnya yang tidak kalah populer dengan kelima aplikasi di atas adalah ArtFlow. Dengan berbagai fitur yang disuguhkan, kamu bisa menumpahkan kreativitas yang ada dikepalamu di atas kanvas aplikasi ini.

ArtFlow memiliki lebih dari 70 kuas beserta alat pendukungnya, fitur pemilihan warna yang tak terbatas, serta fitur-fitur lainnya yang bisa membantumu dalam berkarya.

Aplikasi android ini tidak hanya cocok digunakan untuk orang dewasa, namun juga anak-anak yang ingin meningkatkan kreativitasnya.

Paint Joy - Color & Draw
Suka menggambar doodle? Aplikasi Paint Joy ini merupakan salah satu aplikasi pembuat doodle terbaik yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini dirancang untuk segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa menggunakan aplikasi ini untuk menuangkan kreativitas yang mereka punya.
Fitur-fitur yang tersaji dalam aplikasi ini juga sangat banyak sehingga bisa membuatmu berkreativitas tanpa batas. Beberapa di antaranya yaitu; lebih dari 20 kuas, banyak pilihan warna yang bisa digunakan, brush picker, color picker, dan berbagai fitur umum lainnya.

8). Sand Draw Sketch: Drawing Pad

Sand Draw Sketch: Drawing Pad
Berbeda dengan aplikasi menggambar pada umumnya, Sand Draw Sketch memungkinkan penggunanya untuk menggambar di atas kanvas yang bertekstur pasir.

Aplikasi android ini menawarkan berbagai pilihan tekstur pasir yang bisa dipilih sesuka hati. Kamu bisa menggunakan pilihan tekstur tersebut secara gratis, namun sebagian juga ada yang berbayar.

Karena dapat menghasilkan karya yang unik, aplikasi android ini bisa juga kamu andalkan untuk membuat pesan berisikan tulisan romantis untuk dibagikan kepada orang yang kamu sayang.

9). ArtBoard Creative Drawing

ArtBoard Creative Drawing
Satu lagi aplikasi android untuk membuat ilustrasi kartun 3D yang tak boleh terlewatkan, dia adalah ArtBoard. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi di atas yang menawarkan pembelian produk dalam aplikasi, ArtBoard hingga artikel ini dibuat masih menyajikan semua fiturnya secara gratis.

Selain adanya berbagai tools untuk menggambar yang super lengkap, aplikasi ini juga dilengkapi fitur untuk membuat teks yang bisa dimanfaatkan bagi kamu yang ingin menambahkan tulisan.

Secara keseluruhan dengan rating 4.2 yang diraihnya, aplikasi ini mempunyai nilai yang baik di mata penggunanya.

10). How to Draw – Easy Lessons

How to Draw
Sesuai namanya, How to Draw adalah aplikasi yang akan memberikan tutorial atau langkah-langkah bagaimana cara menggambar suatu objek di atas kertas.

Tutorial yang disajikan aplikasi besutan Artfonica ini cukup beragam, seperti; karakter kartun, mobil, hewan, pesawat, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga sangat cocok digunakan oleh para orang tua yang ingin mengajari anaknya menggambar langkah demi langkah. Bagaimana, keren kan? 🙂

Lihat juga: Deretan Aplikasi Desain Grafis Terbaik untuk Android

Ok… Itulah dia 10 pilihan aplikasi menggambar untuk android yang terbaik dan bisa kamu dapatkan secara gratis. Silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat berkarya, ya!