Top 10 Aplikasi Kamera Cembung Terbaik di Android, Gratis!

Dalam dunia fotografer terdapat berbagai macam komponen atau jenis lensa yang biasa digunakan dalam menghasilkan sebuah foto agar lebih indah, seperti Tele, Zoom, Prime, Fisheye, dan lain-lain. Nah, yang paling unik dan cukup eksis bekalangan ini yaitu lensa kamera Fisheye.

Fisheye sendiri jika di artikan dalam bahasa Indonesia artinya ialah mata ikan. Penafsiran tersebut memang bisa dibilang tidak salah, karena lensa ini memang memberikan efek cembung atau bulat seperti mata ikan.

Di antara lensa fisheye dan wide-angle tentu tak memiliki perbedaan yang signifikan, dimana keduanya sama-sama memiliki efek distorsi yang cembung serta sudut pandang yang hemisphercial atau setengah bundar. Hanya saja jangkauan lensa kamera cembung lebih luas.

Di android sendiri, ternyata sudah banyak aplikasi fotografer yang dibekali oleh fitur lensa kamera fisheye. Yang mana aplikasi tersebut juga mampu menghasilkan efek kamera cembung sampai 180 derajat.

Penasaran kan apa saja daftar aplikasi kamera cembung (fisheye) terbaik untuk android saat ini? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Cameringo

Cameringo
Bagi penggemar gambar FAUX HDR, Cameringo merupakan salah satu aplikasi editor yang mampu membuat hasil fotomu menjadi lebih baik. Biasanya para fotografer memanfaatkan aplikasi ini untuk memperindah hasil karyanya, seperti memberikan efek terang maupun gelap.
Selain memiliki fitur-fitur editing unggulan, aplikasi buatan Perraco Labs ini juga menyediakan fitur atau efek kamera fisheye. Yang mana nantinya kamu juga bisa mengatur bentuk-bentuk dari fisheye tersebut, seperti bentuk goblin, monster, kucing, dan masih banyak lagi.
InstaFishEye
InstaFishEye merupakan sebuah aplikasi yang memang bisa di andalkan dalam hal membuat kamera fisheye yang menakjubkan. Dalam aplikasi besutan Wise Shark Software ini, nantinya pengguna dapat mengkreasikan fotonya dengan berbagai fitur keren, Seperti merubah foto menjadi 170 derajat wide-angle layaknya lensa fisheye.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan 30 efek kamera dan 5 lensa fisheye yang unik dan keren untuk membuat hasil fotomu terlihat lebih menarik. Kamu juga langsung bisa membagikan hasil fotomu ke beberapa sosial media populer, salah satunya seperti Instagram.

3. Fisheye Lens Pro

Fisheye Pro
Buat kamu pecinta fotografer yang ingin membuat sebuah hasil karya yang indah dari sebuah foto, maka kamu bisa mengandalkan aplikasi bernama Fisheye Pro. Bagaimana tidak, pasalnya aplikasi ini memiliki keahlian dalam menghasilkan kamera fisheye yang sangat baik. Dimana nantinya pengguna bisa memilih 8 jenis lensa fisheye yang unik dan keren.
Selain unggul dalam pembuatan foto fisheye, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur menarik, yakni pembuatan Photo booth. Yang mana pengguna dapat menggabungkan beberapa foto dalam satu bagian.
Sayangnya, aplikasi kamera cembung ini tidak maksimal jika kamu memotret dengan menggunakan flash. Maka dari itu sebaiknya hindari penggunaan flash saat ingin mengambil sebuah foto jika ingin mendapatkan hasil yang bagus.

4. Fisheye Live

Fisheye Live
Buat kamu yang tidak memiliki budget dalam membeli lensa fisheye, tak ada salahnya jika kamu mencoba sebuah aplikasi kamera cembung bernama Fisheye Live di android. Pasalnya hasil lensa wide-angle dari efek yang dihasilkan juga tak kalah bagusnya dengan lensa fisheye sungguhan lho.
Dalam aplikasi ini, nantinya kamu bisa menggunakan beberapa efek keren, salah satunya yakni artistic effect. Tak hanya unggul dalam hal membuat efek fisheye, aplikasi Wombatica Labs ini juga memiliki beban penggunaan RAM yang cukup ringan. Dimana aplikasi ini dapat berjalan mulus pada android low-end. 

5. Fisheye Lens

Fisheye Lens
Mungkin belum banyak yang mengetahui aplikasi bernama Fisheye Lens ini, padahal aplikasi buatan GRYMALA ini mampu menghasilkan sebuah foto yang menakjubkan dari penggunaan efek kamera fisheye. 
Terdapat 4 jenis lensa fisheye yang bisa kamu pilih dan kamu terapkan filternya sesukamu, seperti memilih gaya mono style atau classic filter. Aplikasi ini memang memiliki bisa kamu andalkan dalam hal membuat efek fisheye dengan lensa wide-angle secara real-time. 


6. HDR Max

HDR Max
HDR Max menawarkan berbagai program editor untuk membuat foto menjadi lebih baik dan menarik untuk di lihat. Salah satu fitur unggulan yang di tawarkan oleh aplikasi garapan Wombatica Labs ini adalah fitur HDR-nya. Fitur tersebut mampu meningkatkan kualitas kamera dengan sentuhan efek canggih.
Selain itu, ia juga menawarkan efek kamera cembung atau lensa fesheye yang memungkinkan pengguna untuk dapat merubah bentuk fotonya menjadi cembung layaknya mata ikan. 

7. Cymera

Cymera
Pada dasarnya Cymera merupakan sebuah aplikasi edit foto selfie yang memiliki segudang efek filter untuk membuat foto selfie menjadi lebih cantik. Pasalnya disini pengguna bisa menggunakan lebih dari 130 efek filter yang memiliki polesan warna serta gaya yang berbeda-beda.
Untuk efek lensa kameranya sendiri, ia menyugukan 7 macam lensa yang cukup menarik, seperti Divided lenses, FishEye, Lomo, dan berbagai lensa unik lainnya. 
Hingga detik ini, aplikasi ini telah di gunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna android di berbagai penjuru dunia. Dengan demikian, aplikasi editor ini tentu memiliki kualitas editing yang bisa di andalkan. Tertarik untuk mencobanya?

8. FishEyeVideo

FishEyeVideo
Aplikasi yang satu ini juga menawarkan efek kamera cembung yang cukup baik. Disini kamu bisa menggunakan 8 pilihan efek lensa fisheye yang bisa di pilih dan di sesuaikan sesukamu. Tidak seperti aplikasi kamera cembung umumnya, aplikasi ini memiliki fungsi untuk me-record objek bergerak (video).
Kamu nantinya pun bisa menyesuaikan resolusi gambar yang telah kamu edit, mulai dari 640×480 hingga 3264×2448. Hasil karya buatanmu bisa langsung di bagikan ke beberapa sosial media populer, seperti Facebook, Twitter, dan Flickr.

9. HD Panorama

HD Panorama
Untuk membuat foto menjadi lebih baik dan berkualitas, aplikasi editing tentunya mempunyai peran penting untuk dapat melakukan hal itu. Nah, HD Panorama hadir untuk memuaskan hasrat pecinta fotografi untuk menciptakan sebuah efek panorama yang indah.
Salah satu fitur unggulan yang di tawarkan oleh aplikasi buatan Almalence ini tentu saja fitur panorama augment-reality-nya. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menggunakan efek fisheye untuk menciptakan gambar cembung yang unik dan menarik.

10. InstaPhoto HD for Instagram

InstaPhoto HD for Instagram
Apakah kamu termasuk seorang yang gemar bermain Instagram? Nah, pastinya kamu sering banget tuh yang namanya upload foto pemandangan atau selfie kamu ke jejaring sosial tersebut. 
Terus apa hubungannya dengan aplikasi ini? Yap, pasalnya InstaPhoto ini nantinya akan membuat fotomu menjadi lebih indah dengan efek kamera yang unik dan kekinian, seperti efek kamera retro, old, Tilt shift, hingga fisheye sekalipun.
Untuk efek filternya sendiri, kamu akan di manjakan dengan 12 efek warna keren yang membuat fotomu terlihat lebih gaul dan kekinian, mulai dari vintage, shepia, paper, black & white, dan berbagai efek foto keren lainnya.
Nah, itu dia 10 pilihan aplikasi kamera cembung terbaik di android yang wajib kamu coba. Dengan adanya aplikasi di atas, kini kamu bisa menciptakan sebuah foto yang lebih unik dan menarik yang pastinya bakal di sukai banyak orang. Cobain sekarang juga!