Top 6 Aplikasi untuk Mengganti Background Foto di Android

Dulu, sebelum smartphone belum berkembang pesat seperti sekarang ini aktivitas menghapus dan mengganti background foto hanya bisa dilakukan di PC menggunakan software desain grafis seperti halnya Photoshop.

Untungnya sekarang sudah berbeda. Berkat perkembangan smartphone yang diikuti dengan semakin kreatifnya para developer dalam menciptakan aplikasi, kini aktivitas editing foto termasuk mengganti latar belakang benar-benar bisa dilakukan melalui smartphone yang biasa kita bawa kemana-mana.

Jangan salah, fitur-fitur atau tools yang disajikannya pun tidak kalah dengan tools pada software Photoshop. Bahkan, kita bisa lebih mudah dalam mengoperasikanya.

Ingin tahu apa saja aplikasi android untuk mengganti background foto? Nah, YaTekno punya 6 pilihan terbaik yang bisa dipilih untuk diandalkan. Check this out!

1). StickIt! – Photo Sticker Maker

StickIt
Aplikasi untuk mengganti background foto yang pertama versi YaTekno diduduki oleh StickIt. Aplikasi android buatan MotionOne ini memiliki seabrek fitur yang mudah digunakan.

Kamu bisa mengganti background dengan berbagai pilihan warna dan pattern, membuat background hitam putih namun objek utama tetap berwarna, ataupun mengganti background menggunakan foto yang ada di smartphone-mu.

Cara menggunakan aplikasi android ini sangat mudah, apalagi sang developer juga menyediakan menu Tutorial Video yang berada kiri atas halaman depan aplikasi.

Pertama kamu tap ikon Album untuk memasukkan foto, lalu pilih Smart Cut. Mulailah membuat garisan pada objek utama menggunakan alat FG, lalu membuat garisan lagi mengelilingi objek utama menggunakan alat BG. Jangan lupa gunakan Pan/Zoom untuk hasil lebih baik.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur untuk menambahkan teks, menggambar, efek foto, shadow, outline, dan masih banyak lagi.

2). Background Eraser

Background Eraser
Berbeda dengan StickIt, aplikasi Background Eraser hanya menyajikan fitur khusus untuk menghapus background atau latar belakang menjadi transparan saja. Terdapat 2 pilihan fitur penghapus latar belakang yang bisa kamu andalkan, yakni; Auto dan Manual.

Fitur Auto cocok digunakan kalau foto yang ingin dihapus backgroundnya memiliki sedikit warna. Sedangkan Manual, digunakan untuk menghapus background dengan warna yang banyak dan hasil yang lebih rapih. Oh ya, Aplikasi android ini bisa merubah format gambar menjadi .png.

3). PhotoLayers〜Superimpose,Eraser

PhotoLayers
Developer dibalik PhotoLayers adalah handyCloset yang juga sang pembuat aplikasi Background Eraser. Bedanya, dengan aplikasi ini kamu tidak hanya bisa menghapus background saja, namun juga menggantinya dengan background foto lain yang ada di smartphone kamu.

Aplikasi ini juga dilengkapi beragam fitur yang menghasilkan efek sehingga objek utama tampak menyatu dengan background. Fitur layers-nya pun mampu menggabungkan beberapa objek foto menjadi satu dalam background yang sama. Keren, kan?

4). Ultimate Background Eraser

Ultimate Background Eraser
Ultimate Background Eraser adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengganti background foto dan juga menghapus background.

Proses penghapus background menggunakan aplikasi ini terasa mudah karena ada tool bernama Auto Removal yang akan membantumu. Selain ada tool otomatis yang memudahkanmu, ada juga tool manual bernama Lasso tool yang bisa digunakan kalau kamu ingin hasil lebih maksimal.

Kalau kamu hanya ingin menghapus background foto, kamu bisa menyimpannya ke format PNG sehingga background nantinya akan terlihat transparan.

5). AThumb Cut (Image Mix)

AThumb Cut
AThumb Cut mempunyai fitur yang mirip Magnetic Lasso tool pada Photoshop. Dengan tool tersebut, memotong objek gambar untuk mengganti background terasa mudah, apalagi bagi kamu yang sudah akrab dengan Photoshop pastinya akan bisa lebih cepat beradaptasi.

Aplikasi ini dilengkapi beberapa efek foto seperti; membuat mata lebih besar, tubuh ramping, efek blur, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, AThumb Cut juga menyajikan berbagai gambar seperti background, gambar hewan, aksesoris, dan sebagainya yang bisa diterapkan.

Secara keseluruhan, dengan berbagai fitur lengkapnya, aplikasi ini tidak hanya bisa diandalkan untuk mengganti latar belakang foto, namun juga bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa objek foto dalam satu background.

6). TouchRetouch (Berbayar)

TouchRetouch

Walaupun TouchRetouch berada diurutan terakhir, bukan berarti aplikasi ini tidak bagus kualitasnya. Berbeda dengan 5 aplikasi di atas sebelumnya, aplikasi buatan ADVA Soft ini hanya khusus menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk menghilangkan bagian-bagian pada foto yang tidak penting.

Beberapa di antaranya yaitu seperti; jerawat atau noda pada kulit, kabel yang menggangu pemandangan, dan benda-benda lainnya yang terasa mengganggu pemandangan pada foto, kamu bisa hilangkan menggunakan aplikas ini.

Untuk bisa menikmati semua fitur yang ada di dalam aplikasi TouchRetouch secara bebas, kamu perlu membelinya seharga Rp 26.000.

Lihat juga:

Itulah dia 6 aplikasi android terbaik untuk menghapus dan mengganti background foto yang YaTekno rekomendasikan. Silakan pilih aplikasi dengan fitur yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat berkarya!

MAU KUMPUL DENGAN GAMERS DARI SELURUH INDONESIA?

Yuk, gabung dalam Grup Facebook khusus dari YaTekno.com

Join Grup Facebook

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Nur wahid