10+ Aplikasi Edit Video Instagram Terbaik di Android yang Kekinian

Bagi pengguna sosial media addict, membagikan sebuah tautan ke public sudah wajib hukumnya harus mempunyai kualitas yang bagus. Salah satu hal yang kini cukup populer dilakukan oleh pengguna sosial media yaitu membagikan sebuah video yang unik dan menarik.

Di Instagram sendiri, hampir setiap penggunanya membagikan postingan berupa video agar dapat dilihat oleh pengguna lain. Tentunya kita berharap bukan agar video yang dibagikan tersebut mendapat pujian dari teman di Instagram.


Maka dari itu, sebelum melakukan share video ada baiknya kamu mengedit video tersebut agar tampilannya menjadi lebih cantik dan menarik untuk dilihat, misalnya seperti menambahkan efek filter, teks, soundtrack, dan masih banyak lagi.

Berikut daftar aplikasi edit video Instagram terbaik untuk android biar kamu makin kekinian. let’s check it out!

1. VivaVideo: Free Video Editor

VivaVideo: Free Video Editor
VivaVideo merupakan sebuah aplikasi edit video terbaik di android yang cukup populer digunakan saat ini. Buktinya saja, aplikasi buatan QuVideo Inc. telah berhasil di unduh oleh lebih dari 500 juta pengguna android diseluruh dunia.
Dalam aplikasi ini, nantinya kamu bisa menyempurnakan video kesayanganmu agar terlihat lebih indah dilihat. Bagaimana caranya? Yap, kamu tentu bisa mengandalkan beberapa fitur andalan yang tersedia dalam aplikasi ini, seperti memberikan efek filter tertentu, menambahkan teks, hingga menempelkan berbagai emoticon lucu.
Selain itu, kamu pun bisa menyulap beberapa foto milikmu untuk di ubah menjadi sebuah video. Agar video tersebut lebih berwarna, kamu bisa memberikan backsound dengan lagu-lagu pilihanmu, menarik bukan.

2. InShot: Video Editor & Music

Sama halnya dengan VivaVideo, aplikasi bernama InShot ini juga tak kalah eksisnya dikalangan pengguna android. Di Instagram sendiri, aplikasi edit video ini cukup di andalkan untuk membuat video menjadi lebih keren.
Tersedia berbagai pilihan efek filter yang cukup bagus untuk memperindah tampilan videomu. Dalam aplikasi ini, nantinya kamu dapat menambahkan musik, teks & emotikon, hingga membuat efek blur agar video terlihat lebih indah.

3. Flipagram

Sesuai dengan namanya, aplikasi bernama Flipagram ini bisa kamu andalkan dalam membuat sebuah video menjadi lebih indah dengan waktu singkat. Tak hanya itu, nantinya kamu pun bisa menggabungkan beberapa foto dalam sebuah klip video dengan menambahkan musik sesuai pilihanmu.
Untuk memperindah tampilan videomu, kamu bisa mencoba 15 filter keren agar video terlihat lebih cantik. Selain itu, sang developer juga menyediakan fitur Top Artists on Flipagram yang memungkinkan pengguna untuk bisa memilih lagu yang lagi nge-hits di aplikasi ini.
Jangan lupa gunakan hastag yang sesuai dengan isi videomu agar pengguna lain dapat melihatnya melalui fitur search. Oh ya, kamu juga bisa langsung nge-share hasil video buatanmu ke beberapa sosial media populer, seperti Instagram, Facebook, Tumblr, dan lain-lain.

4. Magisto: Video Editor & Maker

Magisto: Video Editor & Maker
Tak kalah populernya dengan beberapa aplikasi di atas, Magisto nampaknya cukup banyak digunakan oleh pengguna sosial media yang hobi mengedit video, terutama di Instagram sendiri. Hebatnya, aplikasi ini juga pernah menjadi sorotan media berita ternama, seperti CNN, TechCrunch, Mashable, Wired, dan masih banyak lagi.
Untuk membuat sebuah video menarik, kamu cukup melakukan 3 langkah mudah, yaitu memilih video atau foto, menentukan tema, serta menambahkan lagu kedalam video tersebut. Beragam variasi tema video dapat kamu temukan disini, mulai tema video natal, tahun baru, ulang tahun, hingga Pernikahan. 

Hanya dengan melakukan beberapa langkah saja, kamu sudah bisa membuat sebuah video berkualitas bagus dengan mudah dalam waktu yang singkat. It’s Not Magic, It’s Magisto!

5. PowerDirector Video Editor

PowerDirector Video Editor
Aplikasi bernama PowerDirector ini tak kalah dengan aplikasi edit video yang biasa kamu gunakan di PC. Yap, CyberLink memang mengemas aplikasi ini dengan sangat sempurna. Dalam aplikasi ini, nantinya kamu dapat melakukan editing video sesukamu, mulai dari split video, menambahkan soundtrack, hingga memperindah tampilan video dengan berbagai pilihan efek filter yang mengagumkan.
Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang cukup baik, seperti dukungan frame dengan kualitas 120/140 fps, kualitas video 4K UltraHD & AVCHD 3D, serta dukungan render 6-64 bit yang sangat halus.

6. MiniMovie: SlideShow Video Edit

MiniMovie: SlideShow Video Edit
Aplikasi ZenUI ini memang memiliki nama yang cukup unik, meskipun begitu kamu tak perlu meragukan kualitasnya. Bagaimana tidak, aplikasi bernama MiniMovie ini pasalnya mampu membuat sebuah video menjadi lebih mengagumkan hanya dalam beberapa langkah saja.
Bagaimana caranya? Cukup mudah, kamu hanya perlu menentukan foto, merapkan tema, menambahkan musik, hingga memberikan teks kedalam video tersebut. Aplikasi editing video ini juga sangat cocok untuk kamu gunakan dalam membuat video ulang tahun.

7. FxGuru: Movie FX Director

FxGuru: Movie FX Director
Pada dasarnya, FxGuru memang bukan merupakan aplikasi edit video yang memiliki kemampuan dalam menggabungkan foto hingga membentuknya menjadi sebuah video. Akan tetapi, aplikasi buatan menyediakan berbagai animasi berupa efek-efek keren, seperti animasi ufo terbang, rumah runtuh, angin tornado, hingga efek rocket launcher.

Karena hebatnya efek maupun animasi yang dibuat oleh sang developer, setiap orang yang melihatnya mungkin sulit untuk membedakannya karena efek tersebut memang sangat real. Kamu nggak percaya? Cobain aja deh sendiri.

8. KineMaster

KineMaster
KineMaster merupakan satu-satunya aplikasi edit video yang mempunyai fitur paling lengkap di banding aplikasi sejenisnya. Aplikasi buatan NextStreaming ini memang di rancang untuk pengguna amatir hingga profesional.
Disini pengguna bisa melakukan banyak hal, mulai dari memotong bagian video, menambahkan efek khusus, menambahkan audio, dan melakukan penyuntingan video lainnya untuk membuat video menjadi lebih indah.
Pengguna setidaknya harus memiliki tipe processor Qualcomm Snapdragon 800 atau lebih tinggi. Dengan begitu maka proses editing akan berjalan dengan mulus tanpa hambatan.

9. FilmoraGo

FilmoraGo
FlimoraGo membantumu untuk dapat membuat videp keren dengan goresan efek-efek canggih serta fungsi premium lainnya yang tersaji disini. Salah satu fitur menarik disini adalah pengguna bisa membuat video menjadi slow-motion atau bahkan sangat cepat sekalipun.

Fitur menarik lainnya yakni pengguna bisa menerapkan berbagai tema indah, filter, musik, dan efek keren lainnya untuk membuat video menjadi sangat menarik ketika di tonton. Hasil video yang telah usai di edit bisa langsung di bagikan ke beberapa sosial media populer, seperti Instagram, Facebook, Vimeo, WhatsApp, ataupun YouTube.

10. Quik

Quik
Tidak bisa di pungkiri, Quik termasuk salah satu editor yang memiliki interface paling simpel namun di dukung dengan segudang fitur yang canggih. Aplikasi besutan GoPro ini bisa membuat sentuhan ajaib untuk setiap video yang di edit oleh pengguna.
Untuk filter videonya sendiri, ia memiliki 25 efek video keren yang memiliki grafis dan transisi yang unik dan berbeda-beda. Pengguna juga bisa menyematkan teks ataupun soundtrack ke dalam video untuk menghasilkan karya yang memukau.
Untuk hasil video yang lebih baik, pengguna bisa menggunakan kualitas video atau resolusi 720P hingga 1080P. Sehingga grafis video yang di hasilkan nanti memiliki gambar yang sangat jernih. Keren kan?

11. Adobe Premiere Clip

Adobe Premiere Clip
Buat kamu yang masih pemula dalam mengedit video, mungkin Adobe Premier Clip adalah aplikasi yang tepat untuk dapat kamu gunakan. Pasalnya ia memiliki fitur Automatic yang mana pengguna hanya perlu memasukkan video atau foto dan aplikasi ini akan melakukan editing secara otomatis.
Hasilnya pun tidak bisa di anggap remeh, video yang telah di edit tentunya menjadi lebih keren dengan balutan grafis atau efek filter di dalamnya. Tak puas dengan fitur automatis tersebut? Kamu pun bisa melakukannya secara manual melalui fitur freeform.


Lihat juga: 15 Aplikasi Edit Video untuk Android yang Lagi Hits

Dari kesebelas aplikasi edit video untuk Instagram terbaik di atas, kamu lebih suka sama yang mana? Oh ya, kalau kamu punya rekomendasi aplikasi sejenis lainnya yang juga kekinian, jangan sungkan untuk share melalui kolom komentar yah.