Nih, 10+ Aplikasi Download Manager Android Terbaik, Gratis!

Kamu termasuk seseorang yang gemar mendownload file berukuran besar melalui perangkat android? Jika iya, sudah saatnya kamu memiliki sebuah aplikasi download manager.


Tidak seperti fitur downloader bawaan android, melalui aplikasi tersebut nantinya kamu bisa mendapatkan banyak manfaat, mulai dari proses download yang lebih cepat, bisa menjeda atau melanjutkan file download yang terputus, dan masih banyak lagi.

Cara kerja aplikasinya pun cukup simpel, dimana ia akan mengoptimalkan file yang di download dengan kecepatan berkali-kali lipat dari biasanya. Dengan demikian, kamu tidak perlu menunggu berlama-lama untuk bisa mengakses file yang telah kamu download.

Dan berikut daftar aplikasi download manager terbaik untuk android yang membuat proses download menjadi lebih cepat.

1. µTorrent

µTorrent
uTorrent merupakan sebuah aplikasi yang membantumu untuk bisa mendownload file berukuran besar di internet. Aplikasi ini hanya dapat bekerja ketika kamu sedang berada di jaringan WiFi saja.
Buat kamu yang hobi mendownload film ataupun file berukuran besar lainnya, tentu aplikasi ini menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya ia mampu mendownload file berukuran besar dengan kecepatan optimal. Tidak hanya itu, file yang kamu download nantinya pun tidak akan di batasi.
Dengan kata lain, kamu bisa mendownload file berukuran puluhan GB sekalipun. Kelebihan lainnya yang bisa kamu nikmati nanti dimana kamu bisa terintegrasi langsung dengan file torrent yang di sediakan oleh BitTorrent. 

2. Advanced Download Manager

Advanced Download Manager
Selain memiliki kelebihan untuk mendownload file berukuran besar dengan cepat, Advanced Download Manager juga menawarkan kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh aplikasi download manager umumnya.
Bagaimana tidak, pasalnya pengguna bisa mengunduh hingga tiga file secara bersamaan dengan speed download yang maksimal. Hebatnya lagi, pengguna juga bisa memberhentikan proses unduhan yang berlangsung untuk di lanjutkan di lain waktu. Keren banget kan?
Buat kamu yang penasaran sama fitur multi-threading yang bikin unduhan menjadi lebih cepat, bisa langsung membuktikannya dengan mengunduh file berukuran besar. Lebih dari 50 juta pengguna android telah membuktikannya, yakin kamu nggak tertarik?


3. Download Manager for Android

Download Manager for Android
Download Manager for Android merupakan salah satu aplikasi download manager terbaik dan tercepat yang mampu mendownload file besar lebih dari 2GB. Aplikasi canggih buatan Renkmobil Bilisim ini mendukung beragam format file, mulai dari APK, RAR, ZIP, MP3, DOC, dan masih banyak lagi.
Sama seperti aplikasi sejenis pada umumnya, melalui aplikasi ini kamu pun bisa menjeda file atau bahkan melanjutkan unduhan yang terputus sekalipun. Tak hanya berukuran ringan, mungkin aplikasi ini satu-satunya yang memiliki user interface yang jauh lebih baik ketimbang aplikasi sejenisnya.
Menariknya, disini kamu bisa mengirim hasil unduhan file ke komputer. Dengan syarat kamu masih berada dalam jaringan WiFi. Memang pada dasarnya proses pengiriman atau trasnfers byte yang di sediakan oleh aplikasi ini hanya bisa di akses ketika berada di jaringan WiFi saja.

4. Turbo Download Manager

Turbo Download Manager
Kamu termasuk orang yang hobi mendownload file besar melalui perangkat android? Akan lebih maksimal jika kamu menggunakan Turbo Download Manager. Yap, pasalnya aplikasi ini mampu meningkatkan kecepatan download hingga 5 kali lipat loh.
Cara kerjanya pun cukup mudah, dimana kamu hanya perlu menyalin link download yang kamu dapatkan kemudian di taruh atau paste ke fitur yang telah di sediakan oleh aplikasi ini.
Seperti yang telah di tekankan oleh sang developer, dimana TDM tidak bisa mendukung pengunduhan yang berasal dari YouTube karena persyaratan layanan Google.

5. Download All Files

Download All Files
Sebagai salah satu aplikasi download manager dengan jumlah pengguna lebih dari 50 juta, tentunya ia telah di percaya dan di andalkan dalam mendownload beragam jenis file dengan kecepatan yang tiada duanya.
Melalui aplikasi buatan MDJ Software ini, kamu bisa mendownload semua jenis file melalui internet. Tak terkecuali link yang berasal dari YouTube dengan asalan hak cipta dan di larang oleh Google.
Sama seperti aplikasi sejenisnya, disini kamu pun bisa menjeda atau bahkan melanjutkan file download yang terputus sebelumnya. 

6. IDM Download Manager

IDM Download Manager
IDM Download Manager secara efisien mampu mendownload dan mengelola beragam jenis file yang kamu unduh melalui internet. Jika kamu termasuk orang yang hobi mendownload, mungkin aplikasi yang satu ini wajib untuk kamu install.
Beberapa fitur canggih yang tersedia disini seperti; proses download file lebih optimal, dapat mengelola file download dengan mudah, terintegrasi dengan Google Search, mampu melanjutkan download yang terputus, di dukung dengan UI (User Interface) yang baik, dan masih banyak lainnya.
Dengan memiliki segudang fitur canggih, aplikasi ini tentunya menjadi paket komplit buat kamu yang suka mendownload musik, dokumen, film, dan lain sebagainya agar lebih mudah dan cepat.

7. Loader Droid Download Manager

Loader Droid Download Manager
Kurang puas dengan fitur download manager yang tersedia dalam perangkat android bawaanmu? Jika iya, kini kamu bisa mengandalkan Loader Droid. Pasalnya aplikasi ini mampu mengelola dan mendownload beragam jenis file dengan koneksi internet yang lebih di optimalkan, baik itu 3G, 4G, ataupun melalui jaringan WiFi.
Selain itu, aplikasi besutan Dmitry Voronkevich ini juga memiliki tampilan yang user friendly yang mana pengguna akan merasa nyaman dengan konsep gelap dalam aplikasi ini.

8. Download Accelerator Plus

Download Accelerator Plus
Meskipun berukuran ringan, aplikasi bernama Download Accelator Plus ini terbukti ampuh mampu meningkatkan proses download melalui fungsi multi-threaded. Tidak hanya itu, ia juga mempunyai fitur auto-resume yang memungkinkan pengguna untuk bisa melanjutkan proses download yang terhenti ataupun terputus.
Beberapa jenis file yang dapat di download seperti, RAR, MP3, APK, DOC, AVI, dan beragam jenis file populer lainnya. 
Cara kerja aplikasi ini sebenarnya cukup simpel, dimana ia nantinya akan membagi file menjadi beberapa bagian dan menggunakan fungsi multi-thread agar proses download semakin cepat dan stabil,

9. Super Download Lite

Super Download Lite
Tak hanya berfungsi untuk mengelola file download dengan sangat baik, Super Download Lite juga dibekali dengan segudang fitur canggih yang biasa tersemat pada aplikasi sejenis pada umumya.
Untuk proses download yang lebih cepat, kamu bisa menggunakan dua buah jaringan secara bersamaan, yakni melalui data seluler dan WiFi. Untuk menikmati fitur tersebut, sayangnya perangkat android yang di gunakan sudah harus dalam keadaan root.

10. Fast Download Manager

Fast Download Manager
Fast Download Manager memungkinkanmu untuk dapat merasakan proses download yang lebih mudah dan cepat. Dimana ia juga mampu mendownload 10 file secara bersamaan dengan speed yang optimal.
Aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi link yang kamu buka dari browser. Jika link tersebut berasal dari hosting yang baik, mungkin proses download akan jauh lebih cepat sehingga tidak perlu menunggu lebih lama.

11. PowerDownloads

PowerDownloads
Meskipun tidak sepopuler aplikasi download manager sebelum-sebelumnya, PowerDownloads mempunyai segudang fitur canggih yang tidak bisa di anggap remeh. 
Selain berfungsi sebagai downloader, ia juga memiliki dukungan untuk mengirim file yang di download ke TV yang di bekali fitur Chromecast. 
Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mendownload beragam jenis file dan mampu mendownload hingga 8 file secara bersamaan. Menariknya, pengguna di beri pilihan untuk menempatkan posisi iklan saat menggunakan aplikasi buatan zer0lab ini. Keren banget kan?
Nah, itu dia kesebelas aplikasi download manager terbaik untuk android yang memungkinkanmu untuk bisa mendownload file berukuran besar dengan lebih cepat. Tunggu apalagi? Ayo buktikan kecanggihan dari aplikasi di atas sekarang juga!