Top 13 Aplikasi Chat Android Terbaik yang Banyak Digunakan

Dewasa ini, chatting menjadi sebuah aktifitas yang menjadi kebiasaan bagi seseorang untuk dapat mengirim pesan melalui media tulis secara online dan real-time. Munculnya aplikasi chat di android dinilai sangat bermanfaat karena dapat menggantikan SMS sehingga dapat terhindar dari biaya pulsa.

Aplikasi chat di android sendiri merupakan aplikasi wajib yang harus dipasang pada saat kita memiliki handphone baru. Namun belakangan ini sudah banyak aplikasi-aplikasi chat terbaru di android yang menawarkan segudang fitur yang lengkap sehingga membuat kita pusing untuk memasang yang mana.

Nah, buat kamu yang ingin tahu apa saja daftar aplikasi chat terbaik di android yang paling banyak digunakan, berikut telah YaTekno kumpulkan 13 pilihannya yang paling populer. Check it out!

1). WhatsApp Messenger

WhatsApp Messenger
WhatsApp Messenger menjadi salah satu aplikasi chat terbaik di android yang memiliki jumlah pengguna paling banyak, yaitu lebih dari 5 Milyar pengguna. Tidak seperti aplikasi pesan instan kebanyakan, WA memiliki tampilan yang sederhana serta fitur yang cukup lengkap.

Melalui aplikasi ini, kamu dapat mengirim dan menerima pesan, panggilan telepon, serta berbagi foto ataupun video melalui fitur update status yang telah disediakan.

Namun yang paling penting yaitu WhatsApp tidak memiliki iklan sehingga tidak mengganggu kenyamanan kita ketika menggunakannya. Itulah salah satu alasan mengapa banyak orang lebih tertarik menggunakan WA ketimbang aplikasi chatting lainnya.

2). BBM

BBM
BlackBerry Messenger atau yang disingkat BBM dahulu mungkin hanya tersedia untuk para pengguna perangkat BlackBerry saja. Namun semenjak tanggal 23 Oktober 2013, layanan BBM secara resmi bisa digunakan lintas platform dengan rilisnya aplikasi BBM untuk iOS dan Android.

Fungsi dari aplikasi ini mungkin tidak jauh berbeda dengan WA. Hanya saja BBM memiliki tampilan yang berbeda serta dibekali dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, salah satunya kumpulan stiker keren yang bisa kita gunakan secara gratis ataupun berbayar.

Selain dapat mengirim pesan, panggilan telepon, serta video call, BBM juga dilengkapi dengan fitur Private Chat dan juga Group Chat yang memungkinkan kita untuk chatting dengan orang-orang terpilih saja.

Hingga detik ini, BBM telah digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna android di berbagai penjuru dunia dengan rating 4.3.

3). LINE

LINE
Dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama bernama NHN Corporation, LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 yang hanya diperuntukkan pada perangkat iOS dan Android. Hingga detik ini, LINE telah berhasil diunduh oleh lebih dari 1 Milyar pengguna android di berbagai penjuru dunia.

Sama seperti kedua aplikasi chatting sebelumnya, aplikasi garapan LINE Corporation ini juga difungsikan untuk dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain.

Yang membuat aplikasi ini lebih menarik dibanding aplikasi chat android lainnya yaitu fitur stiker yang menarik dan lucu-lucu guna menuangkan suasana hati saat melakukan chatting dengan teman.

4). Skype

Skype
Skype adalah salah satu aplikasi video call yang paling terkenal sejak jaman internet masuk ke Indonesia. Sejak rilis untuk perangkat android, Skype telah berhasil diunduh oleh lebih dari 5 Milyar pengguna dari berbagai penjuru dunia.

Selain memiliki fitur panggilan video yang sangat handal, aplikasi ini juga menyediakan fitur olahpesan seperti mengirimkan foto, video, pesan suara, emotikon, dan masih banyak lagi.

5). Snapchat

Snapchat
Berbeda dari aplikasi chat android sebelum-sebelumnya, di Snapchat kamu akan merasakan sensasi chatting yang lebih seru dan menyenangkan karena dilengkapi dengan kumpulan stiker yang unik dan lucu.

Aplikasi pesan mobile yang unik ini memungkinkan pengguna untuk saling berkirim foto dan video yang kemudian secara otomatis akan terhapus dalam beberapa detik. Belum pernah coba aplikasi ini? Pasang di androidmu sekarang juga dan rasakan kegilaannya!

6). Facebook Messenger

Facebook Messenger
Facebook Messenger dirancang agar para Facebooker bisa saling berkirim pesan dengan mudah dan cepat tanpa harus membuka aplikasi Facebook. Menariknya, aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengirim pesan via SMS.

Fitur tambahan yang terdapat pada aplikasi ini adalah lokasi. Yap, disini pengguna bisa saling berbagi lokasi dengan teman ngobrolnya dengan mudah dengan mengaktifkan arah panah disebelah kanan pesan.

Kehadiran aplikasi Facebook Messenger sebagai aplikasi terpisah dari Facebook mungkin bisa dibilang sedikit merepotkan karena harus menginstall dua aplikasi terpisah. Namun itu tidak menjadi masalah karena aplikasi chatting besutan Facebook ini sendiri memiliki fitur yang cukup sempurna.

7). Viber Messenger

Viber Messenger
Meski keberadaannya tidak begitu populer di Indonesia, Viber Messenger merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang mempunyai fitur paling lengkap. Fitur yang dimiliki oleh WhatsApp atau BlackBerry pasti sudah ada di Viber.

Viber sendiri merupakan sebuah aplikasi pesan instan dan panggilan Voip untuk perangkat berbasis Android, iOS, BlackBerry, Mac, Windows, dan Windows Phone. Tak hanya sekedar dapat saling berkirim pesan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengiriman foto, video, dan stiker.

Menariknya, Viber Media selaku pengembang aplikasi ini memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk dapat mengirim pesan teks sepanjang 7.000 karakter. Hingga saat ini, Viber Messenger telah digunakan oleh lebih dari 5 Milyar orang diberbagai penjuru dunia.

8). imo Messenger

imo Messenger
Buat kamu yang hobi melakukan video call dengan teman, kekasih, atau keluarga, mungkin sudah saatnya untuk mencoba aplikasi bernama imo ini. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi berpengguna lebih dari 500 juta orang ini ialah kualitas grafis HD pada saat melakukan video call.

Disisi lain, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk mengirim pesan dan panggilan secara gratis lewat jaringan 3G, 4G, atau WiFi. Ngobrol bersama teman juga semakin menyenangkan dengan adanya kumpulan stiker yang keren dan lucu.

9). WeChat

WeChat
WeChat merupakan sebuah aplikasi layanan komunikasi pesan suara dan teks telepon seluler yang dikembangkan oleh perusahaan Tencent yang bermarkas di Tiongkok. Telah diunduh oleh lebih dari 500 juta pengguna android, aplikasi ini mungkin tak kalah populernya dengan aplikasi BBM.

Adapun fitur menarik yang ditawarkan oleh WeChat ialah pengguna dapat melakukan panggilan video group hingga 9 orang serta dapat membuat obrolan group yang berisikan lebih dari 500 orang. 

Tidak hanya itu, WeChat juga memiliki sebuah fitur yang bernama “Friend Radar” yang memungkinkanmu untuk dapat bertemu dengan orang lain atau pengguna WeChat lainnya hanya dengan mengguncangkan ponsel.

10). KakaoTalk

KakaoTalk
Tak kalah populernya dengan aplikasi chat android sebelum-sebelumnya, KakaoTalk juga memiliki jumlah pengguna yang cukup fantastis, yakni lebih dari 500 juta pengguna. Dalam aplikasi ini, kamu bisa menuangkan suasana hati melalui kumpulan stiker yang unik dan lucu.

Mengapa demikian, pasalnya aplikasi ini menyediakan emotikon lucu yang dapat bergerak sehingga dapat melambangkan emosi si pengirim pesan (suasana hati). 

Sama seperti aplikasi chatting lainnya, KakaoTalk juga menyediakan fitur Free Call, Group Call, File Sharing, dan masih banyak lagi.

11). Telegram

Telegram
Simpel, cepat, dan aman, itulah gambaran yang tertuang pada aplikasi Telegram. Dibekali dengan fitur Cloud-Based Message, pesan yang kamu buat pada Telegram dapat diakses oleh semua gadget yang terhubung dalam satu akun.

Disisi lain, pengguna juga dapat berbagi pesan tipe seperti foto, video, audio, ataupun tipe lainnya dengan batas ukuran hingga 1.5 GB. Pengguna juga dapat mengirim pesan tersebut ke pengguna lainnya secara individual atau Group dengan kapasitas anggota hingga 5.000 orang.

Mengapa Telegram lebih aman dibanding aplikasi chat android lainnya? Pesan pada aplikasi ini menggunakan enkripsi jenis end-to-end. Selain itu, Telegram juga memiliki fitur “Secret Chat” yang dapat menghapus sebuah pesan secara otomatis sehingga tidak membebani memori.

12). Path Talk

Path Talk
Aplikasi chat android terbaik berikutnya merupakan bagian dari aplikasi Path. Pengguna Path harus menginstall aplikasi Path Talk sebagai aplikasi tambahan guna melakukan chatting. Karena pada dasarnya Path tidak lagi menyediakan fitur chatting di dalam aplikasinya sehingga pengguna harus memasang dua aplikasi, yaitu Path dan Path Talk.

Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Path Talk yaitu “Ambient Status”. Yap, fitur tersebut dibuat secara otomatis dengan aktifitas penggunanya. Jadi, ketika kita sedang dalam kondisi baterai yang sekarat maka status kita akan dengan sendirinya terpasang low on baterai.

13). SimSimi

SimSimi
Jika pada aplikasi chatting sebelum-sebelumnya kamu berbicara dengan orang sungguhan, maka berbeda dengan aplikasi SimSimi yang memungkinkanmu untuk berinteraksi dengan bot.

SimSimi sendiri merupakan sebuah aplikasi kecerdasan buatan yang mampu menjawab setiap pertanyaan penggunanya dengan bahasa yang cukup detail. Semua percakapan yang diajukan akan terlihat masuk akan seperti seolah-olah berbicara dengan orang sungguhan.

Terkadang respon Simi juga diluar dugaan sehingga tidak jarang akan membuatmu merasa terkejut. Oh ya, kamu harus terkoneksi dengan internet ya agar bisa ngobrol dengan karakter Simi yang lucu dan menggemaskan itu.


Lihat juga:

Nah, itulah daftar aplikasi chat terbaik dan terpopuler yang paling banyak digunakan pengguna android saat ini. Deretan aplikasi di atas bisa kamu pasang melalui Google Play Store, gratis.

MAU KUMPUL DENGAN GAMERS DARI SELURUH INDONESIA?

Yuk, gabung dalam Grup Facebook khusus dari YaTekno.com

Join Grup Facebook

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif