10 Aplikasi CCTV Android Terbaik & Paling Canggih Saat Ini

Seperti yang kita tahu, kamera pengintai atau yang sering di sebut sebagai CCTV memiliki kegunaan yang sangat berarti bagi sang pemiliknya. Tentu saja fungsi dan tujuannya agar sang pemilik merasa aman dan bisa memantau langsung keadaan di sekitarnya ketika ia sedang bepergian.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin berkembang, kita tak hanya bisa melakukan pengawasan terhadap kamera pengintai tersebut melalui komputer saja. Namun kini smartphone android pun bisa di manfaatkan sebagai alat untuk memonitoring, dengan syarat harus terkoneksi dengan jaringan WiFi.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, kamu membutuhkan sebuah perangkat IP Webcam yang mana nantinya ia bisa di kendalikan secara penuh melalui perangkat lain, seperti PC, laptop, ataupun smartphone android. Tentunya hal tersebut membutuhkan bantuan dari program atau aplikasi sebagai alat monitoring.

Untuk membantumu dalam melakukan hal tersebut, kamu bisa menggunakan 10 aplikasi CCTV terbaik di android dan paling canggih yang telah YaTekno kumpulkan. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

1. IP Webcam

IP Webcam
IP Webcam merupakan salah satu aplikasi CCTV terbaik yang berfungsi untuk merekam segala aktifitas di sekitarnya. Aplikasi canggih buatan Pavel Khlebovich ini mampu merekam gerak-gerik orang hingga suara sekalipun.
Untuk menggunakannya, kamu membutuhkan 2 buah perangkat, yakni android dan PC atau tablet. Sedangkan untuk memonitoringnya kamu bisa menggunakan berbagai cara, baik itu melalui VLC Media Player ataupun Browser. 
Selain berfungsi sebagai alat pengintai, ia juga memiliki beberapa fitur canggih yang bisa kamu manfaatkan, di antaranya yakni fitur recording (perekaman), pendeteksian suara, pengaturan resolusi, dan lain sebagainya.


2. WiFi Baby Monitor

WiFi Baby Monitor
Melalui aplikasi WiFi Baby Monitor, kamu bisa memantau ruangan atau spot tertentu menggunakan perangkat CCTV buatanmu sendiri. Penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu meletakkan perangkat smartphone yang tidak terpakai ke spot yang ingin kamu lihat dan awasi.
Untuk bisa terkoneksi, kedua perangkat harus terhubung dengan koneksi internet (WiFi) yang sama. Dengan catatan WiFi tersebut bukanlah hasil dari hotspot ponsel android yang di gunakan sebagai monitoring, melainkan melalui jaringan WiFi di sekitarmu.
Selama pemantauan berlangsung, kamu bisa melakukan zoom-in atau zoom-out, pengaturan cahaya, hingga merekam segala jenis kegiatan yang berlangsung melalui aplikasi perekam layar di android.

3. WardenCam

WardenCam
Kamu punya smartphone yang tersimpan rapih namun masih berfungsi normal? Sangat di sayangkan, lebih baik kamu gunakan sebagai kamera pengaman di rumahmu. Aplikasi bernama WardenCam ini akan membantumu dalam memonitoring segala aktifitas dari kamera CCTV buatan yang telah kamu pasang.
Salah satu kelebihan aplikasi ini yakni adanya dukungan atau fitur Night Vision. Dimana kita bisa memantau dalam keadaan yang minim penerangan. Tertarik untuk mencobanya?

4. tinyCam Monitor

tinyCam Monitor
Aplikasi CCTV yang satu ini mampu mengontrol situasi dari jarak jauh dengan kualitas gambar yang cukup baik. Cara kerjanya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menghubungkan aplikasi tinyCam Monitor ini dengan perangkat kamera CCTV melalui IP.
Beberapa merek kamera yang support di antaranya adalah Amcrest, Foscam, D-Link, Edimax, Panasonic, Pixord, dan masih banyak lagi. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan control PTZ (Pan/Tilt /Zoom) pada perangkat kamera yang terpasang secara real-time.

5. IP Cam Viewer Basic

IP Cam Viewer Basic
Buat kamu yang memiliki kamera CCTV di rumah, sekarang kamu bisa memantaunya secara langsung melalui smartphone android. Aplikasi Robert Chou mendukung perangkat kamera yang telah mendukung jaringan protokol RTSP, ONVIF, MMSH, dan masih banyak lagi.
Tak hanya berfungsi sebagai alat monitoring, kamu pun bisa melakukan beberapa fungsi pada fitur yang tersemat pada aplikasi ini, di antaranya yakni fungsi auto-focus, recording, dan masih banyak lainnya.

6. Live Camera Viewer

Live Camera Viewer
Live Camera Viewer bukanlah aplikasi monitoring yang berfungsi seperti aplikasi CCTV sebelum-sebelumnya. Pasalnya aplikasi canggih ini memungkinkanmu untuk dapat melihat CCTV secara real-time dari berbagai sudut kota di banyak negara, termasuk Indonesia.
Untuk menelusuri daerah mana yang ingin di lihat, kamu hanya perlu memilih country serta mengetikkan kata kunci pada kota-kota tertentu. Dengan catatan, kota yang kamu cari harus sudah di bekali dengan kamera pemantau yang mengaktifkan fitur online streaming kepada publik.

7. DroidCam Wireless Webcam

DroidCam Wireless Webcam
Melalui DroidCam, kamu bisa menjadikan perangkat androidmu sebagai CCTV dengan fungsi webcam IP. Dimana nantinya kamu bisa memantau segala aktifitas yang terekam oleh perangkat tersebut melalui browser.

Menariknya, aplikasi canggih yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 5 juta ini mendukung resolusi tinggi (HD), yakni hingga 720p. Dengan demikian, ketajaman gambar yang tersaji akan sangat jelas.

8. Video Surveillance Ivideon

Video Surveillance Ivideon
Aplikasi yang satu ini membantumu untuk dapat memantau langsung segala aktifitas yang terlihat oleh kamera pengaman yang kamu pasang. Kamera pengaman tersebut bukanlah perangkat android, melainkan sebuah kamera yang memiliki fitur canggih, seperti DVR dan NRVs.
Ketajaman gambar maupun suara yang di hasilkan pun memiliki kualitas yang cukup baik. Tidak hanya itu, ia juga support dengan berbagai merek kamera wireless populer, seperti iLuv, Oco, Philips, Axis, Dahua, Hikvision, dan masih banyak lagi.

9. iVMS-4500

iVMS-4500
iVNMS-4500 merupakan sebuah program canggih yang di rancang khusus untuk memantau segala aktifitas pada kamera DVR atau NVR dari jarak jauh. Tak hanya berfungsi sebagai pemantau, ia pun di bekali dengan banyak fitur, seperti playback, recording, auto-focus, dan masih banyak lagi.
Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengatur tingkat resolusi gambar mulai dari 480×800 hingga 1920×1080. Hal tersebut tentunya bisa di sesuaikan dengan koneksi yang di miliki. Sayangnya, aplikasi buatan HIKVISION ini hanya bisa di gunakan oleh perangkat android dengan OS 4.0 atau lebih tinggi.

10. Foscam Viewer

Foscam Viewer
Tidak bisa di ragukan lagi, Foscam Viewer memiliki beragam fitur canggih dan bisa di andalkan sebagai alat monitoring. Melalui aplikasi ini, kamu bisa memantau berbagai kegiatan di rumah ataupun spot tertentu agar selalu aman dan terjaga.
Untuk dapat menjadikannya sebagai alat pemantau, kamu harus memiliki sebuah kamera CCTV atau IP Webcam yang mendukung jaringan protokol. Nah, nantinya kamu bisa memonitoring secara real-time setelah menghubungkan perangkat android dengan kamera pengaman tersebut, baik itu menggunakan jaringan 3G ataupun WiFi.
Nah, itu dia deretan aplikasi CCTV terbaik untuk android dengan segudang fitur yang canggih untuk memantau langsung kamera pengaman yang terpasang di rumahmu. Semoga aplikasi di atas dapat membuatmu menjadi lebih aman dari berbagai hal yang tidak diinginkan.