2 Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara di HP Android

advertisement
advertisement
Whatsapp menjadi salah satu aplikasi chatting atau pesan instan terpopuler yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone, termasuk di android sendiri. Yap, kegunaan Whatsapp sendiri cukup berarti bagi kehidupan sehari-hari, baik melalui media pesan maupun panggilan telepon.

Agar dapat menerima pesan, kita tentu harus selalu terhubung dengan koneksi internet, baik itu melalui jaringan WiFi maupun data seluler. Jika koneksi internet di handphone-mu aktif, otomatis aplikasi Whatsapp juga langsung menerima pesan-pesan yang masuk saat itu juga.

Yang menjadi banyak pertanyaan para pengguna Whatsapp adalah bagaimana cara menonaktifkan aplikasi WA tanpa harus mematikan data seluler? Berikut 2 cara menonaktifkan WA sementara di HP android, baik itu Samsung, Xiaomi, Oppo, dan merek handphone lainnya.

1). Menonaktifkan WA Melalui Peranan Aplikasi Greenify

Aplikasi yang YaTekno rekomendasikan untuk mematikan aplikasi Whatsapp bernama Greenify. Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana, dimana ia akan memasukkan aplikasi-aplikasi yang terpilih ke dalam mode hibernasi atau menjadi tidak aktif untuk sementara.

Yap, aplikasi yang terpilih untuk dihibernasikan akan menjadi nonaktif secara sementara sampai kamu membuka aplikasi tersebut, barulah ia aktif kembali. 

Contohnya, ketika kamu memilih aplikasi Whatsapp untuk dihibernasikan, maka dampaknya pesan yang dikirim ke WA kamu akan ceklis saja (pending). Bagaimana cara menggunakan aplikasi Greenify? Yuk simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, download terlebih dahulu aplikasi Greenify di Google Play Store, gratis.
  2. Setelah aplikasi berhasil terinstall, buka aplikasinya kemudian tap Berikutnya > pilih "My device is NOT rooted" (jika HP kamu tidak di root) > tap Berikutnya > Jika ponsel-mu menggunakan sensor sidik jari maka centang "Yes, I use it daily." 
  3. Kemudian Swipe layar ke bawah tap tulisan "Not Now (Manual Hibernation Only)", Ok > tap Berikutnya > Skip, Ok > Finish.

Greenify
4. Kemudian kamu akan diseret ke tampilan awal Greenify, tap tombol "+" kemudian pilih aplikasi Whatsapp > Tap tombol Zzzz.
Catatan: Agar aplikasi Greenify dapat bekerja, kamu harus terlebih dahulu mengaktifkan aksesbilitas dan juga akses data penggunaan aplikasi di handphone androidmu.
  • Pertama, masuk ke Pengaturan > cari dan pilih Aksesibilitas > pada bagian layanan pilih Greenify - Hibernasi Otomatis > Kemudian aktifkan tombolnya.
  • Kedua, masuk ke Pengaturan > Pengaman > cari dan pilih Akses data penggunaan aplikasi > ceklis aplikasi Greenify.

2). Menonaktifkan WA Melalui Pengaturan HP Android

Terlalu rumit menggunakan aplikasi Greenify? Tenang, kamu masih bisa melakukannya dengan cara yang lebih mudah, yakni melalui pengaturan smartphone android kamu. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

Menonaktifkan WA Melalui Pengaturan HP Android

  1. Masuk ke Pengaturan > gulirkan layar ke bawah, kemudian pilih Manajer aplikasi / Application Manager.
  2. Selanjutnya geser layar ke kanan hingga berada pada menu Berjalan / Running.
  3. Sentuh aplikasi Whatsapp > pilih Stop.

Baca juga:

Nah, itulah 2 cara mudah dalam menonaktifkan aplikasi Whatsapp di smartphone android kamu. Setelah melakukan hal tersebut, semua pesan yang dikirim oleh temanmu akan berstatus "pending" (ceklis).

Kedua metode di atas tidak hanya berlaku untuk aplikasi WA saja, kamu juga bisa menerapkannya pada aplikasi BBM, LINE, dan aplikasi-aplikasi sejenisnya.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

  1. gimana cara mengaktifkan kembali aplikasi wa setelah di nonaktifkan pake pengaturan manajer aplikasi di android?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka aplikasi Whatsapp dan otomatis akan aktif kembali.

      Delete