Cara Agar Foto/Video WA Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri

advertisement
advertisement
Siapa yang tidak kenal aplikasi bernama Whatsapp? Sebuah aplikasi pesan instan yang berfungsi untuk bertukar pesan hingga menelepon tanpa biaya pulsa ini sangat banyak digandrungi oleh pengguna smartphone di berbagai penjuru dunia.

Selain kaya akan fiturnya, aplikasi WA ini juga tidak memakan banyak memori RAM sehingga tidak membuat ponsel android menjadi lemot. Tidak hanya itu, aplikasi dengan jumlah pengguna lebih dari 5 milyar ini juga tidak memiliki iklan. Hal inilah yang membuat banyak pengguna smartphone lebih memilih WA dibanding BBM.

Whatsapp
Disamping memiliki segudang kelebihan, ternyata aplikasi Whatsapp juga memiliki salah satu kekurangan tesendiri. Seperti yang kita tahu, semua foto, video, atau file apapun yang kita lihat pada aplikasi berlogo gagang telepon ini memiliki fitur auto-save yang menyebabkan file yang kita lihat tersimpan otomatis ke galeri.

Imbasnya, space memori internal yang kamu miliki tentu akan memenuh sedikit demi sedikit. Bukan cuma itu, fitur auto-save tersebut juga membuat kuota internet yang kita miliki cepat habis karena terlalu sering mengunduh foto ataupun video pada aplikasi Whatsapp.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar foto ataupun video yang kita lihat di aplikasi WA tidak tersimpan secara otomatis ke galeri HP? Berikut telah YaTekno berikan tutorialnya.

  1. Buka aplikasi Whatsapp kamu kemudian tap tombol ⋮ (titik tiga) yang ada di pojok kanan atas.
  2. Selanjutnya pilih Setelan > Penggunaan Data.
  3. Di menu penggunaan data, terlihat tulisan "Saat menggunakan data seluler" dan juga "Saat tersambung ke Wi-Fi".
  4. Tap kedua tulisan tersebut, kemudian hilangkan ceklis pada file foto, audio, video, dan dokumen. Jika sudah, klik Ok.

Lihat juga: Cara Simpan Foto & Video Status WhatsApp di Android

Dengan begitu, gambar, video, atau file apapun yang kamu lihat pada aplikasi Whatsaap tidak akan terunduh secara otomatis. Kecuali jika kamu mengunduhnya secara manual dengan men-tap satu persatu.

Cukup mudah kan? Ingat, cara mengatasi foto ataupun video WA yang auto-save atau tersimpan secara otomatis itu bisa kamu terapkan pada semua tipe smartphone android, mulai dari Samsung, Xiaomi, iPhone, Oppo, dan lain-lain.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

  1. Pada saat kita download manual dia tetap otomatis ke save di galeri

    ReplyDelete