Nih, 2 Cara Cek HP Android Support USB OTG atau Tidak

advertisement
advertisement
Belakangan ini, tren smartphone yang memiliki fitur USB OTG menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Sebenarnya fitur ini bukanlah fitur baru, akan tetapi banyak dari pengguna smartphone android yang belum mengetahui keberadaan serta fungsi dari fitur ini.

Sebelumnya, tahukah kamu apakah USB OTG itu? USB OTG (On The Go) merupakan salah satu spesifikasi dari USB 2.0 yang mampu menyulap perangkat android sebagai host untuk terkoneksi ke perangkat lain, seperti terhubung dengan USB Flashdrive, Keyboard, Mouse, dan masih banyak lagi.

Agar sebuah perangkat android bisa menikmati fitur tersebut, tentu dibutuhkan sebuah kabel data USB OTG yang bisa kamu beli di toko penjual aksesoris komputer. Biasanya kabel jenis ini dijual dikisaran harga Rp 50 ribuan.

USB OTG HP Android
Terlebih lagi, smartphone yang ingin mencicipi fitur canggih tersebut juga harus support atau mendukung dengan fitur USB OTG itu. Untuk mengetahui apakah HP android support dengan USB OTG atau tidak, berikut 2 cara mudah untuk mengeceknya.

1). Menggunakan Aplikasi USB OTG Checker

Untuk mengetahui apakah ponsel android kamu support USB OTG atau tidaknya, kamu bisa mengeceknya melalui sebuah aplikasi bernama USB OTG Checker. Cukup dengan beberapa sentuhan saja, aplikasi besutan HSoftDD ini akan mengidentifikasi perangkat android kamu memiliki fitur USB OTG atau tidak.
  • Pertama, download dan install aplikasi USB OTG Checker melalui Google Play.
  • Setelah berhasil terpasang, buka aplikasinya kemudian pilih menu "Check Device OS on USB OTG".
Aplikasi USB OTG Checker
  • Kemudian akan muncul tampilan berikutnya, tap tombol "Check" untuk memulai melakukan pengecekan pada perangkat android kamu.
  • Setelah beberapa detik, akan terlihat hasilnya apakah HP android kamu support USB OTG atau tidak.
Aplikasi USB OTG Checker

Catatan:
  • Perangkat android yang support dengan USB OTG akan terindikasi dengan menampilkan tulisan "Your Device Support OTG" dengan latar background berwarna hijau.
  • Sebaliknya, jika perangkat android kamu tidak mendukung fitur tersebut, maka akan muncul tulisan "Your Device Not Support USB OTG" dengan latar background berwarna merah.

2). Melihat Melalui Website GSMArena

GSMArena merupakan sebuah website penyedia spesifikasi handphone yang cukup lengkap, mulai dari seri jadul hingga keluaran terbaru saat ini. Selain memberikan spesifikasi dari nama-nama vendor terkenal, ia juga tak segan-segan memberikan daftar spesifikasi handphone dari vendor yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Tak hanya membagikan seputar spesifikasi HP saja, website yang didirikan pada tahun 2000 ini juga memberikan review mengenai handphone keluaran terbaru yang lagi hits saat ini. 

Karena fungsi utamanya ialah sebagai wadah untuk melihat spesifikasi dari sebuah HP, maka sangatlah tepat jika kamu mengetahui perangkat android support dengan USB OTG atau tidaknya yakni dengan melihat melalui GSMArena. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, kunjungi website GSMArena.com melalui smartphone atau PC/laptop.
  • Setelah berhasil terbuka, ketikkan nama ponsel androidmu secara lengkap melalui kolom pencarian yang terdapat di bagian atas halaman.
GSMArena
  • Sebagai contoh, disini saya meng-input Samsung Galaxy J7 Pro untuk melihat spesifikasi lengkapnya.
Samsung Galaxy J7 Pro Spesifikasi GSMArena
  • Swipe layar ke bawah, dalam menu spesifikasi Comms atau lebih tepatnya di bagian USB, lihatlah apakah spesifikasi dari perangkat android yang kamu cari terdapat tulisan USB On-The-Go atau tidak.
  • Jika tampak seperti gambar di atas, berarti perangkat android yang kamu telusuri itu support dengan fitur USB OTG (On The Go).

Gampang banget kan? Pastinya, sekarang kamu bisa dengan mudah mengetahui HP android mana saja yang support dengan USB OTG tanpa harus repot mencari-carinya di internet. 

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment