Cara Aktifkan Multi-Window Pada Android 7.0 (Nougat)

advertisement
advertisement
Belum lama ini, Google menghadirkan versi terbaru dari sistem operasi Android yang diberi nama Android 7.0 (Nougat). Berbagai peningkatan serta penambahan fitur terbaru hadir dalam versi OS Android terbaru ini. 

Sistem operasi terbaru ini dikalim memiliki kinerja yang lebih baik dibanding sebelum-sebelumnya. Terlebih lagi, pengguna juga akan dimanjakan dengan tampilan yang lebih fresh serta fitur-fitur baru yang tidak ada dalam sistem operasi sebelumnya.

Untuk saat ini, mungkin masih belum banyak smartphone android yang belum bisa mencicipi fitur serta tampilan pada sistem operasi ini. Menariknya, hanya smartphone berspesifikasi high-end saja yang menggunakan Android Nougat ini.

Multi-Window pada Android 7.0 (Nougat)
Meski memiliki segudang fitur baru, para pengguna yang memiliki OS Android 7.0 (Nougat) ini masih banyak yang belum paham memfungsikan fitur-fitur yang ada dalam smartphone-nya itu, termasuk cara mengaktifkan multi-window atau membuat 2 slide tampilan di layar android.

Kemampuan untuk menampilkan dua tampilan secara bersamaan atau yang biasa disebut sebagai multi-window ini merupakan salah satu fitur baru yang hanya bisa dinikmati oleh versi Android terbaru saat ini saja. 

Maksud dan tujuan dari multi-window memungkinkan penggunanya untuk bisa menampilkan 2 aplikasi yang berbeda pada 2 layar, dimana layar tersebut nantinya akan terbagi dalam bentuk horizontal atau vertikal.

Fitur ini tentu akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin menjalankan 2 aktifitas secara bersamaan, seperti mencari kata kunci dan menonton tayangan di YouTube secara bersamaan.

Bagaimana cara mengaktifkannya? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

Inilah Cara Aktifkan Multi-Window Pada Android 7.0 (Nougat)

  • Pertama, buka 2 aplikasi yang ingin kamu gunakan (terserah aplikasi apa saja).
  • Jika keduanya sudah dibuka, lanjutkan dengan menekan tombol recent app dan tekan salah satu aplikasinya lalu drag dan drop ke atas layar Android kamu.
  • Saat kamu melakukan drag and drop tersebut, harusnya aplikasi itu akan terbuka setengah bagian layar. Jika hasilnya malah terbuka secara full screen, maka aplikasi itu tidak bisa difungsikan sebagai multi-window.
  • Jika aplikasinya sudah terbuka setengah bagian, kamu hanya perlu memilih diantara daftar aplikasi Recent yang ada, dan nantinya aplikasi tersebut akan muncul pada setengah bagian bawah layar ponsel.

Multi-window Android 7.0 (Nougat)
  • Kamu pun bisa mengatur tampilan layar tersebut dalam bentuk horizontal ataupun vertikal. Hingga menyesuaikan ukuran layar dari masing-masing aplikasi yang kamu jadikan multi-window tersebut.
  • Selesai.

Perlu kamu ketahui, tips untuk menjadikan ponseol menampilkan multi-window ini hanya berfungsi pada sistem operasi Android terbaru, yaitu 7.0 (Nougat). Mungkin saja dapat berfungsi pada versi android sebelum-sebelumnya, hanya saja mungkin membutuhkan akses root terlebih dahulu.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment