Cara Agar Main PB Tidak Lag di PC/Laptop Spek Rendah

advertisement
advertisement
Siapa yang tidak mengenal Point Blank? Game online berjenis FPS (First-Person Shooter) nomor 1 di Indonesia ini memiliki jumlah pemain yang cukup fantastis dibanding game online lainnya. Selain gameplay-nya yang seru, PB juga bisa dimainkan untuk semua umur, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang tua.

Berbicara mengenai game garapan Garena ini, mungkin banyak orang yang ingin mencoba memainkan PB di PC/laptop mereka. Tidak ada salahnya memang, jika kita fikir-fikir lebih baik main di rumah ketimbang harus bermain di warnet. Jadi bisa lebih menghemat uang bukan?

Untuk itu, kamu harus memperhatikan syarat-syarat yang harus terpenuhi agar tidak lag saat memainkan game PB, baik di komputer maupun di laptop. Ingin tahu? Berikut cara agar bermain PB tidak lag atau patah-patah di PC/laptop yang memiliki spek rendah.

1. Lakukan Pengecekan Koneksi Internet

Ping Internet
Sebelum mulai bermain Point Blank, pastikan dahulu apakah koneksi internet kamu sudah bagus atau belum. Nah, untuk mengetahuinya kamu bisa mengeceknya melalui menu Command Prompt yang tersedia di Windows milikmu. 

Jika kamu selamat dari RTO (Request Time Out) pada saat melakukan pengecekan PING, tentu kamu bisa bernafas lega dimana koneksi internet milikmu sudah layak untuk menjalankan game online PB. Bukan hanya fakotr PING saja yang harus diperhatikan, agar bisa lancar bermain PB setidaknya kamu harus memliki koneksi speed di atas 100 KB.

Untuk melihat seberapa cepat speed dari koneksi internet, kamu bisa melihatnya secara jelas melalui software IDM (Internet Download Manager) pada saat kamu melakukan proses download.

2. Matikan Aplikasi yang Tidak Perlu

Selain faktor koneksi, kamu juga harus memperhatikan konsumsi RAM yang digunakan ketika kamu ingin menjalankan game PB. Agar terhindar dari lag pada saat kamu bermain nanti, matikan terlebih dahulu aplikasi-aplikasi yang berjalan yang sekiranya tidak diperlukan pada menu Task Manager.

Untuk mulai mematikannya, kamu cukup menuju menu Task Manager (Klik kanan pada Taskbar) > Processes > Pilih aplikasi yang tidak perlu > End Process.

Dengan melakukan langkah tersebut, kamu telah berhasil melegakan RAM pada PC/Laptop milikmu.

Task Manager
Selain menggunakan menu Task Manager di Windows, kamu pun bisa memanfaatkan kecanggihan dari software Procces Hacker atau Process Explorer untuk mematikan aplikasi yang berjalan. Fungsi serta fitur yang ada dalam kedua software tersebut tentunya lebih baik dibandingkan Task Manager bawaan Windows.

3. Nonaktifkan Antivirus

Selain mematikan running program atau aplikasi, kamu juga harus menonaktifkan antivirus yang berjalan di PC/laptop milikmu. Mengapa demikian, pasalnya antivirus tersebut tidak lagi dibutuhkan ketika kamu hendak memainkan game Point Blank nanti. Biasanya, RAM yang dikonsumsi oleh antivirus bisa mencapai lebih dari 50 MB.

4. Gunakan Settingan PB Low

Di dalam game Point Blank, tap menu Option > Perfomance > Pastikan kalau Texture Quality, Reflection, dan Efek Quality dalam kondisi Low. Sedangkan untuk Efek Bayangan, di Disable saja. Berikut screenshot-nya.

Settingan PB
Selain pengaturan perfomance, kamu juga perlu memperhatikan Pengaturan Display dan Resolusi Video yang ada di dalam menu Video. Berikut settingan yang seharusnya kamu terapkan agar tidak lag.

Settingan PB

5. Perhatikan Spesifikasi PC/Laptop yang Dipakai Bermain PB

Minimum Spesifikasi Game Point Blank
Point Blank tak hanya dapat dimainkan melalui komputer saja, di laptop kamu pun bisa menjalankannya asalkan memenuhi spesifikasi minimum yang telah ditetapkan oleh pihak Garena. Untuk sistem operasi atau OS-nya, PB bisa dijalankan baik di Windows 7, 8, maupun 10 selama memenuhi spesifikasi.

Spesifikasi minimum yang ditetapkan oleh game PB tersebut mengharuskan penggunanya memiliki RAM berukuran 1GB, namun YaTekno menyarankanmu setidaknya untuk memiliki RAM berukuran 2GB agar tidak memaksakan kinerja PC/laptop milikmu.

Lihat juga:

Dengan menerapkan semua langkah di atas, kini kamu bisa menikmati game Point Blank tanpa harus mengkhawatirkan lag atau patah-patah lagi. Happy Gaming!

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment