Logaster: Membuat Logo Online Keren Tak Perlu Jago Desain

advertisement
advertisement
Kalau kamu seorang pemula yang sebelumnya pernah coba mendesain logo menggunakan software grafis, pasti sempat bingung. "Cara make software ini gimana ya...?""Bagusnya bikin logo kayak gimana ya?", dan berbagai kebingungan lainnya...

Berjam-jam, masih terus melakukan trial & error, hingga akhirnya tangan tidak bergerak sedikit pun di keyboard dan mouse...

Kamu mungkin berpikiran untuk mencari tutorial dasar bagaimana menggunakan software grafis tersebut. Ya, itu kalau kamu punya daya juang yang keras dan rela menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membuat logo bisnis.

Jam demi jam, hari demi hari berlalu hingga akhirnya kamu bisa menguasai teknik dasar penggunaan software grafis. Kemudian ketika sudah selesai... ternyata hasilnya masih jauh dari memuaskan.

Tidak mudah memang membuat logo yang keren. Tapi kabar baiknya, sekarang ada Logaster yang bisa membantumu mendesain logo tanpa harus capek-capek mendesain manual. Terdengar enak, kan? :)

Apa itu Logaster?

Logaster adalah situs web yang menawarkan layanan membuat logo secara online dengan mudah. Website ini mempunyai fitur canggih bernama Logo creation wizard yang memungkinkanmu untuk membuat logo sendiri tanpa harus jago desain.

Layanan Logaster bukan hanya cocok untuk pebisnis yang ingin membuat logo, namun juga cocok bagi desainer yang sedang mencari inspirasi desain logo.


Berikut adalah tutorial bagaimana membuat logo yang berkelas dengan Logaster...


Langkah #1

Kunjungi situs Logaster.com untuk mulai membuat logo secara online. Setelah halaman situsnya berhasil terbuka, klik tombol Buat logo.
Logaster
Halaman depan Logaster.com

Langkah #2

Kamu akan diminta untuk mengisi kolom yang telah disediakan.
  1. Pada kolom Your company name, isilah dengan nama perusahaan atau bisnis yang kamu miliki.
  2. Di bagian kolom Slogan, kamu bisa mengisinya dengan slogan bisnismu (opsional).
  3. Dan pada bagian Choose your activity type, pilihlah kategori sesuai dengan jenis bisnismu.
Jika semua kolom sudah terisi, lanjutkan dengan klik tombol Next.
Step 1: Choose your activity type
Step 1: Choose your activity type

Langkah #3

Maka akan tampil banyak sekali pilihan logo menarik yang dibuat secara otomatis berdasarkan kategori bisnis dan nama perusahaan. Untuk menemukan desain logo lainnya, gunakanlah tombol Next hingga kamu menemukan logo yang tepat.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pencarian logo melalui fitur Find icons yang berada di pojok kanan atas. Fitur pencarian itu nantinya akan memfilter logo-logo yang ditampilkan berdasarkan keyword atau kata kunci yang kamu ketik.

Kalau kamu sudah menemukan logo yang cocok dengan seleramu namun ingin melakukan beberapa perubahan, maka klik Edit logo concept sehingga kamu bisa mengeditnya.
Step 2: Choose logo concept
Step 2: Choose logo concept

Langkah #4

Di halaman ini, kamu bisa menyesuaikan layout atau tata letak logo dan teks sesuai keinginan. Kamu hanya perlu klik contoh layout satu persatu, secara otomatis ia akan mem-preview pilihan layout yang kamu klik. 

Di bawah menu layout terdapat kotak Slogan yang bisa kamu centang jika ingin menampilkan slogan pada logo.

Jika ada kesalahan saat melakukan pengeditan logo, kamu bisa klik Reset all untuk mengembalikan apapun yang telah kamu pilih sebelumnya. Letak tombol tersebut berada di bagian kiri bawah.
Step 3: Edit logo concept
Step 3: Edit logo concept

Langkah #5

Masih pada halaman Edit logo concept, Klik logomu untuk mengganti logo dan warnanya jika dirasa belum 'sreg' dengan pilihan sebelumnya.
Edit icon
Edit icon

Langkah #6

Klik teks logomu, untuk mengganti jenis font dan merubah warnanya. Di sini terdapat lebih dari 50 jenis font keren yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Jika sudah yakin dengan pilihan logo ataupun font yang kamu tetapkan, lanjutkan dengan klik tombol Next untuk beralih ke halaman selanjutnya.
Edit font
Edit font

Langkah #7

Di halaman terakhir, kamu bisa melihat preview dari logo yang telah kamu buat. Nantinya akan muncul bagaimana tampilan logo bisnis jika diterapkan pada kartu nama, brosur, spanduk, dan sebagainya.

Jika sudah puas dengan logo yang kamu buat, klik tombol Save untuk menyimpan hasil logonya.
Save logo concept
Save logo concept


Langkah #8

Ditahap ini kamu diminta untuk mendaftar akun Logaster menggunakan email aktifmu. Kamu juga bisa menggunakan akun Google Plus, Facebook, Yahoo, dan lainnya untuk mendaftar Logaster.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa langsung mengunduh file gambar dari logo yang telah kamu buat tadi.
Daftar akun Logaster
Daftar akun Logaster

Langkah #9

Nah, di halaman inilah kamu bisa langsung mendapatkan logo yang kamu buat dengan men-downloadnya secara gratis. Klik tombol Download logo files.

Di versi gratis, logo yang kamu dapatkan ukurannya kecil. Mungkin hanya pas untuk logo website. Kalau kamu ingin mendapatkan logo dengan resolusi yang lebih tinggi, kamu bisa membelinya dengan harga yang terjangkau.

Berikut daftar harganya:
  • Resolusi logo berukuran 1024px (PNG, JPEG), harganya $9.99 atau setara dengan Rp 130.000.
  • Resolusi logo 5000px (PNG, JPEG), harganya $19.99 atau sekitar Rp 260.000.
  • Sedangkan untuk kualitas gambar logo yang paling tinggi (PNG, PDF, JPEG, SVG) bisa didapatkan seharga $24.99 atau sekitar Rp 325.000.

Kelebihan Versi Berbayar:

Logo bebas dari watermark.
Resolusi gambar yang didapatkan lebih tinggi dibanding versi free. 
Dapat file gambar dengan background transparan.
Dapat gambar logo dengan format file vektor. 
Download logo
Download logo


Selamat!

Kamu sekarang sudah punya sebuah logo yang siap digunakan untuk bisnismu. Bagaimana rasanya, membuat logo tidak pernah semudah ini kan? Hasilnya pun tidak kalah dengan buatan desainer grafis :)

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment