2 Cara Blokir Akun Instagram Orang Lain secara Permanen

advertisement
advertisement
Berbicara mengenai Instagram, ternyata ada hal penting yang harus kamu ketahui, terutama masalah privasi. Ya, karena di sosial media ini kamu tidak hanya berteman dengan orang yang dikenal saja. Tapi mencakup keseluruhan jumlah pengguna yang mungkin bisa dengan leluasa mengakses profil Instagram kamu.

Permasalahan paling serius yang saat ini banyak di alami oleh pengguna Instagram adalah dari segi kenyamanan. Terkadang ada segelintir orang yang sering mengganggu kenyamanan pengguna lain di Instagram. Contoh kecilnya seperti melakukan spam berupa komentar pada foto ataupun video yang di unggah.

Langkah paling mudah agar membuat sang spammer tersebut jera yaitu dengan menerapkan sanksi tegas kepadanya, dengan cara memblokir akun pengguna yang bersangkutan.

Lihat juga: Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Memblokir akun Instagram teman atau orang lain berarti kamu telah mengunci privasi akunmu dari pengguna yang bersangkutan. Dengan kata lain pengguna yang kamu blokir tidak bisa melihat profil dan kiriman foto ataupun video yang kamu unggah.

Cara Memblokir Akun Instagram Orang Lain
Lalu bagaimana langkah-langkah melakukan pemblokiran terhadap akun Instagram orang lain secara permanen? Mudah kok, kamu bisa melakukannya melalui perangkat smartphone ataupun PC. Check it out!

1). Cara Blokir Akun Instagram di Android & iPhone

Untuk dapat memblokir akun Instagram seseorang langsung di Android atau iPhone, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Tidak lebih dari satu menit, akun Instagram yang ingin kamu hapus atau tangguhkan bisa langsung terblokir secara permanen. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, buka aplikasi Instagram di Android & iPhone kamu. 
  • Selanjutnya tap tombol Pencarian yang berada tepat disebelah tombol Home.
  • Kemudian ketikkan nama pengguna Instagram yang ingin kamu blokir. Kalau sudah ketemu, tap nama atau profil orang yang kamu cari.
  • Saat berada di profil orang tersebut, tap tombol titik tiga yang berada di pojok kanan atas.

  • Untuk langsung memblokirnya, kamu hanya perlu memilih menu "Block User" (iOS) atau "Block" (Android)", setelah itu sentuh tombol "Yes, I’m sure" yang berarti kamu telah menyetujui hal tersebut.
Setelah berhasil melakukan pemblokiran terhadap orang yang kamu pilih, pengguna atau orang yang kamu blokir tersebut tidak bisa bisa melihat foto dan video kirimanmu lagi. Akun kamu pun tidak akan terindeks apabila pengguna yang bersangkutan mencoba mencari username atau akun kamu.

Sedangkan efek untuk akunmu sendiri, kamu masih tetap bisa melihat komentar ataupun foto dan video yang di unggah oleh orang yang kamu blokir tersebut. Yang berarti kamu masih tetap bisa mengakses halaman profilnya secara menyeluruh.

Jika kamu ingin membatalkan pemblokiran terhadap orang yang telah kamu blokir itu, kamu hanya perlu membuka profil orang tersebut. 

Sentuh tombol "Unblock" yang berarti kamu membatalkan pemblokiran kepada orang yang bersangkutan. Dan kamu pun masih tetap bisa mengikutinya dan menekan tombol "Follow". 

2). Cara Blokir Akun Instagram Lewat PC/Laptop

Di metode kedua ini, sebenarnya hampir sama dengan cara yang kamu gunakan apabila ingin memblokir seseorang melalui smartphone atau tablet.

Hanya saja disini kamu menggunakan perangkat PC/laptop dan dengan tampilan Instagram versi dekstop yang sedikit berbeda dengan tampilan versi mobile. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, kunjungi situs web Instagram dengan mengetikkan Instagram.com.
  • Kemudian masuklah menggunakan akun Instagram atau Facebook yang biasa kamu gunakan untuk mengakses Instagram di Android atau iPhone.
  • Setelah berhasil log-in, ketikkan nama pengguna yang ingin kamu blokir melalui kolom pencarian.

  • Jika sudah ketemu, klik nama pengguna yang bersangkutan atau orang yang ingin kamu blokir.
  • Setelah berada di profil orang yang kamu cari, tap tombol titik tiga yang berada tepat disamping tombol drop-down. 
  • Kemudian muncul beberapa opsi, maka kamu pilih "Blokir pengguna ini", Jika browser yang kamu gunakan memakai bahasa Inggris, tulisan tersebut adalah "Block this user".
  • Selesai, sekarang kamu telah berhasil memblokir pengguna tersebut. 

Sedikit Catatan

Jika kamu merasa risih dengan privasi terkait foto ataupun video yang kamu unggah, kamu bisa mengaturnya melalui penggunaan pilihan akun pribadi. Dengan begitu maka orang lain tidak bisa melihat apapun yang kamu unggah sebelum menjadi teman terlebih dahulu.


Nah, itulah 2 cara mudah dalam memblokir akun Instagram orang lain secara permanen, baik itu melalui perangkat smartphone dan PC/laptop. Kini kamu tidak perlu khawatir terhadap orang yang suka mengganggu kenyamananmu bukan?

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment