Perkenalkan, 15 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Tahun Ini

advertisement
advertisement
Berfoto-foto kini telah menjadi aktivitas keseharian bagi para pengguna smartphone. Kita tahu berbagai smarthphone saat ini hadir dengan fitur kamera berpixel tinggi, sehingga tak heran kalau hasilnya bagus dan bahkan bisa menyaingi kamera digital.

Meski begitu, beberapa pengguna masih kurang puas dengan hasil fotonya karena ingin lebih bagus dan unik. Maka dari itu, aplikasi edit foto selalu mereka gunakan dalam hal ini sebelum foto di share ke media sosial.

Berbagai aplikasi photo editor saat ini jumlahnya sangat banyak. Yang jadi masalah tidak semua aplikasi mempunyai fitur dan performa yang bagus, sehingga kita perlu sedikit menelitinya.

Nah, kabar baiknya di sini YaTekno akan segera memperkenalkan kepadamu 15 pilihan aplikasi edit foto terbaik untuk android yang bisa menghasilkan foto keren. Semuanya bisa didapatkan secara gratis. Apa saja? Check them out!

1). Adobe Photoshop Fix

Adobe Photoshop Fix
Aplikasi yang berada di urutan pertama versi YaTekno diduduki oleh Adobe Photoshop Fix. Layaknya software Photoshop di PC, kini kamu bisa menggunakan Adobe Photoshop Fix menggunakan smartphone yang biasa kamu bawa ke mana saja.

Kemampuan yang dimiliki aplikasi android ini pun tak kalah hebat dengan versi software-nya ataupun aplikasi lain yang sejenis. Bagi kamu yang suka berfoto selfie kamu bisa mengandalkan aplikasi garapan Adobe ini sebagai retouching foto.

Dengan berbagai tools atau fitur yang dihadirkan, kamu bisa melakukan banyak hal seperti misalnya; melebarkan senyuman, menghilangkan kerutan, menghaluskan kulit, mengganti warna rambut, dan lain sebagainya.

2). Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom
Kalau kamu sedang mencari aplikasi edit foto profesional yang bisa menghasilkan foto berkualitas dan berseni tinggi, maka Adobe Photoshop Lightroom ini harusnya jadi pilihan terbaikmu. Pasalnya dengan beragam fitur yang disajikan mirip dengan Photoshop Lightroom yang merupakan versi softwarenya di desktop.

Karena fitur yang ada mirip dengan software-nya, maka kamu yang sebelumnya sering menggunakan software buatan Adobe tersebut akan sangat mudah beradaptasi dengan aplikasi ini.

Menariknya, selain sebagai photo editor aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai kamera untuk berfoto yang lengkap dengan pengaturan canggih. Berminat dengan aplikasi ini?

3). AirBrush: Easy Photo Editor

AirBrush: Easy Photo Editor
Tahu Camera360 kan? Bisa dibilang aplikasi AirBrush ini merupakan tandingannya, bahkan lebih canggih dan lengkap. Aplikasi edit foto yang berdiri di bawah naungan Meitu ini mempunyai beberapa fitur unggulan yang mungkin tidak dimiliki aplikasi lain yang sejenis.

Fitur tersebut di antaranya yaitu; menghilangkan jerawat atau noda, memutihkan gigi, memberikan cahaya pada wajah, membuat blur bagian foto, filter make-up untuk merias wajah seperti (blush on dan mascara),  dan masih banyak lagi.

Secara keseluruhan dengan semua fitur yang ada, aplikasi dengan rating 4.8 ini sangat cocok bagi kamu yang hobi berfoto selfie.

4). PhotoDirector Photo Editor App

PhotoDirector Photo Editor App
Tak seperti AirBrush dan Adobe Photoshop Fix yang fiturnya lebih dikhususkan bagi kamu yang suka berfoto selfie, PhotoDirector ini cocok untuk kamu yang ingin menghasilkan foto layaknya fotografer profesional.

Aplikasi garapan developer besar bernama CyberLink ini akan membuat foto kamu seperti hasil jepretan kamera DSLR. Fitur yang dimilikinya yakni; pengaturan warna pada foto, menyesuaikan brightness, darkness, exposure dan contrast dengan mudah.

Bukan hanya itu, ada juga fitur untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu, efek HDR dan beragam efek lainnya, hingga tool untuk menghapus objek yang mengganggu pada foto. Di samping itu, kamu juga dapat menyimpan foto hasil editan dengan kualitas HD.

5). PicsArt Photo Studio & Collage

PicsArt Photo Studio & Collage
PicsArt merupakan aplikasi edit foto yang keberadaannya sudah sangat lama. Meski begitu, sang developer dibalik aplikasi ini terus melakukan pembaruan untuk menambahkan fitur dan meningkatkan performa. Makanya, tidak heran kalau aplikasi ini masih eksis di antara kemunculan berbagai aplikasi sejenis.

Fitur yang tersemat dalam aplikasi ini jumlahnya lebih dari 1.000, di antaranya yaitu; pengaturan pencahayaan, efek foto, menambahkan teks, kolase, pilihan clip art, stiker yang mengikuti trend, dan fitur penunjang kebutuhan editing foto lainnya.

6). Pixlr – Free Photo Editor

Pixlr – Free Photo Editor
Selanjutnya ada Pixlr yang gawangi oleh penerbit besar bernama Autodesk. Tak kalah dengan aplikasi lain dikelasnya, aplikasi ini juga memiliki sejumlah fitur yang lengkap dan unik.

Beberapa di antaranya yaitu Auto Fix untuk memperbaiki foto hanya dengan satu kali tap saja, efek foto, membuat kolase foto (dengan pilihan layout, latar belakang, dan jarak), menghilangkan noda, mata merah, dan memutihkan gigi.

Bukan hanya itu, bagi kamu yang suka menambahkan kata-kata atau kalimat ke dalam foto, ada juga fitur untuk menambahkan teks pada foto dengan pilihan jenis font yang keren.

7). Perfect365: One-Tap Makeover

Perfect365: One-Tap Makeover
Berbeda dengan 6 aplikasi edit foto di atas sebelumnya, aplikasi Perfect365 ini dikhususkan untuk perempuan saja. Kenapa? Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki kemampuan dalam merias wajah yang dilengkapi pilihan makeup dan alat kecantikan.

Bagi kamu yang suka berfoto selfie, aplikasi makeup ini sangat cocok untuk kamu gunakan karena terdapat berbagai fitur menarik, yakni lebih dari 20 pilihan makeup dan alat kecantikan yang bisa digunakan untuk mewarnai bibir, rambut, eyeshadow, eye liner, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, aplikasi ini bahkan juga memberikan kiat-kiat dalam bermakeup, tutorial makeup, hingga rekomendasi produk kecantikan. Keren, kan?

8). Photo Editor

Photo Editor
Selain ada Adobe Photoshop Lightroom dan PhotoDirector yang menjadi aplikasi favorit bagi para fotografer, ada juga Photo Editor. Meskipun tampilan dari aplikasi ini simple, namun fitur yang dimilikinya bisa menunjang kebutuhan pengguna yang ingin mengedit foto dengan profesional.

Kamu bisa mengatur warna dan pencahayaan dengan tool yang canggih (hue, saturation, contrast, dan brightness), menambahkan efek, teks, gambar, membuat blur bagian tertentu pada foto, dan berbagai fitur umum lainnya.

9). Snapseed

Snapseed
Kebutuhan aplikasi edit foto bagi orang yang suka berfoto selfie dan orang yang suka memfoto pemandangan biasanya berbeda. Namun, Snapseed ini cocok untuk 2 tipe orang tersebut karena fitur yang dimilikinya dinilai mumpuni.

Apa saja fitut tersebut? Di antaranya adalah efek HDR, menyesuaikan warna dan pencahayaan, menajamkan kualitas gambar agar lebih detail, vignette untuk memberikan efek gelap yang halus pada foto, efek grunge, vintage, retro, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu, aplikasi garapan Google ini juga menyajikan fitur editing khusus bagi kamu yang hobi selfie seperti menghaluskan kulit, fitur pencahayaan untuk wajah dan spot repair untuk memperbaiki bagian tertentu.

10). Bonfire Photo Editor Pro

Bonfire Photo Editor Pro
Tak seperti aplikasi edit foto lainnya, keunggulan aplikasi Bonfire ini justru terletak pada fitur efek lukisan yang dimilikinya. Dengan menggunakan aplikasi garapan Hugo Software ini, foto biasa bisa disulap menjadi seperti lukisan asli yang indah.

Meski begitu. ada juga fitur-fitur yang berguna bagi kamu yang suka berfoto selfie seperti; efek foto, menghilangkan noda, menghaluskan kulit, membuat kulit bersinar, dan masih banyak lagi.

11). Prisma

Prisma
Hampir sama dengan aplikasi Bonfire, bedanya aplikasi Prisma hanya khusus menyajikan efek foto lukisan saja. Prisma sempat booming dan menjadi aplikasi kekinian di Indonesia karena banyak postingan foto hasil editan aplikasi ini yang muncul di media sosial.

Pada saat itu banyak yang menyayangkan aplikasi ini karena hanya bisa digunakan secara online. Namun kabar baiknya, saat ini kamu bisa menggunakannya secara offline dengan performa dan tambahan fitur yang lebih baik.

Bukan hanya itu, pilihan filter foto pun semakin banyak karena kamu bisa mendownload dan membuat filter sendiri melalui Filter Store.

12). Photo Lab Picture Editor FX

Photo Lab Picture Editor FX
Photo Lab adalah aplikasi edit foto online yang menawarkan lebih dari 500 efek foto unik. Menariknya, dengan hanya menggunakan satu aplikasi garapan VicMan ini, kamu bisa melakukan banyak hal terhadap fotomu.

Beberapa di antaranya yaitu; menambahkan bingkai pada foto, menambahkan efek foto, manipulasi foto, menggabungkan beberapa foto menjadi satu, membuat animasi foto berformat GIF, dan masih banyak lagi.

13). Fotor Photo Editor

Fotor Photo Editor
Fotor adalah aplikasi kamera dan edit foto besutan Everimaging. Dari sisi kamera, aplikasi ini mempunyai banyak fitur, yaitu burst untuk mengambil banyak gambar dalam waktu singkat, timer, stabilizer, dan lain sebagainya.

Sedangkan urusan fitur editingnya, aplikasi ini dibekali beberapa fitur profesional yakni; membuat blur bagian foto dan bokeh yang mirip seperti kamera DSLR, enhance untuk meningkatkan detail pada foto, mengatur warna, pencahayaan, membuat kolase foto, dan masih banyak lagi.

14). Photo Editor by Aviary

Photo Editor by Aviary
Aplikasi android buatan Aviary ini termasuk aplikasi yang keberadaannya sudah cukup lama seperti PicsArt. Meski begitu, aplikasi dengan rating 4.4 ini masih eksis hingga sekarang di tengah kehadiran berbagai aplikasi baru yang sejenis.

Fitur-fitur yang dimilikinya sebagian besar sebenarnya sama dengan aplikasi lain dikelasnya, seperti meningkatkan kualitas foto dengan sekali tap, menambahkan efek foto, filter, bingkai, menyesuaikan warna, menambahkan teks, stiker, cosmetic tools untuk (menghilangkan noda, mata merah, dan memutihkan gigi), dan fitur umum lainnya.

Hanya saja ada satu fitur yang mungkin tidak dimiliki aplikasi lain yang sejenis, yaitu kemampuan dalam membuat meme.

15). Photo Editor Pro

Photo Editor Pro
Meskipun Photo Editor Pro ini dibuat oleh Zentertain, namun nyatanya ada dukungan dari pihak Aviary sehingga membuat fitur yang tersemat dalam aplikasi ini hampir 100% sama dengan aplikasi edit foto buatan Aviary sebelumnya.

Hanya saja, ada satu fitur dalam aplikasi buatan Aviary yang tidak ada dalam aplikasi ini, yakni cosmetic tools yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata merah, noda atau jerawat pada wajah, dan memutihkan gigi.

Lihat juga:

Ok, itulah dia 15 pilihan aplikasi edit foto terbaik untuk android versi YaTekno yang bisa didownload gratis. Silakan pilih aplikasi dengan fitur yang sesuai kebutuhanmu. Kalau aplikasi andalanmu belum termuat dalam daftar di atas, jangan sungkan untuk memberikan rekomendasinya via kolom komentar ya.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment