Begini Cara Upgrade OS Android Versi Terbaru Tanpa PC

advertisement
advertisement
Pernahkah kamu melihat notifikasi android yang memintamu untuk melakukan pembaharuan atau update sistem android? Lalu sebenarnya apakah manfaat jika kita meng-upgrade android?

Manfaat yang kita dapati jika meng-upgrade sistem android lama ke versi terbaru yaitu kita akan mendapatkan fitur terbaru yang mungkin tidak ada pada versi android yang kamu gunakan dulu. Disamping itu, kinerja android kita juga akan menjadi lebih baik berkat melakukan pembaharuan sistem.

Perlu kamu ketahui juga, tidak semua android bisa mendapatkan pembaharuan update OS ke versi terbaru. Misalnya kamu saat ini sedang menggunakan Android Lollipop dan ingin meng-upgrade menjadi Android Marshmallow, hal tersebut memang mungkin saja terjadi. Namun tergantung vendor dari android itu sendiri.

Untuk dapat melakukan upgrade OS android ke versi terbaru tanpa menggunakan PC, proses upgrade yang akan kamu lakukan nanti yakni dilakukan secara OTA (Over The Air).

Proses tersebut nantinya akan melakukan pengiriman data firmware ke ponsel dengan cara mendownloadnya melalui OTA. Berikut cara melakukan upgrade android ke versi terbaru.

Upgrade OS Android via OTA

Langkah-langkah upgrade OS Android ke versi terbaru

Sebelum melakukan upgrade atau pembaharuan sistem android, pastikan kalau baterai yang tersedia di androidmu dalam keadaan penuh. Karena melakukan upgrade android kita akan mendownload file berukuran besar, maka lebih baik menggunakan WiFi saat proses download berlangsung.

  1. Pilih menu "Settings" > Usap layar kebagian bawah lalu pilihlah "About Phone".
  2. Pada menu ini kamu akan melihat detail mengenai informasi android yang kamu miliki, lalu kamu pilih saja "Software Update".
  3. Setelah itu, tap tulisan "Check Now" agar sistem android melakukan pengecekan sistem android melalui OTA.
  4. Jika software terbaru tersedia, maka berbagai rincian terkait update sistem android akan muncul dilayar.
  5. Jika setuju untuk meng-upgrade maka kamu hanya perlu melakukan tap pada bacaan "Download".  Jangan lupa beri centang pada bacaan "Update over Wi-Fi only".
  6. Setelah proses download selesai, kamu diminta untuk menginstallnya melalui booting atau dengan merestart android. Selesai!

Oh ya, sebenarnya tidak hanya sistem android saja yang perlu untuk di upgrade, aplikasi dan game yang terinstall di androidmu juga membutuhkan pembaharuan. Manfaatnya yaitu agar kamu mendapatkan fitur terbaru yang lebih baik lagi.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment