Cara Mudah Screenshot Panjang di Android pada Tampilan Web & Aplikasi

advertisement
advertisement
Screenshot biasanya dilakukan saat kita ingin membagikan hasil chatting kepada teman-teman. Atau juga, menyimpan artikel-artikel yang memberikan info atau tips bermanfaat sehingga kita bisa membacanya lagi di lain waktu secara offline.

Masalahnya, karena biasanya hasil chatting atau artikel yang ingin kita screenshot itu panjang, maka kita harus melakukan screenshot berkali-kali sampai semua bagian lengkap. Hal ini tentu cukup merepotkan kita.

Memang benar, ada smartphone Android yang menyuguhkan fitur long screenshot sehingga bisa langsung melakukan screenshot panjang secara penuh. Namun kalau smartphone Android kamu tidak dibekali fitur tersebut, kamu perlu melakukan cara yang sedikit berbeda.

Bagaimana caranya? Mari langsung saja simak pembahasan berikut ini sampai tuntas...

Screen Capture

Cara screenshot panjang di Android dalam 3 langkah mudah

Langkah pertama

Di sini kita akan menggunakan bantuan sebuah aplikasi android. Cukup banyak tersedia aplikasi yang menawarkan fitur long screenshot, salah satunya yang bisa kamu andalkan adalah Scroll Capture for Web. Jadi, silakan download terlebih dahulu aplikasi tersebut.

Setelah proses download selesai, bukalah aplikasi tersebut lalu masukkan alamat website yang ingin kamu screenshot. Kemudian, tap ikon tombol Search yang berada di sampingnya.
Masukkan alamat website

Langkah kedua

Setelah website terbuka, tap ikon tombol Setting yang berada tepat di sebelah kiri tombol Search. Setelah muncul kotak dialog Capture quality settings, pilihlah kualitas gambar screenshot. Tentunya semakin besar nilai kualitas gambar akan semakin besar juga ukuran file gambarnya.

Jika sudah, lihatlah ikon tombol Camera yang berada di bawah layar. Tap tombol tersebut untuk segera melakukan screenshot.
Capture quality settings

Maka setelah itu akan ada proses screenshot.
Screenshot

Langkah ketiga

Setelah proses screenshot selesai, maka akan muncul notifikasi bahwa hasil screenshot sudah tersimpan di galeri smartphone-mu. Klik tombol View untuk langsung melihat hasilnya. Selesai!
Saved in the Gallery

...tapi, bagaimana cara screenshot panjang selain pada tampilan web?

Sesuai nama aplikasinya, Scroll Capture for Web memang dikhususkan untuk screenshot pada tampilan halaman website saja. Namun kalau kamu ingin melakukan screenshot di luar tampilan web, misalnya; hasil chatting WhatsApp, LINE, atau BBM, solusinya kamu bisa menggunakan aplikasi android bernama Stitch & Share.

Berbeda dengan Scroll Capture for Web, cara kerja aplikasi Stitch & Share adalah dengan menggabungkan beberapa gambar screenshot menjadi satu. Selain itu, kamu juga bisa mengeditnya menggunakan fitur yang telah disediakan.

Ok... Itulah dia tips dan cara screenshot panjang di Android. Setelah mengetahui caranya, ternyata tidak sulit kan untuk bisa melakukan hal tersebut. Selamat mencoba, ya!

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment