Begini Cara Mengirim File Berukuran Besar Jarak Jauh via Internet

advertisement
advertisement
Biasanya saat kita ingin mengirim file penting secara jauh kepada rekan kerja, client, atau lainnya, layanan Email yang menyediakan fitur Attact file selalu kita andalkan.

Hal ini bukanlah masalah bagi kamu yang hanya mengirim file dengan ukuran kisaran 1-10 MB saja, karena kebanyakan layanan Email saat ini menawarkan batas maksimal ukuran file yang dapat dikirim hingga 25 MB.

Namun bagi kamu yang ingin mengirim file berukuran di atas 25 MB, kamu perlu melakukan sedikit cara yang berbeda. Kamu bisa menggunakan layanan cloud storage ataupun aplikasi berbasis web yang menawarkan pengiriman file dalam ukuran besar.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai hal tersebut? Mari simak pembahasan berikut ini hingga tuntas...

Send files
Image by RRZE [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Menggunakan layanan penyedia cloud storage

Cloud storage adalah media penyimpanan berbasis online yang memungkinkan penggunanya bisa berbagi file dalam ukuran kecil hingga besar sekalipun. Penyedia layanan cloud storage sendiri sangat banyak, beberapa di antaranya yang terkenal yaitu Google Drive dan Dropbox.

Google Drive

Saat ini Google Drive menawarkan kapasitas penyimpanan file gratis hingga 15 GB. Cara menggunakannya sangat mudah, kamu perlu masuk ke situs Google Drive lalu mengupload filenya.

Setelah proses upload selesai, kamu bisa membagikannya kepada orang-orang tertentu dengan memasukkan alamat email penerima.

Kalau kamu ingin membagikannya secara publik, ke social media misalnya. Kamu bisa memanfaatkan fitur "Get shareable link" untuk mendaptkan link download yang bisa kamu bagikan.

Atau, kalau kamu ingin sekalian menuliskan sedikit pesan ke penerima file, kamu bisa menggunakan Gmail. Gmail sendiri juga menawarkan fitur pengiriman file lewat Google Drive. Kamu cukup klik tombol ikon Google Drive, dan lalu memilih file yang ingin dikirim langsung ke email penerima.

Dropbox

Dropbox sebenarnya hanya menawarkan kapasitas penyimpanan file sebesar 2 GB. Namun kalau kamu mau sedikit berusaha menginvite teman-temanmu agar ikut menggunakan layanan cloud storage dari Dropbox, kamu bisa mendapatkan bonus kuota penyimpanan file hingga 18 GB.

Untuk bisa menggunakan layanan Dropbox kamu perlu mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mulai mengupload file yang ingin kamu bagikan.

Setelah proses upload selesai, kamu bisa membagikan file tersebut ke penerima file dengan 2 cara; mengirimkan langsung ke email penerima atau membagikan link download yang kamu dapatkan ke penerima.

Tidak hanya itu, ada juga ekstensi browser bernama Dropbox untuk Gmail. Dengan ekstensi ini, fitur pengiriman file Dropbox nantinya akan muncul di Gmail.

Menggunakan layanan dari Filemail

Filemail adalah sebuah aplikasi berbasis web yang menawarkan layanan pengiriman file berukuran besar. Tak tanggung-tanggung, diversi gratisnya pun Filemail menyuguhkan kapasitas ukuran masksimum pengiriman file hingga 30 GB.

Penggunaannya sendiri juga sangat mudah. Kamu tidak perlu daftar atau pun login. Jadi, nantinya kamu akan disodorkan formulir pengiriman file yang data-datanya harus diisi, seperti; email penerima, email pengirim, subjek, pesan, dan file yang ingin dikirim. Setelah itu, klik Kirim. Selesai!

Nah, itulah dia beberapa cara mengirim file berukuran besar jarak jauh melalui internet yang bisa kamu coba. Kalau di antara kalian memiliki metode pengiriman lainnya yang belum disebutkan dalam artikel ini, silakan berikan rekomendasinya via kolom komentar, ya.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment