4 Cara Praktis Mengetahui Merk & Tipe Motherboard Tanpa Buka Casing CPU

advertisement
advertisement
Sebagai pengguna komputer ataupun laptop, adakalanya kita perlu mengecek tipe/model motherboard yang digunakan. Hal tersebut biasa diperlukan saat kita ingin melakukan banyak hal, salah satunya adalah update driver.

Ya, dalam melakukan update driver tentunya langkah penting yang tidak boleh terlewatkan adalah mencari driver yang sesuai dengan model motherboard yang digunakan.

Nah, untuk membantu kamu yang saat ini masih bingung bagaimana cara mengetahui model motherboard pada komputer atau laptop, di sini YaTekno akan memberikan 4 pilihan cara yang bisa kamu lakukan. Apa saja? Mari simak pembahasan di bawah ini hingga tuntas...

Motherboard

1). Melalui DirectX Diagnostic Tool

Untuk membuka DirectX Diagnostic Tool, kita harus membuka terlebih dahulu Run. Caranya cepatnya, yaitu menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan tombol Windows + R.

Setelah Run terbuka, langsung saja ketikkan dxdiag dan lalu tekan OK atau Enter. Maka, secara otomatis akan terbuka kotak dialog DirectX Diagnostic Tool. Pada tab menu System, di sini kamu dapat melihat merk atau nama perusahaan pembuat motherboard beserta modelnya yang berada tepat di bawahnya.

Lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.
DirectX Diagnostic Tool

2). Melalui System Information di Administrative Tools

Selain cara di atas, cara yang kedua ini bisa juga dipilih bagi kamu yang ingin tahu sekalian mengenai Hardware Resources, Components, dan Software Environment.

Caranya tidak terlalu sulit. Pertama kamu buka Control Panel, lalu pada view by pilih Category. Kemudian pilih System and Security > Administrative Tools. Setelah itu, double click pada System Information.

Maka akan terbuka jendela baru "System Information". Nah, di sini kamu dapat melihat merk beserta tipe/model dari motherboard yang digunakan laptop atau komputer kamu.
System Information

3). Melalui Command Prompt

Kalau kamu ingin belajar menggunakan Command Prompt, kamu bisa menggunakan cara yang ketiga ini.

Langkah-langkahnya, tekan Windows + R lalu ketikan perintah cmd. Setelah Command Prompt terbuka, langsung saja ketikkan perintah seperti di bawah ini:
wmic baseboard get product,manufacturer,version,serialnumber

Jika perintah di atas diketikkan dengan benar, maka akan langsung muncul informasi mengenai motherboard seperti pada gambar di bawah ini:
WMIC tool
Sebagai contohnya, dari gambar di atas menunjukkan bahwa merk atau perusahaan pembuat motherboard-nya adalah ASUS dan tipe/modelnya X451MA. Tidak hanya itu, di atas juga ada informasi mengenai Serial Number dan juga Versinya.

4). Melihat model motherboard menggunakan Speccy

Speccy adalah software yang bisa mengecek spesifikasi komputer atau laptop secara lengkap. So, kamu nantinya tidak hanya bisa mengetahui merk dan tipe motherboard, tapi juga spesifikasi komputer secara menyeluruh.

Tampilan software ini sangat baik dan mudah untuk dinavigasi. Pertama membukanya kamu akan langsung berada di tab menu Summary yang berisikan informasi ringkas mengenai spesifikasi komputer.

Kalau ingin melihatnya secara detail atau lengkap, kamu cukup klik link berwarna biru. Misalnya kamu klik link Motherboard, maka nantinya akan tampil informasi lengkap seputar motherboard.

Software Speccy sendiri saat ini ukurannya sangat kecil, yaitu hanya 6 MB. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis melalui situs resminya.


Demikian, itulah dia 4 pilihan cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat merk dan model motherboard yang digunakan komputer atau laptop kamu. Semoga bermanfaat!

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment