Penyebab & Cara Mengatasi Chat BBM Pending di Android

advertisement
advertisement
Sebagai salah satu aplikasi Instant Messenger yang populer, BBM hingga saat ini masih menjadi favorit bagi pengguna smartphone yang ingin mengirim pesan atau chatting.

Namun dibalik canggihnya aplikasi ini, banyak saya mendengar keluhan dari orang-orang yang mengalami pending dengan tanda ceklis dari pesan yang dikirimkan. Hal ini tentu membuat pesan yang mereka kirimkan tidak cepat terkirim.

Nah, untuk membantu mengatasi masalah tersebut, YaTekno kali ini akan mencoba memaparkan apa saja penyebab serta bagaimana cara mengatasi chat BBM pending dengan tanda ceklis di android. Mari kita simak pembahasan berikut ini hingga tuntas...

BBM chat

1). Disebabkan karena gangguan atau lemahnya koneksi internet

Penyebab yang paling biasa terjadi adalah karena adanya gangguan internet atau lemahnya koneksi internet dari ISP (Internet Service Provider) yang kamu gunakan.

Tanda dari masalah ini bisa terlihat dari aplikasi BBM yang memunculkan notifikasi bertuliskan connecting atau menyambungkan.

Hal ini bisa kamu tes dengan melakukan browsing internet. Kalau kamu merasakan lambatnya proses browsing, berarti kemunginan besar masalah inilah yang memicu chat BBM pending.

Tips mengatasinya:
Jika disebabkan karena sedang terjadi gangguang internet, mungkin kamu bisa mencoba menghubungkan ke jaringan WiFi yang ada di sekitarmu.

Kalau memang sudah sejak lama internet dari ISP yang kamu gunakan terasa lambat, mencari referensi ISP terbaik sekaligus tercepat lalu menggantinya adalah jalan terbaik.

2). Disebabkan karena cache aplikasi BBM sudah terlalu banyak

Keberadaan cache sendiri sebenarnya memang bagus dalam mempercepat membuka aplikasi. Ini karena fungsinya sebagai tempat penyimpanan data yang pernah kita akses.

Namun kalau ukuran cachenya sudah terlalu besar, justru bisa membuat memori internal penuh dan menghambat respon aplikasi tersebut.

Cara mengatasinya:
Masuk ke Settings > pilih Application manager > pilih BBMtap Clear cache, lalu juga tap Force Stop. Setelah itu, masuk ke aplikasi BBM.

3). Disebabkan karena aplikasi BBM error

Hal yang satu ini bisa terjadi kalau kamu menginstall aplikasi BBM bukan yang asli atau resmi. Memang banyak situs-situs di luaran sana yang menawarkan aplikasi BBM modifikasi sehingga terdapat sejumlah fitur tambahan.

Namun kemungkinan adanya bug dalam aplikasi BBM tersebut cukup besar sehingga membuatnya error.

Tips mengatasinya:
Cara yang paling tepat untuk mengatasi hal ini adalah segera uninstall aplikasi BBM yang error tersebut lalu install aplikasi BBM resmi yang tersedia di Google Play Store.

4). Smartphone orang yang kamu chat sedang tidak terhubung ke internet

Tidak ada cara lain untuk mengatasai hal ini selain menunggu sampai smartphone temanmu terhubung ke internet.

Baca juga:

Itulah dia cara mengatasi BBM yang pending berdasarkan penyebabnya. Semoga cara dan tips di atas bisa membantu kamu ya. Kalau masalahmu belum juga teratasi, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah, ya.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment