3 Cara Praktis Melihat Spesifikasi Komputer/Laptop Secara Lengkap

advertisement
advertisement
Ya, ada banyak alasan mengapa kita harus mengetahui spesifikasi komputer atau laptop yang kita gunakan. Misalnya, saat sebelum kita menginstall software grafis atau game berat.

Tentu, kita harus terlebih dahulu membaca informasi persyaratan spesifikasi minimum pada software atau game tersebut. Lalu, memastikannya pada komputer kita agar spesifikasinya bisa memenuhi persyaratan.

Hal tersebut penting untuk kita pastikan terlebih dahulu, agar saat kita menjalankan software atau game yang kita install performanya berjalan baik, sehingga tidak membebani kinerja komputer yang efeknya akan terasa lambat.

Untuk itu, di sini YaTekno akan memperkenalkan kepadamu 3 cara mudah untuk melihat spesifikasi komputer atau laptop secara lengkap. Mari disimak baik-baik...

Laptop

1). Melalui tool Properties pada This PC atau My Computer

Cara yang pertama ini paling umum digunakan banyak orang. Caranya, kamu cukup klik kanan pada My Computer atau This PC. Dan lalu, pilih Properties.
Properties

Maka, akan terbuka jendela baru System. Di sini kamu bisa melihat jenis Processor, RAM, dan System type yang berisikan informasi mengenai bit dari Sistem Operasi yang digunakan.
System

2). Melalui DirectX Diagnostic Tool

Pada cara yang kedua ini, kamu bisa memanfaatkan fitur DirectX Diagnostic Tool pada komputer. Caranya cukup mudah, langsung saja menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan Windows + R untuk membuka kotak dialog Run.

Setelah itu, ketikkan perintah dxdiag lalu klik OK atau tekan Enter.
dxdiag

Maka, akan terbuka jendela baru DirectX Diagnostic Tool. Pada tab System, di sini kamu akan melihat Sistem Operasi yang digunakan, nama produsen motherboard beserta modelnya, Processor, kapasitas RAM, dan sebagainya.
dxdiag System

Pindah ke tab Display, di sini kamu dapat melihat kapasitas VGA pada Approx. Total Memory, model Driver yang digunakan, dan lain sebagainya.
dxdiag Display

Mau lihat spesifikasi PC yang lebih lengkap lagi? Gunakan Speccy

Dari sekian banyak software yang bisa digunakan untuk melihat spesifikasi komputer, Speccy bisa kamu andalkan bagi kamu yang ingin melihat spesifikasi komputer secara detail atau lengkap.

Di dalam software ini, kamu akan menjumpai beragam informasi, mulai dari mengenai Sistem Operasi, CPU, RAM, Motherboard, Graphics, Harddisk Drive, hingga Optical Drives, dan Audio yang kamu gunakan. Kamu bisa melihatnya secara ringkas ataupun terperinci.

Software Speccy saat ini ukurannya hanya 6 MB saja. Kamu bisa men-download nya secara gratis, langsung melalui situs resminya.
Speccy

Baca juga: Cara Mengetahui Merk & Tipe Motherboard Tanpa Membuka CPU

Itulah dia 3 macam cara untuk melihat atau mengetahui spesifikasi komputer atau laptop. Punya cara lain yang belum termuat dalam artikel ini? Jangan sungkan untuk berbagi melalui kolom komentar, ya! :)

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment