Top 10 Game Edukasi Anak Terbaik untuk Android, Gratis!

advertisement
advertisement
Sudah seharusnya kita mendidik anak sejak dini dengan hal-hal yang bermanfaat agar ia berguna kelak. Maka dari itu pentingnya mendidik mereka dengan memberikan pembelajaran atau edukasi guna membuat mereka menjadi lebih cerdas dan berkembang.

Di zaman teknologi yang canggih seperti saat ini, kita harusnya dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk kehidupan. Salah satu teknologi canggih saat ini yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka yakni smartphone.

Ponsel pintar sendiri memiliki kumpulan jenis game yang sangat bermanfaat untuk pemainnya, salah satunya yakni game edukasi untuk anak. Para orang tua harusnya peka terhadap hal tersebut dengan mendidik dan mengarahkan sang anak untuk mendapatkan hal yang bermanfaat, misalnya memberikan pembelajaran dengan game edukasi.

Game edukasi di android sendiri memiliki pembelajaran yang lebih santai ketimbang materi dari buku tebal disekolahnya. Tak perlu panjang lebar lagi, berikut 10 game edukasi anak untuk android yang terbaik..

1. Peak - Brain Training

Peak - Brain Training
Ingin mengasah kemampuan otak anakmu agar lebih baik lagi? Tak perlu menyuguhkan pelajaran yang rumit, kamu cukup berikan sang anak sebuah game bernama Peak. Peaklabs menawarkan lebih dari 30 game seru yang terdiri dari kategori yang berbeda, untuk memori sang anak, konsentrasi, bahasa, dan masih banyak lagi.

Masing-masing game yang tersedia memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, dimana kamu bisa memberikan kepada sang anak game asah otak yang kamu pilih namun dengan tingkat kesulitan termudah. Jika sudah mahir, kamu bisa memberikannya tingkat kesulitan menengah bahkan tertinggi.

2. COOKING MAMA Let's Cook!

COOKING MAMA Let's Cook!
Seperti yang kita tahu, COOKING MAMA Let's Cook! sejatinya memang merupakan game memasak yang ditujukan untuk seseorang yang ingin belajar memasak  atau hobi memasak. Namun nyatanya game ini sangat tepat jika kamu berikan kepada sang anak sebagai bahan permainannya.

Game memasak ini memiliki tantangan tersendiri, dimana pemain harus mampu menyelesaikan masakannya sebelum waktu yang ditentukan berakhir. Hal inilah yang membuat game ini sangat cocok untuk sang anak. Dimana nantinya ia harus berkonsentrasi dan bekerja lebih cepat saat permainan berlangsung.


3. Kids Preschool Puzzles

Kids Preschool Puzzles
Kids Preschool Puzzles merupakan sebuah game puzzle android yang memiliki interface sederhana yang sangat cocok agar sang anak mudah memahami setiap fitur yang ada. Seperti game menyusun puzzle pada umumnya, dimana pemain dituntut untuk mengisi potongan puzzle yang terpisah pada bagian yang telah ditentukan.

Sang developer sendiri menyediakan dua jenis kategori, yakni Hewan dan Makanan. Setelah usai menyusun bagian-bagian puzzle secara benar, nantinya pemain akan melihat gambar apa yang ia selesaikan tersebut, apakah seekor Sapi atau yang lainnya.

Game jenis seperti ini biasanya sangat tepat jika kamu memberikannya kepada anak sebelum ia beranjak ke bangku TK. Sehingga sang anak tidak lagi kaget ketika menemukan jenis pembelajaran edukasi seperti itu sekolahnya.

4. Toca Blocks

Toca Blocks
Sama halnya dengan Minecraft, dimana Toca Blocks memiliki konsep permainan sandbox yang menugaskan pemainnya untuk merancang dunianya sendiri. Sajian grafis yang ada di dalam game ini sendiri memang terlihat sederhana, ya memang game ini lebih ditujukan kepada anak-anak.

Tujuan dari game edukasi ini sendiri ialah agar kemampuan dalam berkreativitas sang anak menjadi lebih baik lagi. Yap, pasalnya sang anak dituntut untuk mengeksplor atribut balok dengan cara menggabungkan balok tersebut untuk mengubahnya menjadi sebuah benda yang ia inginkan.

Nah tentu saja dengan sendirinya akan semakin banyak inspirasi serta kreasi yang akan sang anak lakukan agar ia merancang dunianya sendiri.

5. Fun With Animals Matching Game

Fun With Animals Matching Game
Game edukasi anak berikutnya yaitu Fun With Animals. Game besutan Educational Software Games ini menawarkan konsep permainan matching. Dimana nantinya sang anak diberi tugas untuk mencari gambar hewan dengan jenis yang sama.

Sebelum permainan berlangsung, kamu bisa menetapkan konfigurasi terkait pengaturan jalannya permainan, yakni mencakup tingkat kesulitan mulai dari level termudah hingga tersulit. Adapun tantangan timer selama 90 detik yang bertujuan agar sang anak lebih berkonsentrasi serta bekerja ekstra cepat dalam mencari persamaan gambar.

6. Animals Puzzle For Kids

Animals Puzzle For Kids
Hampir serupa dengan Kids Preschool Puzzles, dimana Animals Puzzle For Kids ini juga mengajak sang anak untuk mengisi potongan-potongan gambar hewan yang terpisah agar menggabungkannya kedalam tubuh hewan tersebut.

Game edukasi anak ini sendiri memiliki sajian grafis yang cukup baik agar sang anak lebih mudah dalam mengingat beragam jenis hewan berdasarkan warna sesungguhnya. Apalagi ditambah dengan fitur animasi dan sound, sang anak tentu akan sangat menyukai jenis game seperti ini.

7. Marbel Belajar Huruf Alfabet

Sebelum sang anak memasuki jenjang pendidikan TK, sebaiknya ia harus dilatih untuk menghafal huruf-huruf Alfabet secara santai namun pasti. Yap, kamu bisa mengajarinya melalui sebuah game Belajar Huruf Alfabet agar sang anak dapat mengenal huruf "A" sampai huruf "Z".

Game edukasi anak ini memang didesain dengan sajian grafis dan animasi yang menyenangkan. Sehingga lebih cocok jika diberikan untuk anak berusia 2 s/d 6 tahun. Nah tunggu apalagi? Ayo ajarkan sang anak mengenal huruf Alfabet sejak dini.

8. Fishing For Kids

Fishing For Kids
Fishing For Kids menawarkan permainan memancing dengan sajian visual yang lebih menyenangkan dan sangat cocok jika dimainkan untuk anak-anak. Controller yang ditawarkan dalam game ini juga sangat mudah, sehingga sang anak lebih mudah dalam menangkap setiap ikan dilaut.

Game ini sendiri bertujuan agar sang anak dapat melatih kemampuan berkonsentrasi serta mendorong ketekunannya saat ia sedang mencari atau menunggu ikan datang. Dijamin deh, jika kamu memberikan game ini kepadanya, mereka pasti akan menyukainya.

9. Art Of Glow

Art Of Glow
Bukan hanya sekedar game santai, Art Of Glow memiliki tujuan yang sangat jelas bagi setiap pemainnya. Dimana pemain dituntut untuk berkarya menggunakan lampu neon warna-warni sehingga membentuk karya seni cahaya sesuai keinginan pembuatnya.

Sebelum memulai melukis, pemain harus menyesuaikan pengaturan sesuai dengan apa yang disukai. Pemain diberikan kebebasan dalam menetapkan pilihan warna seru bentuk atau dimensi lukisan yang akan digambar nantinya.

Menariknya, pemain juga bisa merekam aktifitas menggambarnya serta menyimpan rekaman tersebut kedalam galeri android. Meskipun banyak disukai orang dewasa, game edukasi ini juga sangat cocok untuk sang anak agar dapat melatih kreativitas mereka dalam menggambar.

10. ATM Learning Simulator

ATM Learning Simulator
ATM Learning Simulator adalah rancangan simulasi ATM yang didesain khusus untuk anak-anak agar mereka dapat belajar untuk mengenal fitur-fitur yang terdapat pada mesin ATM.

Sama halnya dengan tata cara pengambilan uang di ATM pada umumnya, dimana nantinya sang anak harus memasukkan kartu kedalam mesin ATM secara benar, lalu memasukkan PIN serta menjalankan perintah-perintah tertentu. Sehingga dengan demikian sang anak akan mengenal secara jelas tata cara pengambilan uang di ATM.

Lihat juga: 7 Pilihan Game Android Terbaik untuk Anak SD

Nah, itulah kesepuluh game edukasi terbaik untuk android yang bisa kamu berikan untuk sang anak guna melatih kemampuan berpikir, berkonsentrasi, dan lain sebagainya agar ia semakin cerdas. 

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment