Cara Mengetahui Spesifikasi & Versi OS Android yang Kamu Punya

advertisement
advertisement
Seperti yang kita tahu, ponsel android saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh setiap orang. Ya, melalui ponsel pintar kita tidak hanya bisa menggunakannya sebagai alat untuk berkomunikasi saja, namun jauh lebih dari itu.

Sama halnya seperti komputer, dimana android juga memiliki spesifikasi atau komponen-komponen yang tertanam di dalam smartphone tersebut, mulai dari processor, RAM, GPU, dan masih banyak lainnya.

Sebenarnya cara untuk mengetahui spesifikasi dari sebuah ponsel android tidak begitu sulit loh, dimana kamu cukup mengetikan spesifikasi dari android yang kamu gunakan di Google.

Jika kamu ingin melihat spesifikasi secara lebih detail mengenai android yang kamu gunakan, kamu hanya perlu menjalankan sebuah aplikasi bernama CPU-Z di android kamu. Melalui aplikasi tersebut, kamu akan melihat spesifikasi androidmu secara lengkap.

Cara Cek Spesifikasi Android

Cara Cek Spesifikasi Android
Seperti yang telah dijelaskan di atas, dimana untuk mengecek spesifikasi android yang kamu miliki, kamu memerlukan sebuah aplikasi bernama CPU-Z. Yap, aplikasi besutan CPUID ini merupakan sebuah aplikasi freeware yang berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai perangkat utama dari sistem android.

Ingin menggunakan aplikasi tersebut? Kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play

Setelah berhasil terinstall, kamu cukup menjalankan aplikasi tersebut untuk langsung melihat spesifikasi secara detail terkait System on Chip (SoC), Device, System, dan Battery

Cara Cek Versi OS Android

Cara Cek Versi OS Android
Selain pentingnya untuk mengetahui spesifikasi android, kamu juga harus mengetahui jenis versi android yang kamu punya. Fungsinya yakni agar kamu bisa melihat apakah versi OS android yang kamu punya masih layak digunakan atau tidak.

Mengapa dikatakan layak atau tidak? Yap, jika sudah tersedia versi OS android terbaru yang kompatible atau cocok digunakan untuk android kamu, kenapa kamu tidak menggunakannya bukan.

Pembaruan sistem operasi yang rutin di kembangkan oleh Google bertujuan agar pengguna dapat menikmati fitur terbaru yang lebih baik lagi.

Menariknya, versi android yang di luncurkan oleh Google memiliki nama makanan pencuci mulut, sebut saja seperti Donut, Eclair, Gingerbeard, dan lain-lain. 

Berikut ini daftar versi android yang perlu kamu ketahui:
  • Cupcake (1.5)
  • Donut (1.6)
  • Eclair (2.0–2.1)
  • Froyo (2.2–2.2.3)
  • Gingerbread (2.3–2.3.7)
  • Honeycomb (3.0–3.2.6)
  • Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4)
  • Jelly Bean (4.1–4.3)
  • KitKat (4.4+)
  • Lollipop (5.0+)
  • Marshmallow (6.0)
  • Nougat (7.0)

Nah, untuk mengetahui versi android yang kamu gunakan, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama, menuju menu "Settings", Lalu pilih "About Device".
  2. Kemudian lihatlah pada "Android Version", disitu kamu akan mengetahui nama kode atau versi android apa yang kamu gunakan.
  3. Lakukan beberapa kali sentuhan pada menu tersebut, maka ia akan menampilkan gambar berupa versi OS android yang kamu gunakan.

Gimana? Cukup mudah bukan untuk mengetahui spesifikasi dan versi android yang kamu punya. Dengan mempelajari hal tersebut, setidaknya kamu akan mengerti dunia android secara lebih dalam.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment