Cara Praktis Screenshot Panjang Satu Halaman Web Penuh di PC

advertisement
advertisement
Screenshot biasa dibutuhkan saat kita ingin melakukan capture atau tangkapan pada layar menjadi gambar. Bagi kamu yang sering membuat tutorial berupa gambar, tentunya sering melakukan aktivitas screenshot ini.

Tapi manfaat screenshot bukan hanya itu saja. Misalnya saja bagi kamu yang gemar membaca artikel-artikel pada website di internet yang memberikan info penting atau tips bermanfaat, screenshot ini bisa juga kamu lakukan untuk membuat artikel yang kamu baca menjadi sebuah gambar. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan dan membacanya kapan saja secara offline.

Namun agar bisa melakukan screenshot artikel favoritmu dari awal hingga akhir menjadi satu gambar saja, diperlukan sedikit teknik khusus. Bagaimana caranya? Mari simak tutorial berikut ini hingga tuntas.

Cara screenshot panjang dalam 4 langkah mudah

Langkah pertama

Di sini kita akan menggunakan extension untuk browser bernama Awesome Screenshot. Silakan download terlebih dahulu secara resmi melalui:

Awesome Screenshot

Langkah kedua

Setelah berhasil terinstall, secara otomatis ikon Awesome Screenshot akan muncul pada toolbar yang berada di bagian kanan atas layar. Sekarang buka halaman web yang ingin kamu screenshot, lalu klik ikon Awesome Screenshot.

Setelah muncul beberapa pilihan jenis screenshot, pilih entire page (Ctrl+Shift+E) untuk melakukan tangkapan layar web secara penuh (full page).
Capture entire page

Setelah itu, biarkan perintah tersebut melakukan tangkapan layar yang ditandai dengan adanya scrolling otomatis dari atas sampai bawah halaman web.

Langkah ketiga

Pada tahap ini kamu akan digiring masuk ke halaman editor untuk keperluan editing gambar. Di sana terdapat cukup banyak tools dasar editing gambar yang bisa kamu manfaatkan. Jika sudah, kamu bisa klik Done.
Image editor

Langkah keempat

Di tahap terakhir ini, kamu bisa menyimpan gambar yang sudah kamu screenshot. Pada Local Save, pilih Save image as a file untuk mendownload gambarnya. Atau bisa juga langsung klik kanan pada gambar, lalu pilih Save image as.

Selesai!

Setelah mengetahui caranya, ternyata tidak sulit kan untuk bisa melakukan screnshot panjang pada satu halaman web? Selamat mencoba!

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment