Top 15 Game Membangun Kota Android Terbaik, Gratis!

advertisement
advertisement
Pada umumnya, game simulasi membangun kota memang lebih banyak disukai oleh perempuan. Karena biasanya perempuan lebih telaten dalam melakukan hal tersebut sehingga kota yang ia bangun bisa lebih maju dalam kurun waktu yang cepat.

Tidak seperti genre game lainnya, dalam permainan simulasi ini kamu benar-benar dituntut untuk serius dan telaten dalam membangun kota impianmu. Nah, biasanya kamu harus menyisihkan waktu berjam-jam didepan layar ponselmu untuk dapat mengelola kotamu agar lebih maksimal.

YaTekno di sini akan memperkenalkan kepadamu 15 pilihan game membangun kota terbaik untuk android yang bisa kamu mainkan secara gratis dan offline. Apa saja?

1. SimCity BuildIt

SimCity BuildIt
Dalam game simulasi yang satu ini, kamu dituntut untuk membangun sebuah kota dengan caramu sendiri. Nah, peranmu sendiri disini yakni sebagai seorang Gubernur dari kota tersebut. Tugasmu tentu saja membangun sebuah kota dari yang tadinya sepi penduduk menjadi megapolitan.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, kamu dapat menghidupkan kota itu dengan menggunakan infrastruktur yang ada, baik berupa lahan, bangunan, dan lain sebagainya. 

Namun pada awal permainan, sebaiknya kamu terlebih dahulu membangun sebuah pabrik agar bisa menghasilkan besi ataupun kayu yang dapat digunakan untuk membangun perumahan. Sebelumnya, kamu juga harus membuat rute jalan terlebih dahulu sebelum membangun kota impianmu di SimCity BuildIt.

2. City Island 3

City Island 3
Tak jauh berbeda dengan City Island di seri sebelumnya, dimana dalam seri ketiganya ini kamu masih mempunyai tujuan yang sama, yakni menciptakan sebuah kota yang nyaman serta tetap terus menjaga tingkat kebahagiaan penduduk yang ada didalamnya.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan agar membuat penduduk setempat merasa bahagia, misalnya seperti menghias kotamu dengan meletakkan jalur pejalan kaki, sungai, rel kereta dengan keretanya, taman, dan lain sebagainya.

Kreativitas adalah kunci utama yang dibutuhkan dalam game besutan Sparkling Society ini agar kamu mampu membangun sebuah kota metropolis yang maju dan berkembang.

3. Paradise Island

Paradise Island
Sesuai dengan namanya, Paradise Island mengharuskan kamu untuk membangun sebuah Pulau berdekatan dengan pantai. Karena letak bangunan yang dekat dengan Pantai, tentu saja kamu harus membuat sebuah tempat hiburan untuk memberikan suasana yang lebih berwarna untuk penduduk maupun Turis.

Berbagai hiburan menarik bisa kamu buat dengan mudah, seperti membangun infrastruktur pusat hiburan, membangun hotel, restoran dan berbagai hal menarik yang dapat membuat mereka terhibur.

4. Megapolis

Megapolis
Dibandingkan dengan game membangun kota lainnya, Megapolis memiliki grafis yang lebih unggul. Yap, pasalnya game strategy offline besutan Social Quantum ini dibekali dengan grafis 3D yang terlihat sangat realistis.

Tugasmu dalam game ini yakni mengelola keuangan dan membangun berbagai infrastruktur yang menarik untuk di kotamu, seperti membangun bandara, stasiun kereta api, pelabuhan, pertambangan minyak dan gas, dan masih banyak lagi.

Semakin banyak perumahan yang kamu buat, akan semakin banyak pula penduduk yang menghampiri kotamu. Sehingga hal tersebut membuatmu meraih sebuah keuntungan yang lebih besar.

Satu hal menarik dari game ini, disini kamu bisa mengundang temanmu untuk membandingkan siapa yang memiliki kota paling sukses. Ayo tantang temanmu sekarang juga!

5. Township

Township
Township merupakan kategori atau jenis game santai yang mengharuskanmu untuk membangun sebuah kota yang berkembang. Banyak hal yang dapat kamu lakukan disini nantinya, mulai dari menciptakan lahan tanaman, membuka kafe, restoran, dan masih banyak lagi hal menarik lainnya.

Semakin besar level yang kamu raih, maka akan semakin banyak pula fungsi yang bisa dibuka, seperti market kota yang berfungsi untuk menjual dagangan barang, hingga tambang yang bisa digali untuk mencari sumber mineral berharga.

Meskipun permainan ini disediakan secara gratis, namun beberapa item dalam game besutan Playrix Games ini ada yang harus kamu beli dengan uang sungguhan.

6. Big Business Deluxe

Big Business Deluxe
Dalam game Big Business Deluxe ini, kamu tidak sekedar membangun sebuah kota asal-asalan saja. Pasalnya akan ada sebuah misi dimana kamu harus menuntaskan misi tersebut, misi-misi yang akan kamu dapatkan nantinya tentu saja berkaitan dengan bisnis yang dapat membuat kotamu lebih sukses.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan disini, misalnya seperti memperoleh laba atau keuntungan dari berbagai hal, membangun pabrik, perumahan, dan masih banyak lainnya.

Hingga saat ini, game membangun kota dibawah naungan Game Insight ini telah berhasil di unduh lebih dari 5 juta kali. Kamu tertarik untuk mencobanya juga? Ayo mainkan sekarang juga di android kamu!

7. Little Big City 2

Little Big City 2
Tak jauh berbeda dengan seri pertamanya, dimana dalam Little Big City 2 ini peranmu dalam game ini masih menjadi seorang Walikota. Tugasmu disini yaitu menciptakan sebuah kota yang makmur serta membuat berbagai infrastruktur menarik sehingga penduduk di kotamu merasa bahagia.

Sebelum kamu mulai membangun kota impianmu, kamu harus terlebih dahulu memilih dulu tipe kota seperti apa yang nantinya ingin kamu buat, apakah tipe kota berbudaya, berteknologi, industri, dan lain-lain.

Pemilihan kota tersebut nantinya berpengaruh pada infrastruktur atau bangunan atau fasilitas yang bisa kamu pergunakan nantinya. Sehingga kamu harus memilih tipe kota yang tepat yang sesuai dengan minatmu.

Selain itu, Gameloft juga memberikan mini games seru dan asyik yang dapat kamu lakukan disela-sela aktifitas saat kamu membangun kotamu. Seperti membantu polisi di kotamu untuk menangkap perampok, menyelamatkan warga dari serangan UFO, dan masih banyak lagi.

8. The Simpsons™: Tapped Out

The Simpsons™: Tapped Out
Meskipun dibalut dengan grafis yang biasa-biasa saja, The Simpsons menjanjikan pengalaman membangun sebuah kota yang lebih menyenangkan sekaligus menantang. Pasalnya disini kamu harus membangun sebuah kota Springfield yang sebelumnya telah di hancurkan oleh Homer.

Nah nantinya kamu harus mengumpulkan donasi sebanyak-banyaknya dari penduduk setempat untuk membangun kota tersebut agar menjadi lebih besar.

Hingga detik ini, game besutan Electronic Arts ini telah berhasil di unduh sebanyak 100 juta kali oleh pengguna android di berbagai penjuru dunia. Dengan adanya presepsi tersebut, tentu kamu tak perlu lagi meragukan kualitas dari game buatan developer ternama itu.

9. Westbound

Westbound
Westbound merupakan sebuah game membangun kota buatan Rockyou yang memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya disini kamu tidak dituntut untuk membangun sebuah kota yang mewah, namun kamu hanya perlu mendirikan sebuah kota bergaya Western Town. 

Selain membangun kota, kamu juga dapat berpetualang dalam mencari harta karun yang tersembunyi dalam tebing-tebing yang curam. Dari hasil itulah nantinya kamu dapat gunakan untuk membangun infrastruktur menarik guna membantu kebutuhan penduduk.

Game ini sendiri memiliki latar belakang atau tema permainan yang cukup unik, yakni zaman dahulu di era koboi. Namun pada intinya, kamu harus membangun kota tersebut agar menjadi berkembang dan membuat penduduk setempat bahagia.

10. Smurfs' Village

Smurfs' Village
Buat kamu pecinta film kartun Smurfs, mungkin sudah tidak asing lagi dengan karakter-karakter yang ada dalam game Smurfs' Village ini. Tugasmu disini adalah membangun sebuah desa atau perkampungan baru untuk tempat tinggal para Smurfs.

Banyak hal menarik yang dapat kamu lakukan untuk membuat perkampungan Smurfs menjadi menarik, mulai dari membangun rumah jamur, jembatan, taman, atau perkebunan.

Kalau kamu ingin mencari bonus tambahan, kamu bisa meluangkan sedikit waktu untuk memainkan mini games yang telah disediakan. Sehingga kamu bisa meraih uang yang bisa kamu pergunakan untuk membuat fasilitas yang kamu inginkan guna menyenangkan penduduk Smurfs.


11. Miracle City

Miracle City
Buat kamu penggila game Harvestmoon, game simulasi bernama Miracle City ini sangat sayang jika kamu lewatkan. Pasalnya dalam game ini, kamu tak hanya dituntut untuk membangun sebuah kota yang menawan, kamu juga harus membangun sebuah lahan perkebunan yang dihiasi oleh berbagai jenis tumbuhan.

Seperti halnya game membangun kota lainnya, disini kamu pun harus membangun sebuah perumahan dan infrastruktur lainnya untuk memperoleh keuntungan. Uang yang kamu dapatkan nantinya bisa kamu gunakan untuk membangun, mengembangkan, hingga mendekorasi kota milikmu agar lebih indah.

Untuk membuat kotamu sedikit lebih berkembang, kamu dapat menyediakan lowongan pekerjaan utuk penduduk setempat. Sehingga kamu dan pendudukmu sama-sama memperoleh uang dari hal tersebut.

12. Town Village

Town Village
Hadir dengan konsep permainan yang memadukan antara membangun kota dengan bertani, Town Village tentu memiliki kesan tersendiri bagi para pemainnya. Berbagai jenis bangunan serta tumbuhan bisa kamu gunakan untuk mempercantik kota buatanmu sendiri.

Untuk mengumpulkan uang, kamu perlu memenuhi pesanan warga kata yang memintamu untuk melakukan apa saja. Jika kamu berhasil membuat warga setempat bergembira, uang dan XP tentu akan kamu raih secara terus menerus jika kamu pandai dalam mengelola kotamu.

13. Village and Farm

Village and Farm
Menariknya dari game membangun kota berjudul Village and Farm ini, ia mengampil tema permainan pada zaman dahulu, mulai dari bentuk bangunannya yang kuno, cara-cara bertaninya yang unik, dan masih banyak lagi.

Namun pada intinya tugas-tugas yang kamu jalani nantinya yaitu berkebun, berdagang, hingga membangun kota impianmu dengan dekorasi yang indah.

14. Village City Island

Village City Island
Tak jauh berbeda dengan game simulasi membangun kota lainnya, hanya saja Village City Island mengangkat alur permainan yang letaknya di tepian pulau sehingga terkesan lebih menarik. 

Tugas-tugas pokok yang dapat kamu lakukan nanti mulai dari membangun rumah, membuka lapangan pekerjaan, serta menghasilkan uang dari hasil olah tanganmu sendiri. Untuk membuat penduduk setempat bahagia, kamu tentu harus menyempatkan diri untuk membantu mereka pada saat dibutuhkan. 

15. Megapolis City:Village to Town

Megapolis City:Village to Town
Sesuai dengan judulnya, game buatan foranj ini memiliki konsep permainan yang lebih modern dari segala jenis aspeknya, mulai dari bentuk bangunan, tanaman, hingga jalanan yang dihiasi oleh mobil yang lalu-lalang.

Peranmu dalam game ini sendiri yaitu sebagai seorang Walikota yang ditugaskan untuk menata perkotaan milikmu agar lebih rapih. Nah, sanggupkah kamu membangun sebuah kota berpenghuni agar tampil seperti kota-kota maju seperti di kehidupan nyata?
Itu dia pilihan game membangun kota terbaik untuk android yang bisa kamu mainkan secara offline, dan tentu saja gratis. Jangan sampai lupa makan dan mandi yah saat bermain game tersebut. Happy Gaming!

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment