Begini Cara Bermain Game Boy Advance (GBA) di Android

advertisement
advertisement
Game Boy Advance atau yang lebih akrab disebut sebagai GBA merupakan sebuah konsol permainan genggam yang dikembangkan oleh perusahaan ternama, yakni Nintendo. Konsol yang sempat populer pada zamannya ini telah melahirkan banyak sekali judul permainan berkualitas yang mungkin hingga saat ini belum redup.

Game konsol yang dikembangkan untuk GBA memang rata-rata memiliki kualitas grafis tak sebaik saat ini. Namun jangan salah, beberapa dari game populer di GBA kerap menjadi inspirasi bagi game-game konsole untuk generasi selanjutnya.

Sayangnya Nintendo memutuskan untuk tidak lagi memproduksi game-game klasik buatannya itu sejak Februari 2008. Seiring perkembangan teknologi, kini GBA sudah tidak sejaya pada kala itu. Namun mengingat banyaknya game-game klasik yang seru, maka sangat sayang apabila tidak dimainkan.

Saat ini sendiri, konsol handheld ini masih tetap terlihat di toko-toko yang biasa menjual game PC atau Playstation. Nah, buat kamu yang ingin bernostalgia kembali merasakan game-game seru yang biasa kamu mainkan dulu di GBA, kamu bisa menggunakan perangkat android.

Bagaimana caranya? Yap, tentu saja kamu nantinya harus menjalankan GBA Emulator terlebih dahulu agar dapat memainkan game-game legenda kesayanganmu dulu. Berikut penjelasan mengenai fitur-fitur serta cara penggunaan emulator tersebut.

My Boy! Free - GBA Emulator

My Boy! Free - GBA Emulator
My Boy! Free merupakan sebuah emulator Game Boy Advance yang dimana nantinya kamu dapat bermain game-game GBA berjenis portable langsung dari android kamu. Seperti halnya emulator lainnya, disini kamu tidak akan menemukan koleksi permainan secara instan.

Dimana kamu perlu mendownload terlebih dahulu permainan GBA melalui website yang bisa kamu temukan dengan mudah. Beberapa judul permainan GBA yang sangat di rekomendasikan untuk dimainkan di antaranya yaitu Super Mario, Dragon Ball, Harvest Moon, Pokemon, dan masih banyak lainnya.

Meskipun emulator buatan Fast Emulator ditawarkan secara gratis, namun untuk versi yang berbayarnya tentu jauh lebih baik. Dimana kamu akan merasakan fitur-fitur keren yang tidak ada pada versi gratisnya.

Nah, biasanya format permainan GBA yang tersaji di internet berformat .zip. Jika kamu ingin mendownload gamenya langsung dari android, maka kamu harus terlebih dahulu memiliki aplikasi untuk mengekstrak file.

Jika kamu telah mendapatkan file dari permainan GBA tapi bingung cara menginstallnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Menggunakan My Boy! (GBA Emulator)

  1. Cari game GBA yang kamu mau melalui internet, kamu bisa mendapatkannya secara mudah dan gratis.
  2. Biasanya file game tersebut berformat .zip, maka dari itu kamu membutuhkan aplikasi untuk ekstrak file .zip
  3. Jika sudah, ekstrak game tersebut sehingga kamu mendapatkan sebuah file.
  4. Taruh file atau game GBA yang kamu download tadi ke SD Card atau eksternal_sd. Namun sebelumnya kamu harus membuat folder kosong, sebagai contoh "GAMES GBA".
  5. Sekarang kamu langsung buka aplikasi My Boy! atau GBA Emulator di android kamu.
  6. Biasanya akan muncul notifikasi "Before you run, please place your rightfully owned GBA game files in to SD card", lalu klik Ok saja.
  7. Kemudian cari folder yang kamu buat tadi, misalnya "GAMES GBA".
  8. Lalu pilih judul pada game yang kamu ingin mainkan, kemdian klik Ok.
  9. Selesai! Sekarang kamu bisa menikmati game GBA di android kamu.

Mengatur Konfigurasi GBA Emulator

Oh ya, kalo kamu pengen mengatur konfigurasi atau menambah tombol-tombol yang ada di emulator ini, gampang kok, begini caranya..

Buka aplikasi My Boy! kemudian jalankan game yang yang kamu inginkan, lalu pilih Setting > Input > Virtual Keypad Settings > Controls Layout > Pilih (+) Add Control > Lalu pilih controls yang ingin kamu tambahkan.
Itulah dia cara bermain game GBA di android dengan mudah. Dengan adanya GBA Emulator di android kamu, sekarang kamu bisa bernostalgia kembali dengan memainkan game-game klasik yang keran seperti zaman kamu kecil dulu. Happy Gaming!

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment