Top 7 Aplikasi Screenshot Android Terbaik dengan Fitur Pengeditan

advertisement
advertisement
Pada umumnya, cara mengambil gambar dari layar android atau screenshot biasanya menggunakan kombinasi tombol tertentu untuk melakukannya. Seperti pada android merek Samsung Galaxy misalnya, biasanya pengguna harus menekan kombinasi tombol 'Power' dan 'Home' secara bersamaan.

Tapi ada juga sebagian perangkat android yang tidak dibekali dengan fitur tangkapan layar atau screenshot, sehingga mereka bisa menggunakan aplikasi screenshot sebagai alternatifnya.

Nah, kalau android kamu tidak dibekali dengan fitur screenshot atau bahkan mengalami kerusakan salah satu tombol yang seharusnya bisa digunakan untuk screenshot, maka jalan satu-satunya kamu bisa menggunakan aplikasi screenshot.

Ingin tahu apa saja daftar aplikasi screenshot untuk android yang terbaik? Yuk langsung aja simak pembahasan di bawah ini.

1. Screenshot Easy

Screenshot Easy
Screenshot Easy merupakan sebuah aplikasi penangkap tampilan layar yang bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar pada layar tablet ataupun android. Selain itu, kamu tidak hanya mendapatkan screenshot atau tangkapan layar saja, kamu juga bisa mengeditnya menggunakan fitur yang tersedia pada aplikasi buatan Ice Cold Apps ini.

Salah satu fitur unggulan yang ada dalam aplikasi ini yakni screenshot dengan menggunangkan ponsel atau shaking. Aplikasi ini hanya dapat dinikmati untuk perangkat android 4.0 atau Ice Cream Sandwith (ICS) ke atas.

2. Screenshot Ultimate

Screenshot Ultimate
Tak kalah kerennya dengan aplikasi screenshot yang pertama, dimana Screenshot Ultimate ini juga akan mempermudahkanmu dalam mengambil tampilan layar android kamu hanya dengan mengguncangkan ponsel atau menekan tombol shortcut pada aplikasi ini.

Disamping itu, kamu juga bisa mengatur durasi waktu screenshot ketika ingin mengambil gambar sesuai dengan yang kamu inginkan. Ketika pengambilan gambar berlangsung, kamu nantinya bisa mengatur sudut mana saja yang ingin kamu simpan, nah selebihnya kamu bisa melakukan crop pada objek yang tidak diinginkan.

Aplikasi buatan Ice Cold Aps ini mendukung hampir semua OS perangkat android, ataupun android yang sudah dalam keadaan root sekalipun. 

3. Screen Capture Shortcut

Screen Capture Shortcut
Aplikasi bernama Screen Capture Shortcut ini dikenal memiliki tampilan atau interface yang simpel, namun tetap memiliki kualitas yang baik ketika melakukan pengambilan gambar pada layar android.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengaktifkan tombol screen capture agar berada pada shortcut androidmu dengan menekan tombol Start Now. Untuk memulai pengambilan gambar atau screenshot, kamu cukup menekan tombol shortcut yang dipintaskan oleh aplikasi ini pada layar androidmu.

4. Screenshot

Screenshot
Aplikasi penangkap tampilan layar bernama Screenshot ini mungkin tak perlu diragukan lagi, pasalnya AnNingZhuang selaku pengembang aplikasi ini membekali aplikasi ini dengan fitur-fitur yang cukup lengkap.

Tidak seperti aplikais screenshot pada umumnya, dimana dalam aplikasi ini kamu tetap menekan kombinasi tombol tertentu untuk mengambil gambar pada layar android di bagian yang kamu inginkan.

Untuk pengguna android Samsung, kamu nantinya tetap menggunakan tombol 'Volume Down' dan tombol 'Power' selama 2 detik untuk melakukan screenshot. Yang membuat aplikasi lebih istimewa yakni adanya fitur drawing, cropping, add text, dan menu share yang memungkinkanmu untuk membagikan hasil tangkapan layar ke temanmu.

5. Screenshot Capture

Screenshot Capture
Dalam aplikasi Screenshot Capture, kamu tetap harus menekan kombinasi tombol Power + Volume Down atau Power + Home secara bersamaan untuk menangkap tambilan layar androidmu.

Namun jika salah satu dari tombol tersebut tidak berfungsi, kamu bisa mengaktifkan mode shake. Dimana nantinya kamu bisa melakukan screenshot dengan hanya mengguncangkan android.

Setelah selesai melakukan screenshot, kamu bisa mengedit atau memperindahnya dengan beberapa fitur yang ada, seperti menambah contrast atau brightness, memotong gambar, hingga membuat text atau bentuk garis, lingkaran, segitiga dan lainnya.

6. Screenshot Touch

Screenshot Touch
Untuk membuat hasil screenshot yang lebih beda, aplikasi bernama Screenshot Touch ini tentunya bisa kamu andalkan. Bagaimana tidak, pasalnya kamu tak hanya dapat mengambil tangkapan layar saja, kamu juga bisa mengedit hasil screenshot tersebut, mulai dari meng-crop, menambah text, hingga memasukkan emoticon lucu.

Untuk memulai hasil screenshot pada objek yang diinginkan, kamu harus menekan tombol camera yang berada di layar androidmu. Dengan catatan kamu harus membuat shortcut-nya terlebih dahulu. Alternatif lainnya, kamu pun bisa melakukan screenshot dengan mengguncangkan ponsel.

Sayangnya, aplikasi buatan mdiwebma.com ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna android Lollipop atau lebih tinggi.

7. OK Screenshot

OK Screenshot
Seperti yang kita tahu, GO Dev Team selalu mengejutkan pengguna android dengan aplikasi-aplikais buatannya, misalnya seperti aplikasi launcher, widget, cleaner, dan masih banyak lagi. Tak mau ketinggalan dengan developer lainnya, mereka juga mengembangkan aplikasi bernama OK Screenshot.

Aplikasi tersebut memiliki fungsi dalam mengambil screenshot atau tangkapan layar yang terbilang beda ketimbang aplikasi screenshot kebanyakan. Yang dimana aplikasi ini tidak memakan penggunaan kapasitas RAM yang terlalu besar.

Namun kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol untuk melakukan screenshot, di antaranya yaitu kombinasi tombol Power dan Volume atau Power dan Home. Selain itu, aplikasi ini juga dibekali dengan beberapa fitur keren, seperti drawing dan juga cropping.

Baca juga: Cara Screenshot Panjang di Android pada Tampilan Web & Aplikasi

Itulah ketujuh aplikasi screenshot terbaik di android yang bisa kamu andalkan apabila androidmu tidak dibekali fitur tangkapan layar. Dengan adanya aplikasi tersebut, kini kamu tak perlu lagi menekan kombinasi tombol yang rumit untuk mengambil screenshot di android.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment