Top 10 Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik untuk Android

advertisement
advertisement
Seperti yang kita tahu, kamus bahasa inggris biasa digunakan untuk mengetahui terjemahan dari kosakata.

Dulu, jika kita ingin mencari terjemahan dari kosakata tertentu kita harus membeli dan melihat buku kamus bahasa inggris. Namun di zaman perkembangan smartphone yang pesat seperti saat ini aktivitas mencari arti atau terjemahan kosakata tidak harus lagi menggunakan buku kamus yang tebal itu.

Ya, hal ini menjadi kian mudah berkat keberadaan aplikasi smartphone yang dibuat oleh developer kreatif. Dengan adanya aplikasi kamus bahasa inggris, mencari kosakata menjadi lebih cepat dan benar-benar dimudahkan.

YaTekno telah berhasil mengumpulkan 10 aplikasi kamus bahasa inggris terbaik untuk android yang dilengkapi dengan fitur penerjemah kalimat, dan beberapa fitur tambahan lainnya yang bisa membantu kamu dalam belajar bahasa internasional ini. Apa saja? Check this out Guys!

1). Kamus Inggris (Kamusku)

Kamus Inggris (Kamusku)
Aplikasi kamus bahasa inggris yang berada diurutan pertama versi YaTekno adalah Kamusku. Aplikasi android ini digawangi oleh developer lokal yang bermarkas di Bandung, Indonesia. Fitur utama yang tertanam dalam aplikasi ini adalah kamus bahasa inggris ke bahasa indonesia dan sebaliknya yang bisa digunakan secara offline.

Tidak hanya bisa digunakan secara offline, aplikasi ini juga bisa menawarkan fitur Bing Translator yang bisa diakses secara online guna menemukan kosakata beserta artinya yang belum tersedia dalam aplikasi ini.

Urusan tampilan, seperti yang kamu lihat pada screenshot di atas, aplikasi ini didesain dengan dominasi warna merah dan putih yang melambangkan bendera Indonesia.

LINE Kamus Inggris (Offline)
Dari nama aplikasinya kemungkinan besar kamu tentu sudah tahu siapa developer dibalik aplikasi kamus bahasa inggris yang satu ini. Ya, dia adalah LINE yang sangat terkenal dengan aplikasi Free Calls & Messages yang dibuatnya.

Aplikasi android ini hadir lebih dari sekadar fitur kamus bahasa inggris saja, ada juga beberapa fitur tambahan lainnya yang bisa membantu kamu belajar bahasa inggris. Fitur-fitur tersebut yakni conversation, pendiktean, kuis, latihan listening & speaking, dan masih banyak lagi.

Mengenai fitur utamanya, yaitu kamus, aplikasi ini memuat ratusan ribu kosakata beserta artinya yang bisa diakses secara offline. Selain bisa menemukan kosakata, kamu juga bisa menerjemahkan kalimat dengan fitur penerjemah yang ada.

3). Kamus Inggris

Kamus Inggris
Kalau kamu hanya membutuhkan sebuah aplikasi android yang hanya khusus menyuguhkan fitur kamus bahasa inggris ke Indonesia dan sebaliknya serta fitur penerjemah kalimat, maka aplikasi yang dikembangkan oleh developer lokal bernama Andi Unpam (Universitas Pamulang) ini layak kamu andalkan.

Nantinya kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara offline ketika ingin menemukan arti dari kosakata yang kamu cari. Sedangkan untuk menerjemahkan kalimat, kamu perlu menggunakan koneksi internet dalam mengaksesnya.

Kamus offline lengkap
Selain menawarkan fitur kamus bahasa inggris seperti pada aplikasi sejenis lainnya, aplikasi android yang dikembangkan oleh BriXzeN ini menawarkan sejumlah fitur tambahan yang membuatnya berbeda dari yang lainnya.

Kamu nantinya akan menjumpai menu Irregular yang berisikan berbagai kata kerja tak beraturan. Ada juga fitur audio yang bisa dimanfaatkan untuk mendengarkan pengucapan dari kosakata.

Pada fitur penerjemah kalimat, menariknya terdapat fitur smart translation yang bisa menerjemahkan kalimat secara offline. Ada juga penerjemah online sebagai penyempurna ketika fitur smart translation tidak bisa menunjukkan hasilnya.


5). Google Translate

Aplikasi garapan Google ini terus memunculkan inovasi baru demi bisa membantu memudahkan penggunanya dalam menerjemahkan bahasa.

Dibandingankan dulu, performa Google Translate sekarang jauh lebih baik dalam menerjemahkan bahasa. Bukan hanya itu, dari sisi fitur pun juga semakin bertambah.

Fitur tersebut di antaranya adalah Camera Mode yang memungkinkan kamu untuk menerjemahkan bahasa dengan mengambilkan gambar yang berisikan teks, Conversation Mode untuk menerjemahkan percakapan dalam aplikasi chatting, fitur offline untuk menerjemahkan bahasa dan lain sebagainya.

6). Indonesian English Dictionary

Indonesian English Dictionary
Selanjutnya ada aplikasi buatan developer asal Hongkong yang bisa jadi pertimbangan untuk digunakan. Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur tambahan yang menarik, beberapa di antaranya yaitu; keterangan kata beserta contoh kalimatnya, sugesti pencarian kata yang berhubungan, dan fitur umum lainnya.

Urusan tampilan, aplikasi besutan Bravolol ini memiliki desain yang sederhana dan mudah dinavigasi dengan perpaduan warna biru dan putih yang ciamik. Tak hanya itu, dengan semua fitur yang dimilikinya, aplikasi kamus inggris ini bisa dijalankan tanpa koneksi internet.

7). Kamus Offline ENG-IND

Kamus Offline ENG-IND
Aplikasi android ini bekerja layaknya buku kamus bahasa inggris, hanya saja penggunaannya bisa lebih cepat dan mudah. Misalnya ketika kamu mengetikkan huruf "A" pada tombol pencarian maka akan muncul sekumpulan kata yang awali huruf "A".

Bukan hanya itu, ketika kamu mengetikkan kalimat pun maka aplikasi akan langsung menerjemahkannya kata per kata. Di samping itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur Reguler Verb, Irreguler Verb, Tenses yang berisikan (penjelasan, formula, dan contoh kalimatnya).

8). Indonesian-English dictionary

Indonesian-English dictionary
Aplikasi yang dikembangkan oleh ProDict ini tidak hanya digunakan oleh orang Indonesia saja, namun juga orang luar negeri yang tertarik mempelajari bahasa indonesia.

Aplikasi ini mempunyai fitur yang lumayan banyak, di antaranya yaitu; tombol pencarian yang dilengkapi sugesti kata, mengarkan pengucapan dari sebuah kata atau kalimat, dan berbagai fitur umum lainnya.

9). Kamus Bahasa Inggris

Kamus Bahasa Inggris
Aplikasi yang berdiri di bawah naungan PaperPlay Studio ini hadir dengan desain sederhana namun terlihat mewah dan mudah dinavigasi.

Fitur-fiturnya pun tak kalah dengan aplikasi sejenis lainnya, kamu bisa memilih untuk menerjemahkan kata-kata, dan merjemahkan tiap kata dalam satu kalimat. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur umum, seperti sugesti pencarian kata, dapat digunakan secara offline, dan ada fitur untuk mendengarkan pengucapan kata.

10). Kamus Bahasa Inggris

Kamus Bahasa Inggris
Walaupun berada di urutan terakhir, bukan berarti aplikasi android ini tidak bagus. Pada dasarnya semua aplikasi kamus memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang sejenis. Hanya saja mungkin dari sisi fitur dan performanya ada yang ditambahkan sehingga terlihat lebih menonjol dibanding aplikasi lain dikelasnya.

Nah, aplikasi garapan Pring Studio ini berisikan lebih dari 54 ribu kata kata yang mencakup bahasa indonesia dan bahasa inggris. Tak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, terdapat juga fitur sugesti kata yang diselipkan lengkap dengan penjelasan secara detail mengenai kata tersebut.

Lihat juga: 10 Daftar Aplikasi Android Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris

Itulah dia 10 aplikasi kamus bahasa inggris offline terbaik untuk android yang memiliki rating di atas 4 serta review yang baik pula dari pengguna. Silakan pilih satu yang paling cocok untukmu dari segi fitur maupun performa.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment