5 Tips Memilih Power Bank yang Berkualitas Agar Tahan Lama

advertisement
advertisement
Power Bank merupakan sebuah produk elektronik yang memiliki peranan penting terhadap pengguna gadget. Arti dari Power Bank sendiri yaitu Penyimpanan Daya. Yang maksudnya ialah pengguna dapat menyimpan daya listrik kedalam perangkat mungil tersebut untuk digunakan saat gadget yang kita gunakan membutuhkan daya listrik atau charger.

Dengan adanya Power Bank, kita tidak perlu lagi repot untuk mencari colokan listrik saat gadget yang kita miliki sedang dalam keadaan low. Saat ini sendiri Power Bank memiliki bermacam-macam kapasitas baterai, mulai dari 3000 mAh sampai 11000 mAh. Bahkan mungkin ada Power Bank yang memiliki kapasitas puluhan ribu mAh.

PowerBank

Kalau kamu ingin mencari Power Bank yang berkualitas dan tahan lama, maka ada baiknya kamu mengikuti tips berikut ini sebelum membeli Power Bank.

Pilih Power Bank yang Kompatibel dengan Perangkatmu

Sebelum membeli sebuah Power Bank, ada baiknya kamu memperhatikan apakah Power Bank tersebut kompatibel atau cocok dengan gadget yang kita gunakan atau tidak. Biasanya di sebuah box Power Bank saat kamu membeli akan tercantum beberapa perangkat yang kompatibel. Hal ini tentunya penting untuk kita cermati sebelum membeli sebuah Power Bank agar tidak merusak gadget kita.

Pilih Power Bank yang Memiliki Lampu Indikator Baterai

Power Bank yang memiliki petunjuk sisa daya baterai tentunya jauh lebih baik ketimbang yang tidak memilikinya. Mengapa? Karena dengan begitu kita bisa mengetahui sisa daya baterai yang dimiliki oleh Power Bank tersebut. Selain itu, kita juga bisa melakukan pengecasan terhadap Power Bank tersebut dengan waktu yang bisa diduga.

Pilih Power Bank yang Bermerek

Merek dagang dari sebuah produk memang menjadi tolak ukur apakah produk tersebut berkualitas atau tidak. Jika kamu sedang mencari Power Bank bermerek yang berkualitas, maka kamu bisa menentukan pilihan pada Power Bank Sony, Yoobao, Robot, Hippo, dan sebagainya.

Meskipun memiliki harga yang sedikit lebih mahal ketimbang Power Bank pada umumnya, namun kualitas dari Power Bank tersebut sangatlah baik. 

Jangan Tergiur dengan Power Bank Murah

Kebanyakan pengguna gadget saat ini tergiur dengan Power Bank dengan harga murah yang memiliki kapasitas mAh besar. Berdasarkan review dari sebagian pengguna Power Bank yang memiliki kapasitas baterai dengan harga murah, mereka tak puas dengan kinerja Power Bank tersebut. Bagaimana tidak, pasalnya jumlah mAh yang tercantum tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

Jika kamu menemukan sebuah Power Bank dengan jumlah baterai di atas 10.000 mAh seharga dibawah 100 Ribu, lebih baik untuk tidak membeli Power Bank tersebut. Karena biasanya Power Bank tersebut adalah abal-abal dan tidak akan bertahan lama, buruknya lagi malah bisa merusak gadget kamu sendiri lho.

Pilih Power Bank yang Memiliki Keamanan atau Safety Protection

Power Bank yang memiliki safety protection tentu memiliki kualitas yang lebih bagus dibanding yang tidak. Power Bank yang tidak memiliki tingkat keamanan atau perlindungan tentunya akan berdampak fatal terhadap gadget kita. Buruknya lagi, Power Bank tersebut bisa meledak akibat dari tidak adanya proteksi keamanan pada Power Bank tersebut.

Power Bank yang memiliki safety protection di antaranya sebagai berikut:
  • Overcharge Protection: Biasanya Power Bank ternama yang memiliki harga yang lebih mahal memiliki fitur ini. Dimana kamu akan mengetahui saat pengisian baterai terhadap Power Bank tersebut saat sudah penuh. Jika tidak memiliki fitur ini, daya listrik berlebih yang ditampung oleh Power Bank lama kelamaan akan merusak Power Bank itu sendiri.
  • Short Circuit Protection: Jika sebuah Power Bank tidak memiliki proteksi arus pendek, mungkin akan berdampak pada ledakan Power Bank tersebut jika tidak digunakan secara maksimal.
  • Temperature Protection: Jika Power Bank yang kamu miliki memiliki fitur ini, tentu saja akan lebih aman saat sedang digunakan. Dimana proteksi ini akan memberikan keamanan pada Power Bank untuk menjaga suhunya tetap stabil dan tidak cepat panas.

Lihat juga: 10+ Merk Power Bank Terbaik dengan Harga Murah

Itulah dia tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli Power Bank. Sedikit tips jika ingin membeli Power Bank, sebaiknya belilah disebuah toko yang memang menjual gadget atau Power Bank, bukan di pinggiran jalan. Dengan begitu maka kualitas Power Bank tersebut lebih terjamin.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment