Mengatasi "Google Play Services Update Error" Setelah Reboot di Xiaomi Redmi 3

advertisement
advertisement
Google Play Services merupakan sebuah aplikasi sistem buatan google yang membantu agar sistem androidmu dapat menjalankan semua aplikasi yang berkaitan dengan google. Selain itu, Google Play Services atau yang biasa disebut layanan Google Play ini juga membantu meningkatkan kemampuan sistem android.

Jika layanan Google Play tidak terpasang atau diperbaharui di androidmu, mungkin beberapa aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik jika Google Play Services tidak terpasang di perangkat tersebut. Meskipun kegunaan aplikasi tersebut tidak begitu di hiraukan oleh pengguna android, namun sangat jelas bahwa fungsi dari aplikasi tersebut sangat membantu kinerja sistem android.

Beberapa dampak yang akan kamu dapatkan jika tidak meng-update layanan Google Play di antaranya yaitu:
  • Tidak bisa mengakses layanan Google Play Store. Jika kamu membuka Play Store, maka pesan yang akan kamu lihat di layar yakni "Authentication is required. You need to sign into your Google Account". Hal tersebut terjadi karena layanan Google Play di androidmu mengalami crash.
  • Tidak dapat mengakses akun Gmail yang sebelumnya telah di sign-in.
  • Tidak bisa menggunakan layanan Google Play Game. Yang dimana kamu tidak bisa melakukan log-in lebih dari dua akun seperti pada game Clash of Clans, Clash Royale, dan game lainnya yang membutuhkan akses Google Play Games.
  • Dan masih banyak lagi dampak lainnya.

Dengan begitu, maka begitu sangat pentingnya peran dari Google Play Services ini dalam sebuah devices android. Agar kamu tetap bisa nyaman dalam mengakses semua aplikasi besutan google yang membutuhkan akses layanan Google Play, kamu tentunya harus memastikan bahwa aplikasi sistem tersebut selalu ter-update ke versi terbarunya.

Google Play Services Update Error

Belakangan ini, banyak pengguna device Xiaomi yang mengeluhkan masalah Google Play Services yang error atau selalu minta di update setelah melakukan reboot. Yap, masalah tersebut tentu sangat mengganggu kenyamanan kita sebagai pengguna, dimana kita harus selalu meng-update layanan Google Play setiap kali me-restart ponsel.

Nah, disini YaTekno memiliki dua cara yang bisa kamu lakukan agar memulihkan aplikasi sistem penting buatan google itu. Langkah-langkah dibawah ini ini diterapkan pada ponsel Xiaomi Redmi 3

Jika kamu memiliki tipe Xiaomi yang berbeda seperti Redmi 3 Prime, Redmi 2, cara dibawah ini kemungkinan berhasil seperti halnya di Xiaomi Redmi 3.

Cara Pertama: Menghapus cache layanan Google Play

1. Buka pengaturan atau setelan pada perangkat Xiaomimu.
2. Setelah masuk ke menu "Setelan", pilih tulisan "Aplikasi" yang berada tepat dibawah "Apl Sistem".
3. Kemudian pilih tab "Semua", lalu carilah aplikasi "Layanan Google Play".
4. Jika sudah ketemu, langsung saja "Hapus Data" dan juga "Hapus Cache" pada aplikasi tersebut.
5. Setelah itu lakukan restart pada ponsel Xiaomimu. Selesai.

Jika langkah di atas telah kamu lakukan tetapi Google Play Services masih error atau minta di update lagi, maka jalan satu-satunya yakni mengikuti langkah dibawah ini.

Cara Kedua: Mengupdate versi MIUI bawaan ke versi terbaru

Langkah dibawah ini hanya dapat bekerja pada perangkat Xiaomi Redmi 3/Prime, yang mana saya meng-update versi MIUI bawaan atau MIUI Global 7.3 ke versi 8. Jika kamu mempunyai tipe Xiaomi lainnya, silahkan cari versi MIUI terbaru yang sesuai dengan perangkat Xiaomi milikmu.

1. Sebelumnya back-up terlebih dahulu aplikasi atau data-data penting yang ada di Xiaomi kamu. Karena proses update ROM ini akan menghapus seluruh data maupun aplikasi yang ada di perangkatmu.
2. Kemudian, download ROM Developer China untuk Xiaomi Redmi 3/Prime versi terbaru. Berikut link download resminya melalui Xiaomi MIUI Official Forum.
3. Ingat, pilih yang Developer ROM ya, bukan yang Stable ROM.

4. Jika sudah terdownload, pindahkan ROM tersebut kedalam folder Xiaomimu, buat folder downloaded_rom di Internal Memori. Jika belum ada, buat saja folder baru bernama downloaded_rom dan masukkan file yang telah kamu download tadi ke folder tersebut.
5. Langkah selanjutnya yaitu langsung meng-update ROM Xiaomimu. Dengan cara masuk ke Setelan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem > Tap Tombol Titik Tiga > Pilih Choose update package.

6. Setelah itu, cari folder bernama downloaded_rom yang tadi kamu buat, tap file yang ada di dalam folder tersebut. Contohnya seperti gambar berikut ini.

7. Jika kamu sudah menemukan file tersebut, langsung saja tekan OK untuk memulai proses pembaruan ROM Xiaomi Redmi 3.
8. Tunggu hingga beberapa saat, dan Xiaomimu akan melakukan restart sendiri. Tunggu sampai proses flashing/Update ROM selesai.
9. Untuk memastikan kalau proses update ROM Xiaomimu berhasil, silahkan cek melalui Setelan > Tentang Ponsel > cek MIUI Version.
10. Proses update ROM selesai, silahkan update Google Play Services ke versi terbaru melalui Google Play.

Kedua langkah di atas terbukti berhasil, dimana saya kembali bisa mengakses Google Play serta menikmati layanan Google Play Services seperti membuka Gmail, Google Play Game, dan masih banyak lagi. 

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

  1. gan ini semua udah saya lakuin tuh . cuma ko miui nya ga ganti masih ttp 7.3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada beberapa tahap yang terlewat.

      Delete