Rujukan Sebelum Membeli

21 Game Bus Simulator Android Terbaik 2024 Paling Seru!

Saat ini mungkin banyak sekali game simulator yang seru dan menarik untuk dimainkan di Google Play. Game semacam ini jelas memiliki banyak pemikat dibanding jenis game lainnya. Karena biasanya game simulator tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi saat memainkannya, meskipun ada beberapa game di daftar ini yang membutuhkannya.

Sebenarnya jenis game simulator sendiri cukup beragam, seperti simulasi bela diri, simulasi peperangan, simulasi kehidupan, dan lain-lain. Namun simulasi berkendara atau mengendarai bus cukup seru dan mampu memikat para gamers.

Dalam game bus simulator android ini, kita nantinya tak bisa berkendara bus sesuka hati kita. Melainkan ada misi-misi khusus yang harus kita lakukan agar menjadi seorang driver bus yang baik dan benar.

Game seperti ini tentu sangat cocok buat kamu yang ingin menjadi supir bus sungguhan. Dimana kamu bisa berlatih terlebih dahulu dalam game bus simulator android yang dipilih YaTekno ini. Yang pasti, 21 game android ini bakal bikin kamu ketagihan saat memainkannya.

21 Game Bus Simulator Android Terbaik 2024

1. IDBS Bus Simulator

IDBS Bus Simulator

IDBS Bus Simulator adalah sebuah game bus simulator yang menuntutmu untuk menjadi supir bus layaknya sungguhan. Uniknya, map yang ada dalam game buatan IDBS Studio ini merupakan jalur-jalur yang ada di Indonesia, seperti Jakarta, Bekasi, Kerawang, Cikampek, dan masih banyak lagi.

Tak hanya memiliki grafis 3D yang baik, game mengemudikan bus ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap, di antaranya ada klakson telolet, tempat pengisian bensin, mode siang dan malam hari, dan lain-lain.

Buat kamu yang ingin merasakan serunya menjadi seorang driver bus, maka wajib mencoba IDBS Bus Simulator ini.

2. Bus Simulator 2015

Bus Simulator 2015

Jika dilihat dari segi grafis, mungkin Bus Simulator 2015 ini memiliki grafis yang lebih baik dibandingkan IDBS Bus Simulator. Tak hanya itu, game besutan Ovidiu Pop ini juga telah berhasil di unduh sebanyak lebih dari 50 juta kali.

Dalam game bus ini, tugasmu yaitu menjadi seorang supir bus yang dimana nantinya kamu harus menyelesaikan berbagai misi seru, seperti menurunkan penumpang ke sebuah rute.

Untuk memberikan pengalaman mengemudi bus seperti sungguhan, sang developer tentunya meningkatkan kepadatan traffic agar lebih menantang.

3. Bus Driver 3D

Bus Driver 3D

Sesuai dengan namanya, game bus ini memiliki grafis 3D yang terlihat lebih realistis. Tak hanya memiliki grafis yang baik, Bus Driver 3D juga memiliki gameplay yang cukup seru dan menantang.

Dalam game ini, pemain nantinya harus menyelesaikan berbagai misi menarik mulai dari tingkat kesulitan mudah hingga yang paling sulit.

Salah satu misi yang cukup menantang yaitu kamu harus mengantarkan para penumpang dengan cepat sebelum time-out. Tapi ingat, kamu juga harus mematuhi lalu lintas dan mengutamakan keselamatan para penumpang yah.

4. Offroad Tourist Bus Driver

Offroad Tourist Bus Driver

Berbeda dengan game simulator bus android lainnya, dalam Offroad Tourist Bus Driver ini pemain akan merasakan pengalaman mengemudi yang lebih menantang dan sulit. Bagaimana tidak, pasalnya kamu harus mengantarkan turis penumpang dari kota menuju ke bukit dengan jalur yang terjal.

Tak hanya itu, Terminator Game Productions juga memberikan tantangan seru untukmu, yang dimana kamu harus mengantarkan penumpang sebelum waktu yang ditetapkan habis. Meskipun memiliki misi yang cukup sulit, pemain nantinya akan dimanjakan dengan kontrol mengemudi yang sangat realistis.

5. Public Transport Simulator

Public Transport Simulator

Dalam Public Transport Simulator, pemain akan di tantang untuk menjadi seorang supir bus yang handal. Tak hanya mengendarai bus saja, kamu nantinya juga bisa mengendarai mobil Van dan juga Taxi. Sama seperti game bus lainnya, dalam game buatan SkisoSoft ini kamu pun harus mengantar para penumpang ke sebuah tempat tujuan.

Selain itu, kamu juga harus mengikuti peraturan lalu lintas hingga menjamin keselamatan para penumpang. Serunya lagi, game ini dilengkapi dengan fitur leaderboards, dimana kamu bisa mengukur kemampuan mengemudimu dengan players lain.

6. Driving School 2016

Driving School 2016

Driving School 2016 merupakan sebuah game simulasi kendaraan yang dimana kamu harus belajar berkendara dengan baik dan benar hingga mahir. Dalam game buatan Ovidiu Pop, kamu nantinya dapat memilih jenis kendaraan yang kamu sukai, seperti bus, sedan, ataupun truck.

Tak hanya memiliki sajian grafis yang sangat baik, game ini juga dilengkapi dengan game-play yang cukup realistis. Dimana pemain juga akan merasakan berkendara dalam traffic ataupun lingkungan yang padat.

Sayangnya, untuk memainkan game android ini kamu membutuhkan spesifikasi android yang memumpuni. Kamu setidaknya harus memiliki RAM 1GB dengan processor Quad-Core. Dengan begitu maka permainan akan berjalan dengan mulus tanpa lag.

7. Bus Simulator 2016

Jika kamu sedang mencari game bus terbaik tahun ini, maka game Bus Simulator 2016 ini wajib kamu pertimbangkan. Tak hanya memiliki grafis 3D yang indah, game simulasi buatan High Octane Games ini juga memiliki tingkat kesulitan yang lumayan menantang.

Dimana nantinya pemain harus mengendarai bus disebuah rute yang cukup sulit, yakni disebuah gurun yang disekelilingnya terdapat jurang.

Nah, tentu saja kamu harus mahir dalam mengendarai bus, mulai dari menyetir, mengegas, dan juga mengerem. Sang developer rencananya juga ingin menambah mode multiplayer nantinya, yang pasti bakalan lebih seru deh.

8. Coach Bus Simulator

Coach Bus Simulator

Awalnya Coach Bus Simulator memang dikembangkan untuk pengguna iOS saja. Namun begitu dikembangkan untuk android, game bus simulator android ini mampu memikat para gamers.

Sesuai dengan namanya, disini kamu akan dilatih menjadi seorang supir bus yang handal, mulai dari mengangkut penumpang, memarkir bus, dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat dua mode pilihan yang bisa kamu mainkan, yakni mode offline atau multiplayer yang dimana kamu bisa bermain bersama teman-temanmu.

Tak hanya memiliki grafis dan fitur yang cukup baik, misi-misi yang ada dalam game ini juga cukup seru dan menantang yang bakal bikin kamu ketagihan ketika memainkannya.

9. Supir Bus Dr. Panda

Supir Bus Dr. Panda

Jika dilihat dari segi interface, mungkin game Supir Bus Dr. Panda ini lebih cocok untuk dimainkan oleh anak-anak. Pasalnya dalam game buatan Dr. Panda Ltd ini kamu tidak menjemput rombongan orang, melainkan menjemput hewan-hewan yang lucu dan menggemaskan.

Peranmu dalam game ini tentu menjadi seorang supir bus yang merupakan hewan panda. Tugas-tugas yang akan kamu lakukan nanti tentu saja mengantar penumpang binatang yang lucu kemanapun mereka pergi.

Selain itu, game ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik, seperti pengisian bensin, pencucian mobil, dan masih banyak lagi.

Dengan sajian grafis kartun yang imut dan lucu, biasanya game seperti ini disukai oleh anak-anak. Nah, jika kamu mempunyai anak berumur 3 hingga 7 tahun, cobalah suguhkan game ini padanya. Dijamin ia akan senang saat memainkannya.

Lihat juga: Daftar Game Mobil Android Terbaik

10. Bus Simulator Indonesia

Bus Simulator IndonesiaBus Simulator Indonesia alias BUSSID merupakan game bus yang menyajikan gameplay bernuansa tanah air. Yap, nantinya kamu akan menemui lingkungan dan kota-kota asli di Indonesia.

Kerennya lagi, bus yang kamu kendarai nanti juga dilengkapi dengan klakson telolet lho. Dijamin seru deh!

11. Schoolbus Driver 3D SIM

Schoolbus Driver 3D SIMSesuai dengan namanya, dalam game bus simulator yang satu ini kamu akan berperan sebagai supir bus yang dikhususkan untuk mengantar jemput anak sekolah.

Meski terdengar mudah, Schoolbus Driver 3D SIM ini mempunyai tantangan yang cukup seru lho, mulai dari berjalan dengan kecepatan tidak kurang dari 15 km/jam, berhenti di tempat halte bus secara tepat, dan lain-lain.

12. SMA Bus Driving 3D

SMA Bus Driving 3DDari segi lingkungan, SMA Bus Driving tentu tidak jauh berbeda dimana ia juga menyajikan konsep lingkungan disekitar sekolahan. Selain dilengkapi dengan grafis HD serta lingkungan bernuansa 3D, game ini juga memiliki nilau ‘plus‘ dari segi kontrol bus yang mudah dikendalikan.

13. Bus Driver 3D: Hill Station

Bus Driver 3D: Hill StationBosan dengan game bus simulator android yang menyajikan lingkungan perkotaan? Mungkin kamu bisa menjajal Bus Driver 3D: Hill Station yang siap memanjakanmu dengan pemandangan perbukitan yang indah.

Karena lingkungan yang kurang bergitu bersahabat, tentu kamu harus berhati-hati dalam berakselerasi. Untuk itu, kamu perlu meng-upgrade bos favoritmu agar performanya lebih baik, mulai dari engine hingga health.

14. Coach Bus Simulator Driving 2

Coach Bus Simulator Driving 2Ingin menjadi seorang pengemudi bus sungguhan? Jika iya, maka sebelumnya kamu harus berlatih menjadi seorang supir bus yang baik dan benar dengan memainkan game Coach Bus Simulator Driving 2.

Sesuai dengan namanya, game ini akan mengajarkanmu bagaimana menjadi seorang supir bus yang benar, mulai dari cara pengereman, menurunkan penumpang, parkir, dan lain-lain. Jika kamu berhasil menyelesaikan misi pertama, kamu berhak lanjut ke misi berikutnya yang tentunya akan lebih sulit dan menantang.

15. Off Road Tour Coach Bus Driver

Off Road Tour Coach Bus DriverMemiliki tujuan yang sama seperti game bus sebelumnya, hanya saja Offroad Tour Coach Bus Driver menyajikan nuansa lingkungan yang berbeda dengan suguhan pemandangan bukit dan pepohonan yang indah.

16. Bus Simulator 17

Bus Simulator 17Bus Simulator 17 menjadi salah satu game bus simulator terbaik karena memiliki grafis berkualitas HD. Dalam mode mengemudi 3D, kamu akan benar-benar merasakan seperti menjalankan bus sungguhan, lengkap dengan sederet interior dalam bus.

Telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna android di berbagai penjuru dunia, game ini tentu sangat direkomendasikan sekali bagi kamu yang suka bermain game simulasi. Terlebih, Ovidiu Pop selaku pengembang game ini juga selalu berhasil menghipnotis jutaan gamers melalui game simulasi buatannya, termasuk Bus Simulator 17 ini.

17. ES Bus Simulator Id

ES Bus Simulator IdLagi cari game bus simulator Indonesia? Tentu saja ES Bus Simulator Id merupakan sebuah pilihan yang tepat untuk kamu mainkan. Untuk mode kameranya, ESProjetc membekalinya dengan 3 buah pilihan, yakni dari dashboard, belakang, dan samping.

18. City Bus Simulator 3D 2018

City Bus Simulator 3D 2018Untuk memuaskan hasrat para gamer, terkhusus yang suka memainkan game simulator bus di android, Game Wheel selaku pengembang game City Bus Simulator 3D 2018 ini menghadirkan sebuah game yang begitu amat spesial dikalangan bis mania.

Selain memiliki kualitas grafis HD serta view 3D yang sangat memukau, game ini juga siap membuatmu merasakan menjadi seorang supir bis sungguhan karena dilengkapi dengan kendaraan-kendaraan yang berlalu-lalang di lalu lintas. So, kamu tentu tetap harus berhati-hati sepanjang perjalanan.

Jika kamu tidak sengaja menabrak kendaraan disekitar, game ini akan memberikan kesan kerusakan visual yang sangat realistis. Meski begitu, kamu tetap harus menjadi seorang supir bus yang baik, yakni dengan menghindari kecelakaan agar penumpang selamat sampai tujuan.

19. Army Bus Driver Transport Soldiers

Army Bus Driver Transport SoldiersSesuai dengan namanya, game bus simulator yang satu ini menyajikan konsep lingkungan disekitaran markas tentara. Peranmu dalam game ini yakni sebagai seorang supir bis tentara yang ditugaskan untuk mengantarkan para tentara, dari pos satu ke pos lain.

Yang membuat game ini cukup menarik tentu saja karena aktifitas di lingkungan sekitarnya. Dimana kamu akan melihat betapa memukaunya situasi di dalam camp tentara, mulai dari adanya tower penjaga, para tentara yang lalu lalang, portal, dan lain-lain.

20. IDBS Simulator Bus Lintas Sumatera

IDBS Simulator Bus Lintas SumateraSukses dengan game IDBS Simulator, sang developer asal Indonesia kembali meluncurkan sebuah game bus simulator Indonesia, yaitu IDBS Simulator Bus Lintas Sumatera.

Adapun fitur-fitur menarik yang nantinya akan memanjakanmu selama perjalanan, mulai dari belokang kelok 9, sajian visual sunset dan sunrise yang indah, MP3 Player, Isi BBM, dan masih banyak lagi.

21. ES Bus Simulator ID 2

ES Bus Simulator ID 2
Meski masih dalam tahap pengembangan, ES Bus Simulator ID 2 berhasil memikat jutaan pemainterkhusus bagi mereka yang menyukai game simulasi.

Beberapa fitur yang akan kamu rasakan nanti diantaranya yaitu; upgrade bus, mode mengemudi 3D, penggantian cuaca, strobo, trafik kendaraan, dan masih banyak lagi.

Lihat juga: Rekomendasi Game Simulasi Android Terbaik

Penutup

Itulah 21 game bus simulator android terbaik yang bisa dimainkan secara offline ataupun online. Deretan game bus di atas tentu saja merupakan yang terbaik berdasarkan rating maupun review para gamers di Google Play. 

Tentang Penulis

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YATEKNO yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Instagram