Rujukan Sebelum Membeli

Top 7 Game Catur Terbaik untuk Android (Offline & Online)

Catur merupakan sebuah permainan strategi yang menuntut pemainnya untuk melakukan taktik, kecerdasan, keterampilan, ataupun hal lainnya. Di zaman yang serba modern seperti saat ini, papan catur mungkin jarang terlihat lagi seperti dahulu kala.

Bagaimana tidak, pasalnya permainan catur dapat dengan mudah kita mainkan melalui smartphone kapanpun dan dimanapun. Sama halnya dengan catur sungguhan, dimana permainan catur yang ada di smartphone juga memiliki tata cara permainan yang sama.

Yang menjadi pembeda yaitu permainan catur yang biasa kita mainkan pada mobile games dibekali dengan fitur-fitur canggih, seperti GUI Books, tutorial, hingga pemilihan tingkat kesulitan. Tentu hal tersebut sangat berguna bagi kamu yang masih pemula dalam bermain catur.

Dimana kamu bisa mengasah kemampuan bermain caturmu melawan bots sebelum terjun langsung melawan orang lain. Yang menjadi permainan catur mobile cukup digemari salah satunya yakni karena adanya fitur multiplayer atau bermain secara online melawan orang lain.

Penasaran apa saja game catur untuk android yang terbaik? Mari simak dalam pembahasan berikut ini…

1. Chess Free

Chess Free
Game catur terbaik di urutan pertama yakni Chess Free. Kalau kamu pengen ngasah kemampuan bermain caturmu agar lebih jago, maka game buatan AI Factory Limited ini adalah pilihan yang tepat. Dalam permainan catur ini, kamu bisa memilih 12 tingkat kesulitan dalam bermain melawan bots, mulai dari level termudah hingga yang paling sulit.

Selain itu, kamu juga nantinya akan di ajarkan atau diberi tahu dikala langkah yang kamu gunakan salah. Tentu saja hal tersebut sangat berguna dalam hal pembelajaran dalam menghindari kesalahan sederhana. 

Terdapat pula berbagai macam fitur yang tak kalah pentingnya, mulai dari game timer, tutorial, dan masih banyak lagi. Ayo mainkan game catur ini di androidmu dan dapatkan skor tertinggi agar namamu terpampang di leaderboards!

2. Chess Live

Chess Live
Sesuai dengan namanya, Chess Live memang dirancang sebagai permainan catur untuk dimainkan dalam mode online atau multiplayer yang sempurna. Selain tersedia mode online, pemain juga bisa mengasah kemampuan bermain caturnya dengan melawan bots dengan berbagai tingkatan level.

Permainan catur besutan Italy Live ini menyediakan 2 jenis graphics icon catur, yakni 3D dan 2D. Dalam mode online, kamu ternyata juga bisa mengundang temanmu dengan memasukkan username melalui fitur pencarian chess with friend lho. 

Tak hanya memiliki grafis yang sempurna, game catur ini juga diperkaya dengan suara-suara catur yang fantastis. Dijamin kamu bakalan betah berlama-lama memainkan game ini deh.

3. Real Chess

Real Chess
Sedikit berbeda dengan game catur lainnya, dimana Real Chess menyajikan pengalaman bermain catur dengan suasana klasik. Dengan memiliki keunggulan grafis 3D yang cukup real, tentu saja permainan catur ini akan sangat asik jika dimainkan dengan players dari seluruh dunia.

Serunya lagi, saat kamu sedang bertanding melawan players lain, kamu juga dapat berinteraksi langsung dengannya. Selain memiliki grafis dengan papan 3D, permainan catur ini juga memiliki varian papan catur 2D yang bisa kamu pilih sesukanya. 

4. Chess for Android

Chess for Android
Meskipun hanya memiliki grafis 2D saja, game catur bernama Chess for Android ini ternyata diperkaya dengan berbagai fitur menarik, salah satunya yaitu GUI Book. Yang dimana saat kamu menggerakkan buah catur milikmu, maka langkah yang kamu lakukan akan langsung tertulis di bawah papan catur.

Selain itu, terdapat pula tombol navigasi yang cukup berguna dalam menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh pemain. Hal ini tentu membuat kita agar lebih hati-hati lagi dalam menggerakkan buah catur.


5. Chess Master

Chess Master
Chess Master bukan berarti permainan catur ini dimainkan oleh para master catur, melainkan hanya sebuah nama saja. Sama seperti game catur sebelum-sebelumnya, dimana kamu dapat menentukan pilihan dari berbagai tingkat kesulitan melawan bots.

Yang menjadi permainan catur buatan mobirix ini istimewa yakni dibekali dengan turnamen. Yang nantinya kamu dapat bertarung melawan players lain diseluruh dunia. Nah, hadiah yang kamu dapatkan tentu saja berupa coins yang berlimpah dan masih banyak lagi.

6. World Chess Championship

World Chess Championship
Memiliki tampilan yang sederhana bukan berarti Wolrd Chess Championship ini permainan catur yang kurang baik. Buktinya saja jutaan orang telah bergabung dengan players lainnya diseluruh dunia untuk beradu kemampuan.

Permainan catur yang satu ini memang dirancang agar pemain dapat menikmati permainan caturnya dengan players lain secara online. Tentu saja fitur-fitur yang tersedia sangat detail, seperti peringkat, kemenangan, jumlah seri dan kalah, dan masih banyak lagi. Berani mengadu kemampuan bermain caturmu? Coba sekarang juga!

7. Battle Chess 3D

 Battle Chess 3D
Battle Chess 3D memang bukan merupakan sungguhan, melainkan sebuah permainan catur yang di desian sedemikian rupa dengan buah catur menyerupai humanoid. Untuk menambah kesan yang lebih seru, GS GAMES menambahkan berbagai macam animasi keren ketika buah catur yang kamu gerakkan di papan catur berjalan atau memakan musuhnya.

Karakter-karakter yang terdapat dalam game ini di antaranya yaitu Barbarian, Dwarf, Skeleton, Orc, dan Spartan. Selain itu, kamu juga bisa memilih 3 macam tingkat kesulitan yang berbeda. Lebih seru lagi jika kamu memainkannya dalam mode multiplayer bersama teman atau players lain diseluruh dunia.

Dari ketujuh game catur terbaik untuk android di atas, kamu lebih suka yang mana? Hmm, pastinya kamu bingung kan buat milih gamenya. Yang jelas, semua game tersebut bakal bikin kamu jago dalam bermain catur nantinya. Happy Gaming!

Tentang Penulis

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YATEKNO yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Instagram