Deretan 12 Game Android Mirip COC yang Paling Seru

advertisement
advertisement
Clash of Clans atau yang kerap disapa COC merupakan game strategi terlaris yang digarap oleh Supercell. Kemunculannya pada 2 Agustus 2012 di iOS, lalu disusul 7 Oktober 2013 di platform Android telah membuat para gamers kegirangan hingga sekarang.

Di Google play, bisa kita lihat saat ini jumlah data pemasangannya sudah mencapai 500 juta. Hebatnya, dari tahun ke tahun hingga COC masih eksis menduduki jajaran game android terlaris.

Karena kesuksesannya itu, banyak developer yang mencoba peruntungannya dengan membuat game yang gameplaynya mirip COC dengan harapan bisa mengikuti jejak kesuksesannya.

Ada beberapa game yang menjadi pesaing COC yang gameplaynya tidak kalah seru sehingga bisa menjadi alternatif saat sedang bosan memainkan COC. Apa saja judul game tersebut? Mari kita lihat dalam pembahasan di bawah ini...

1). Transformers: Earth Wars

Transformers: Earth Wars
Setelah cukup banyak game android yang sudah lebih dulu hadir terinspirasi dari COC, kini giliran Transformers: Earth Wars yang dirilis di tahun 2016 muncul meramaikan daftar game strategi ala Clash of Clans yang begitu banyak digemari gamers.

Game yang diterbitkan oleh Backflip Studios ini sepertinya ingin memberikan angin segar kepada gamers pecinta genre strategi yang sudah familiar dengan COC. Hal ini dikarenakan Transformers: Earth Wars digarap dengan memunculkan beragam karakter robot Transformers yang penuh aksi tembak-menembak.

Nantinya kamu akan memilih untuk berpihak kepada sekumpulan robot Autobot ataukah Decepticon untuk kemudian bertempur beradu strategi terbaik demi memenangkan pertempuran antar robot.

Tertarik dengan alur cerita game robot Transformers ini? Segera coba mainkan! :)

2). Plunder Pirates (sudah tidak tersedia di Indonesia)

Plunder Pirates
Plunder Pirates adalah game bergenre Real Time Strategy yang mengusung tema bajak laut. Rovio Stars selaku pengembang, menggarap game ini dengan bangunan-bangunan yang ada mirip dengan COC.

Tujuan utamamu dalam game ini adalah menjadi pemimpin kawanan bajak laut dalam menjelajahi lautan samudra dengan tujuan untuk mencari harta karun sekaligus mengalahkan sekumpulan bajak laut lainnya.

Walaupun gameplaynya mirip COC, Plunder Pirates mempunyai kelebihan lain yakni dari sisi grafis yang sedap dipandang.

3). Clash of Lords 2

Clash of Lords 2
Clash of Lords 2 adalah game yang sudah sejak lama diperbincangkan oleh para gamers karena menurut mereka gameplay yang disajikan terasa mirip COC. Clash of Lords sendiri mempunyai 2 versi, yakni 1 dan 2. Dalam COL 2, game ini hadir dengan banyak keunggulan dibanding versi pertamanya.

Urusan grafis dan backsound, COL 2 digarap dengan grafis yang apik serta musik yang enak didengar. Hal ini terbukti dari rating 4.5 dan review positif yang dicapainya di Google Play. So, bagi kamu penggemar genre RTS, game besutan IGG.COM ini layak kamu coba.

4). The Horus Heresy: Drop Assault

The Horus Heresy: Drop Assault
Dalam The Horus Heresy: Drop Assault kamu akan dibawa ke dalam sebuah cerita tentang pertempuran antar sesama pasukan angkatan udara yang terjadi diluar angkasa yang disebut Space Marine. Padahal, mereka itu awalnya dulu sempat bekerja sama berjuang menyelesaikan perseteruan.

Nantinya, pemain akan diberikan pilihan untuk memilih apakah masih ingin setia berpihak kepada Emperor ataukah malah justru berkhianat lalu memihak kepada musuh yakni Warmaster Horus.

5). Castle Clash: Rise of Beasts

Castle Clash: Rise of Beasts
Game yang mirip COC berikutnya ini kemungkinan besar kamu sudah mengetahuinya, dia adalah Castle Clash yang sudah diinstalls hampir 100 juta kali. Sang developer dibalik suksesnya Castle Clash adalah IGG.COM yang juga kreator dari COL 2 yang sudah dibahas pada poin ke-3 di atas.

Castle Clash adalah game yang menggabungkan elemen simulasi dan strategi. Banyak yang mengira COC lah yang meniru Castle Clash. Namun, yang perlu diperhatikan adalah COC lebih dulu hadir di platform iOS (2 Agustus 2012) sebelum kemunculan Castle Clash di Android (15 November 2013).

6). Empires and Allies

Empires and Allies
Zynga selaku pengembang game Empires and Allies, rasanya sudah tidak lagi asing di telinga kita, para gamers. Ya.. sebelum masuk ke ranah mobile, Zynga memang sudah lebih dulu hadir meramaikan game-game Facebook, seperti misalnya FarmVille yang sudah cukup terkenal.

Dalam Empires and Allies, tugasmu adalah memimpin kawanan tentara yang telah dibekali berbagai senjata lengkap seperti; tank, roket, bom nuklir, dan sebagainya yang bisa digunakan secara maksimal untuk mengalahkan musuh.

7). Rival Kingdoms

Rival Kingdoms
Kepopuleran COC yang begitu hebat hingga saat ini, tak bisa dipungkiri telah memberikan inspirasi kepada developer lain untuk membuat game dengan gameplay yang mirip dengan game buatan Supercell itu.

Rival Kingdoms yang berdiri di bawah naungan Space Ape adalah salah satunya game yang mencoba mengikuti jejak kesuksesan COC. Namun, dalam Rival Kingdoms karakter serta gambar lainnya dibuat dengan desain yang lebih realistis, bukan kartun.

Tugasmu di sini adalah awalnya harus membangun markas dan lalu merancang strategi terbaik untuk dapat menghancurkan musuh.

8). Samurai Siege: Alliance Wars

Samurai Siege: Alliance Wars
Samurai Siege (SS) adalah game strategi dari Space Ape yang bisa dibilang sudah sejak lama ikut meramaikan deretan game mirip COC. Game ini mengambil tema petempuran dengan gaya karakter khas Jepang. Ya, yang menarik di sini adalah berbagai karakternya yang bergaya seperti Ninja.

Dalam game bertemakan Ninja ini kamu akan menjadi pemimpin pasukanmu sendiri. Tugasmu utamamu adalah membangun desa dengan benteng pertahanan yang kuat serta meningkatkan kekuatan pasukanmu agar bisa kuat melawan pihak musuh.

9). Call of Duty®: Heroes

Call of Duty®: Heroes
Kalau biasanya kamu memainkan game Call of Duty dengan gaya FPS yang penuh adegan tembak-menembak yang lebih realistis, dalam Call of Duty: Heroes kamu akan merasakan hal yang sangat berbeda.

Hal ini dikarenakan terdapat elemen action dan strategi yang tergabung menjadi satu. Dalam game tembak-tembakan ini tugas utamamu nantinya adalah membangun benteng pertahanan dan melatih pasukan tentara.

Selain itu, tentunya kamu akan bertempur melawan musuh berbekal strategi yang kamu punya serta senjata yang telah disediakan.

10). Star Wars™: Commander

Star Wars™: Commander
Bagi penggemar Star Wars, kemunculan game strategi Star Wars: Commander yang diterbitkan oleh Disney mungkin adalah hal baru dan tentunya menggembirakan. Dalam game ini, gameplay yang ditawarkan adalah mirip dengan COC yang sudah populer itu.

Alur permainan yang akan kamu lalui yakni membangun serta mengatur base yang kamu miliki dan lalu menyerbu musuh.

11). Siegefall

Siegefall
Siegefall adalah game buatan Gameloft yang hadir dengan genre Real Time Strategy. Berbeda dengan game strategi ala COC pada umumnya, Siegefall memiliki keunikan karena menyajikan fitur kartu magic di dalamnya. Kartu sihir tersebut nantinya bisa membantumu dalam memenangkan pertempuran.

Dibandingkan dengan Clash of ClansSiegefall memiliki kualitas grafis grafis yang lebih baik. Sedangkan audionya, efek suara yang terdengar saat berperang juga terasa harmonis dengan visual yang terlihat.

12). DomiNations

Selanjutnya ada game strategi garapan Nexon berjudul DomiNations yang hadir meramaikan daftar game mirip COC. Game ini dianggap mirip COC karena memiliki fitur yang sama namun dengan istilah atau nama yang berbeda.

Misalnya saja, Town Center yang di COC dikenal dengan nama Town Hall, lalu Peace Treaty yang dikenal dengan Shield, dan lain-lain. Sedangkan urusan grafis, game ini hadir dengan grafis yang lebih realistis dibanding COC.

Lihat juga: 16 Game Android Mirip Dota yang Ternyata Keren Juga

Ya.. itulah dia 12 game android mirip COC karena memiliki gameplay yang tidak jauh beda. Keseluruhan game di atas memang mewajibkan pemainnya menggunakan koneksi internet saat memainkannya. Namun, kalau kamu punya referensi game ala COC lainnya yang bisa dimainkan secara offline, silakan beri tahu kami lewat kolom komentar, ya. Happy gaming!

MAU CASING HP DENGAN GAMBAR SESUKAMU?

BISA REQUEST SESUAI SELERA

  • Bisa pakai foto dari kamu
  • Bisa ditulis nama kamu
  • Bisa pakai desain sendiri
  • Bisa pakai gambar apapun yang kamu mau...

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment