Nih, 10+ Game Asah Otak Terbaik untuk Android yang Bikin Nagih

advertisement
advertisement
Dalam mencari sebuah game, sebaiknya kamu tak hanya memilih game tersebut dari tingkat keseruan atau grafisnya saja. Pasalnya kamu juga harus mencari game-game yang dapat mengasah otakmu untuk dapat berfikir dalam menyelesaikan tantangan yang ada, seperti yang ada pada game puzzle misalnya.

Tidak seperti genre game lainnya, dimana game asah otak di android kebanyakan memiliki bobot yang ringan dan tidak membutuhkan spesifikasi besar untuk memainkannya. Meskipun begitu, game android ringan tersebut juga tak kalah kualitasnya dengan game besar yang memiliki ukuran babon.

Disamping itu, game asah otak ini nantinya juga sangat cocok untuk dimainkan dalam waktu luang. Pasalnya pemain akan merasa terhibur dalam menyelesaikan berbagai tantangan yang ada. Di Google Play sendiri, ada banyak sekali game asah otak yang memiliki mode permainan yang berbeda-beda.

Nah, kalau kamu sedang mencari game yang berkualitas, maka 11 pilihan game asah otak terbaik android di bawah ini wajib kamu mainkan. Penasaran apa saja judulnya? Ini dia pembahasannya.

1. Tebak Gambar

Tebak Gambar
Tebak Gambar merupakan sebuah game asah otak ringan yang akan menguji imajinasi, logika, serta nalarmu untuk berfikir dalam memecahkan teka-teki dalam menebak sebuah gambar. Game ini memang dirancang dengan sebaik mungkin dalam menyajikan kumpulan gambar sedemikian rupa dengan berbagai tingkat kesulitan.

Jika pemain bisa menebak satu buah gambar yang ada, otomatis pemain tersebut menjadi addictive untuk mencoba menebak gambar selanjutnya. Dalam game ini, pemain juga dipacu untuk menyelesaikan setiap soal yang ada yang dibisah menjadi beberapa level. 

Di setiap akhir levelnya, akan ada tantangan soal yang mengharuskan pemain untuk menebak gambar sebelum waktu yang ditetapkan berakhir. Jika kamu berhasil mengalahkan raja atau tantangan soal terakhir, maka kamu berhak naik ke level selanjutnya. Merasa tertantang untuk mencobanya? Mainkan sekarang juga!


2. Duel Otak

Duel Otak
Selain game Tebak Gambar, nama Duel Otak juga menjadi alternatif bagi ia yang ingin mencari hiburan sekaligus mengasah kemampuan otak setiap pemainnya. Game buatan FEO Media AB ini mengharuskanmu untuk menjawab berbagai soal yang ada dengan tepat untuk meraih skor yang maksimal.

Sesuai dengan namanya, dalam game ini kamu akan berhadapan langsung dengan jutaan pemain dalam beradu otak untuk membuktikan siapa yang lebih pintar. Soal-soal yang tersedia dalam game ini juga cukup banyak, yakni lebih dari 30.000+ soal umum maupun bergambar yang dibuat oleh tim Duel Otak maupun para pemain.

Jika kamu ingin mengajak temanmu bertanding, kamu cukup memasukkan nickname temanmu dalam  fitur pencarian teman. Pada intinya, siapa yang memiliki nilai unggul dalam menjawab soal-soal yang ada selama 6 rounde, maka dialah pemenangnya.

3. Teka Teki Silang

Teka Teki Silang
Teka Teki Silang atau yang sering disingkat sebagai TTS merupakan sebuah permainan asah otak ringan yang menguji kemampuan kita dalam mengisi ruang-ruang kosong untuk membentuk sebuah kata. Petunjuk permainan TTS biasanya terbagi dalam dua kategori, yakni mendatar dan menurun.

Ukuran kotak yang ada dalam permainan ini bisa kamu sesuaikan sendiri, mulai dari 3x3 hingga 25x25. Semakin banyak kotak yang kamu tetapkan, semakin sulit pula tantangan yang akan kamu dapatkan dalam mengisi kolom kosong yang ada.

Selain itu, Berni Mobile juga memberikan tiga tingkat kesulitan, mulai dari mudah, sedang, dan sulit. Selain dapat mengasah otak setiap pemainnya, game ini juga sangat cocok sebagai pengisi waktu luang.

4. Cari Kata

Cari Kata
Sesuai dengan namanya, game Cari Kata mengharuskan kamu untuk mencari sebuah kata yang tepat sesuai dengan kategori yang telah ditentukan. Nah, biasanya kata tersebut dapat ditemukan dalam bentuk mendatar, menyilang, dan menurun. Pemain tentunya harus teliti dalam mencari sekumpulan kata yang ada dalam layar untuk dapat menyelesaikan tantangan.

Agar pemain tak mudah bosan, Okto Mobile menyajikan puluhan kategori berbeda, mulai dari alat musik, anggota tubuh, dan masih banyak lainnya. Selain itu, terdapat pula difficulty atau tingkat kesulitan yang bisa kamu pilih, yakni easy, normal, dan hard. Cobalah dari level termudah dahulu sebelum kamu memainkannya di level tersulit agar tak mudah bosan.

5. 2048

2048: Puzzle Games
2048 merupakan sebuah game puzzle sederhana yang akan menguji kemampuan berfikirmu dalam memecahkan teka-teki yang ada. Dimana pemain harus memindahkan empat kotak dari satu sisi ke sisi lain untuk mendapatkan nilai sebanyak mungkin.

Dengan peraturan permainan yang mudah dipahami, pemain sebenarnya hanya harus mendapatkan poin sebanyak mungkin dengan menggabungkan kotak-kotak yang ada hingga nilainya mencapai 2048 poin. Untuk mencapai nilai tersebut, tentu merupakan hal sulit dan menjadi tantangan tersendiri bagi para pemain.

6. Sudoku

Sudoku
Sudoku merupakan sebuah permainan teka-teki angka yang cukup legendaris dan populer di dunia. Pemain harus mampu dalam menempatkan angka 1 sampai 9 di setiap baris, kolom dan blok bujursangkar 3x3. Selain itu, kamu juga tidak boleh menaruh angka yang sama di setiap barisnya.

Untuk menyelesaikan tantangan yang ada, memang dibutuhkan konsentrasi serta pemikiran yang matang dalam menempatkan setiap angka yang ada. Sedikit tips agar mudah dalam memainkannya, yakni kamu harus memulai dengan kotak, lalu dengan baris, lalu kolom.

Selain itu, hal yang dibutuhkan dalam memainkan game ini di antaranya yaitu waktu, kesabaran, logika, serta alat tulis seperti penghapus dan pensil. Di level termudah, biasanya pemain membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit lamanya. Game asah otak ini benar-benar akan mengasah otakmu disetiap detiknya. Nggak percaya?

7. Unblock Me

Unblock Me
Tak serumit seperti permainan Sudoku, dimana Unblock Me bisa dimainkan secara santai dan tidak membutuhkan pikiran serumit saat kamu memecahkan puzzle dalam menempatkan setiap angka-angka. Pasalnya pemain hanya perlu menggeser bagian blok yang menghalang agar blok berwarna merah bisa keluar dari papan.

Semakin dikit pergeseran papan yang kamu lakukan, maka skor yang kamu raih akan semakin tinggi pastinya. Ternyata kamu juga bisa battle lawan temanmu loh untuk bertarung siapa yang lebih cepat dalam menyelesaikan tantangan.

8. Best IQ Test

Best IQ Test
Dalam game Best IQ Test ini, pemain dituntut untuk menyelesaikan sebuah teka-teki misterius yang terdiri dari 5 tingkat kesulitan yang berbeda. Game ini memang dirancang sebaik mungkin dalam menyajikan teka-teki atau puzzle yang membutuhkan pemikiran otak untuk menyelesaikannya.

Nantinya, kamu dapat mengetahui berapa IQ yang kamu miliki dalam pengetesan melalui game ini. Jika kamu mampu mengalahkan IQ Albert Einstein atau 160 IQ, maka kamu termasuk orang yang jenius. Tertantang untuk mencobanya? Mainkan sekarang juga!

9. Flow Free

Flow Free
Game bernama Flow Free terbilang susah-susah gampang, dimana kita harus menghubungkan dua titik dengan warna yang sama berupa garis lurus seperti membuat sebuah jalur. Terdapat beberapa pasang titik dengan warna berbeda yang harus diselesaikan oleh para pemain. 

Terdapat dua tipe permainan, yakni free play dan time trial. Jika kamu ingin bermain secara santai, maka pilihlah mode free play. Karena pada mode time trial kamu harus menyelesaikan puzzle yang ada sebelum waktu yang ditetapkan berakhir.

Tantangan terbesar dalam permainan ini adalah jika kamu melakukan pergeseran secara sembarangan. Karena hal tersebut akan menutup jalur titik lainnya yang membuatmu semakin lama dan sulit untuk menghubungkan titik pada setiap garisnya.

10. Tic Tac Toe

Tic Tac Toe
Tic Tac Toe merupakan sebuah permainan teka-teki classic yang dikenal sebagai noughts atau menyilang. Permainan ini dimainkan oleh dua pemain, dimana keduanya bergiliran dalam memindahkan "O" atau "X" dalam ruang 3x3.

Siapa yang berhasil menempatkan tiga tanda secara berbaris dalam bentuk horisontal, vertikal, atau diagonal, maka dialah yang jadi pemenangnya. Meskipun tergolong permainan asah otak yang mudah dikuasai, namun pemain juga harus berhati-hati dalam menjalankan balok miliknya agar tidak kalah.

11. Roll the Ball: Slide Puzzle

Roll the Ball: Slide Puzzle
Nampaknya Roll the Ball semakin hari kian banyak pengunduhnya. Bagaimana tidak, hingga saat ini game asah otak buatan BitMango ini telah di unduh lebih dari 100 juta kali, sangat fantastis bukan.

Sebenarnya tak ada yang spesial dari slide puzzle ini, hanya saja sang developer berhasil mengemas game ini dengan interface yang baik. Sehingga setiap pemain yang mencobanya bakalan ketagihan dan ingin mencoba lagi dan lagi dalam menyelesaikan setiap levelnya.

Cara bermainnya pun sangat mudah, pemain hanya perlu menggeser balok yang ada sehingga membentuk sebuah lobang atau pipa agar bola berwarna putih bergerak dalam sebuah putaran. Semakin dikit kamu menggeser setiap baloknya, maka kamu akan meraih skor yang maksimal.

Lihat juga:

Dari kesebelas game asah otak untuk android di atas, kamu lebih suka dengan judul yang mana? Yang pasti semua game tersebut adalah yang terbaik dan bisa bikin otak kamu makin cerdas kalau kamu mainkan terus-menerus.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment