Top 10 Aplikasi Android untuk Menggabungkan Video yang Tangguh

advertisement
advertisement
Proses penggabungkan video biasanya dibutuhkan dalam video editing untuk bisa menyatukan semua video dengan momen yang sama menjadi satu.

Jika dulu kita ingin menggabungkan video dibutuhkan keahlian dalam mengoperasikan software video editor di komputer yang cukup rumit bagi orang awam, kabar baiknya perkembangan teknologi saat ini memungkinkan kita bisa melakukan penggabungan video dengan hanya melalui aplikasi yang bisa diinstall di smartphone, termasuk android.

Selain proses pengeditan melalui aplikasi terbilang lebih mudah, aplikasinya juga bisa didownload gratis. Ingin tahu apa saja aplikasi untuk menggabungkan video di android yang terbaik? Check them out!

1). VivaVideo: Free Video Editor

VivaVideo
VivaVideo adalah aplikasi perekam video sekaligus edit video yang dikembangkan oleh QuVideo. Aplikasi yang data pemasangannya mencapai 500 juta di Google play ini mempunyai sejumlah fitur canggih yang bisa menunjang kebutuhan pengguna dalam mengedit video.

Beberapa fitur canggihnya antara lain yaitu:
  • Memotong beberapa bagian dari video
  • Menggabungkan beberapa video menjadi sebuah video menarik
  • Menambahkan musik, teks, efek filter, dan transisi ke dalam video
  • Dapat melambatkan kecepatan video (slow motion) ataupun mempercepat kecepatan video
  • Menggabungkan beberapa foto menjadi video (slideshow)
  • Dan masih banyak lagi lainnya...

Yap, semua fitur tersebut tentunya bisa kamu nikmati secara gratis!

VideoShow
VideoShow adalah aplikasi edit video yang diterbitkan oleh EnjoyMobi. Dibuat oleh developer populer, membuat VideoShow menjadi aplikasi yang sudah amat terkenal dalam hal video editing. Hal ini tentu tidak lepas dari beragam fitur yang membantu penggunanya.

Selain memungkinkan penggunanya untuk menggabungkan video, pengguna juga dapat membuat slideshow dari beberapa foto, memotong video, menambahkan musik, dan berbagai fitur umum lainnya.

Kamu juga bisa membuat video tampak lebih menarik dengan fitur unggulan yang ada, yakni; menambahkan stiker, filter efek, tema, dan sebagainya.

Ada juga fitur video compressing yang berguna untuk memperkecil ukuran file video, serta fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah suara pada video (mp4) menjadi mp3.

Oh ya, video yang dihasilkan dari aplikasi ini juga tanpa watermark!

VidTrim
Berbeda dengan 2 aplikasi di atas sebelumnya, VidTrim hadir dengan fitur editing yang lebih sederhana lagi yakni menggabungkan dan memotong video.

Selain itu, VidTrim mempunyai fitur untuk mengkonversikan file video mp4 menjadi audio mp3 dan juga bisa mengambil gambar dari frame tertentu pada video.

Dengan fiturnya yang terbatas, secara keseluruhan aplikasi VidTrim cocok bagi kamu yang tidak ingin terlalu banyak melakukan pengeditan video. Urusan tampilan, aplikasi ini memiliki desain yang sederhana dan mudah dinavigasi.

4). AndroVid - Video Editor

AndroVid
Walaupun AndroVid belum memiliki banyak pengguna seperti VivaVideo dan VideoShow, namun aplikasi besutan zeoxy ini menyuguhkan berbagai fitur penunjang kebutuhan video editing yang cukup lengkap.

Selain adanya fitur penggabung dan pemotong video, ada juga fitur yang bisa mengkonversi video kamu ke format lain. Beberapa format yang didukung, yakni 3GP, MP4, AVI, FLV, MPG, MOV, WMV dan VOB.

Kamu juga bisa membuat slideshow, menambahkan musik ke dalam video, menambahkan teks, merotasi video, menyesuaikan tingkat kecerahan, dan lain sebagainya.

5). VEdit Video Cutter and Merger

VEdit Video Cutter and Merger
Seperti nama aplikasinya, aplikasi ini fungsinya memang khusus untuk memotong dan menggabungkan video. Ada juga 2 fitur lainnya yakni untuk mengkonversi video ke format MP3 dan menyesuaikan audio pada video.

Dari sisi tampilan, aplikasi ini didominasi warna biru tosca yang sedap dipandang. Selain itu, ukurannya yang kecil tentu tidak akan membebani memori smartphone kamu.


6). Videoshop - Video Editor

Videoshop
Berikutnya ada Videshop yang tak kalah powerful-nya dengan 5 aplikasi penggabung video di atas sebelumnya. Aplikasi besutan Appsolute ini selain mempunyai fitur untuk menggabungkan beberapa klip video menjadi satu, ada juga fitur menarik lain yang bisa membuat video kamu menjadi keren.

Beberapa di antaranya yaitu; pilihan efek suara, fast/slow motion, mengatur tingkat kecerahan video, membuat stop motion, menambahkan (judul animasi, teks, filter, dan transisi), menambahkan musik atau rekaman suara kamu sendiri, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, hasil editan video dari aplikasi ini juga tanpa watermark. Lengkap, kan?

7). KineMaster – Pro Video Editor

KineMaster – Pro Video Editor
KineMaster bisa dibilang merupakan aplikasi edit video profesional untuk perangkat smartphone. Tampilan aplikasi ini sangat baik, apalagi didukung juga dengan fitur lengkapnya yang mudah dinavigasi.

Selain bisa digunakan untuk memotong dan menggabungkan video, aplikasi ini juga punya beragam tools yang bisa digunakan oleh pengguna amatir maupun profesional, yakni seperti efek transisi, menambahkan tema, efek visual, mengatur (warna dan kecerahan video) dan masih banyak lagi lainnya.

Namun hasil editan video dari aplikasi ini terdapat watermark, untuk bisa menghilangkannya kamu harus melakukan pembayaran dengan harga yang cukup mahal. Oh ya, untuk bisa menjalankan aplikasi ini dengan baik, pastikan smartphone kamu minimal adalah Android 4.1.2 (Jelly Bean MR2).

8). FilmoraGo - Free Video Editor

FilmoraGo - Free Video Editor
Fitur yang tersemat dalam aplikasi FilmoraGo ini juga tak kalah dengan aplikasi lain yang sejenis, di sini kamu dapat dengan mudah menggabungkan video ataupun memotongnya, menambahkan (filter, musik, dan teks), mamasukkan overlays, dan juga menerapkan pilihan efek visual dan transisi yang tersedia.

Namun sama seperti aplikasi video editor kebanyakan, aplikasi garapan Wondershare Software ini juga menampilkan watermark pada hasil videonya. Untuk bisa menghilangkannya tentu kamu harus membayar dengan harga tertentu.

9). Quik - Free Video Editor

Quik - Free Video Editor
Aplikasi yang baru dirilis tahun 2016 yang lalu oleh GoPro ini disambut baik oleh penggunanya yang yang sudah kenal dengan nama besar GoPro.

Aplikasi Quik menyuguhkan sejumlah fitur dan tools yang mumpuni, mulai dari menggabungkan video, menyediakan lebih dari 22 tema video yang lengkap dengan transisi, menambahkan teks, filter, lain sebagainya.

Kelebihan lainnya, walaupun aplikasi ini menyertakan watermark di hasil videonya, namun bisa kamu hapus atau hilangkan sendiri tanpa membayar.

10). Adobe Premiere Clip

Adobe Premiere Clip
Membaca judul aplikasi yang satu ini, mungkin kamu langsung ingat dengan software Adobe Premiere di PC. Ya, aplikasi ini memang resmi garapan Adobe sebagai video editor khusus untuk pengguna smartphone.

Namun tak seperti versi software di PC yang punya segudang fitur, aplikasi ini hadir dengan fitur dan tampilan sederhana atau hampir sama dengan aplikasi yang sejenis. Pengguna dapat menggabungkan video, transisi, musik beserta pengaturannya, dan fitur dasar editing lainnya.

Lihat juga: 15 Pilihan Aplikasi Edit Video untuk Android yang Bagus

Itulah dia 10 aplikasi terbaik untuk menggabungkan video di android versi YaTekno yang bisa didownload gratis. Kamu tertarik menggunakan yang mana? Pilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, ya.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment