Top 15 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android yang Lagi Hits

advertisement
advertisement
Proses pengeditan video biasanya dibutuhkan untuk menyembunyikan kekurangan yang ada sekaligus membuatnya tampak lebih menarik.

Jika dulu, pengeditan video membutuhkan "kelihaian" dalam mengoperasikan software video editor di komputer yang rumit bagi orang awam, sekarang ini semua itu sudah berbeda.

Ya, hal ini dikarenakan perkembangan teknologi smartphone yang pesat diikuti dengan kemunculan berbagai aplikasi video editor yang dinilai lebih mudah digunakan. Berkat kehadiran aplikasi-aplikasi tersebut, kini seorang pemula pun bisa dengan mudah mengedit video.

Nah, di sini YaTekno akan memperkenalkan kepadamu 15 aplikasi edit video untuk android yang bagus dengan fitur canggih dan bisa didownload gratis. Apa saja? Check them out!

1). Video Editor Music,Cut,No Crop

Video Editor
Aplikasi yang dikembangkan oleh InShot ini menawarkan sejumlah fitur umum yang cukup lengkap yang biasa dibutuhkan pengguna, seperti menambahkan efek, musik mp3, stiker, teks, emoji, dan memotong video.

Selain itu, ada juga fitur lain bernama Blur Background yang memungkinkan kita dapat mem-posting foto dan video ke Instagram tanpa cropping.

Urusan tampilan, aplikasi ini memiliki desain yang menarik dengan fitur yang mudah dinavigasi sehingga cocok untuk pemula yang tidak ingin sulit dalam mengedit video.

2). Quik - Free Video Editor

Quik adalah aplikasi edit video yang diluncurkan oleh GoPro di tahun 2016. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur canggih yang bisa membantu kamu dalam mengedit video. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan berbagai hal, seperti menggabungkan foto dan video.

Terdapat beberapa fitur instan yang bisa digunakan tanpa harus bersusah payah, yakni:
  • 25 video styles yang bisa diterapkan salah satunya untuk menambahkan transisi pada video.
  • Menambahkan tulisan, filter, dan grafis yang menarik.
  • Memotong video dan menambahkan emoji.
  • Mengubah ukuran video kamu menjadi persegi untuk memudahkan kamu mem-posting di Instagram.
  • Dapat menambahkan audio atau musik dengan menggunakan lebih dari 80 pilihan lagu gratis yang disediakan atau bisa juga menggunakan koleksi lagu kamu sendiri.
  • Dan lain sebagainya...

Setelah selesai melakukan pengeditan, kamu bisa menyimpannya dengan resolusi HD 720p atau Full HD 1080p. Aplikasi ini bisa kamu gunakan gratis tanpa harus mempunyai perangkat GoPro.

3). VivaVideo: Free Video Editor

VivaVideo
VivaVideo adalah aplikasi besutan QuVideo yang sudah sangat terkenal dengan jumlah penggunanya yang sangat banyak di berbagai negara. Aplikasi ini menyajikan berbagai fitur lengkap yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna dalam editing video.

Fitur unggulan yang dimilikinya, di antaranya:
  • Membuat slideshow dari beberapa foto.
  • Memotong dan menggabungkan video.
  • Membuat video tampak menarik dengan menambahkan teks, stiker, musik, efek, transisi, live subtitles, dsb.
  • Mengatur audio dengan merubah suara dan lainnya.
  • Membuat fast motion atau slow motion.
  • Dan lain sebagainya...

Dengan memaksimalkan penggunaan fitur yang ada, membuat video keren dan tampak profesional bukan lagi hal yang tidak mungkin meskipun hanya melalui smartphone :).

4). VideoShow - Video Editor

VideoShow
VideoShow juga meyuguhkan beragam fitur yang tidak kalah lengkap. Dalam aplikasi ini, semua fitur yang ada bisa dimaksimalkan secara gratis penggunaannya. Fasilitas yang diberikan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi edit video kebanyakan, namun dalam VideoShow terdapat beberapa tambahan fitur menarik.

Beberapa di antaranya yakni:
  • Video dubbing untuk memasukkan suara kamu sendiri ke dalam video.
  • Menambahkan doodle, teks dengan font keren.
  • Menambahkan tema atau efek video, efek suara, dan lagu.
  • Memotong video, mengkompresi video agar ukuran filenya bisa diperkecil, mengubah video menjadi mp3.
  • Dan berbagai fitur umum lainnya.

Secara keseluruhan, semua fitur yang ada sangat bagus untuk kamu yang suka berkreativitas menghasilkan video dan lalu membagikannya ke media sosial seperti Instagram, YouTube, dan lainnya.

5). Adobe Premiere Clip

Adobe Premiere Clip
Dari nama aplikasinya, "Adobe" mungkin kamu sudah tidak asing lagi. Ya, memang sang pengembang dibalik aplikasi Adobe Premiere Clip adalah Adobe itu sendiri. Aplikasi ini memberikan pengalaman editing yang cepat karena terdapat fitur instan yang bisa memanjakan pengguna.

Selain adanya fitur instan, aplikasi ini juga menawarkan sejumlah fitur canggih yang bisa digunakan pengguna untuk melakukan pengeditan video lebih lanjut lagi.

Beberapa di antaranya yaitu; menambahkan musik dan mengedit audio, mengatur pencahayaan, menambahkan transisi, efek slow motion, dan fitur dasar video editing lainnya.

6). PowerDirector Video Editor App

PowerDirector
Aplikasi yang dipersembahkan oleh Cyberlink ini terkenal dengan fiturnya yang sangat lengkap namun tergolong mudah digunakan oleh seorang pemula sekalipun.

Beberapa fitur andalannya, yakni:
  • Mengatur tingkat kecerahan, kontras, dan saturasi.
  • Memutar, menggabungkan, dan memotong video.
  • Memberikan efek pada video, menambahkan transisi, stiker, teks, dan menambahkan suara.
  • Mengedit audio; mengatur volume.
  • Dan sebagainya.

Aplikasi ini menawarkan In-app Products yang jika kamu membelinya maka akan mendapatkan tambahan fitur dan keuntungan lainnya seperti watermark yang bisa dihilangkan.

7). Magisto Video Editor & Maker

Magisto
Magisto memungkinkan penggunanya dapat menggabungkan foto dan video menjadi sebuah video yang sedap dipandang. Yang menarik dari aplikasi ini adalah karena menawarkan pilihan template video dengan gaya menarik yang bisa diterapkan.

Fitur-fitur yang ada juga lumayan lengkap sehingga bisa memenuhi kebutuhan pengguna dalam berkreativitas menciptakan video yang keren.

Overall, aplikasi sangat cocok untuk kamu yang suka membuat video selfie, slideshow, video ulang tahun, dan momen lainnya yang bisa diabadikan.

8). KineMaster – Pro Video Editor

KineMaster
Sang pengembang KineMaster dirinya mengklaim bahwa aplikasi ini merupakan video editor dengan fitur lengkap dan profesional untuk android. Tidak berlebihan memang, karena jika dilihat dari segi tampilan dan fiturnya memang sangat baik.

Meski begitu, fitur yang ada bisa digunakan oleh seorang pemula ataupun profesional. Jadi, tidak akan ada masalah dengan kesulitan penggunaan fitur.

Fitur yang ada di antaranya, seperti:
  • Mengatur hue, kecerahan, dan saturasi video.
  • Mengontrol kecepatan video.
  • Mengatur audio dengan fade in dan fade out.
  • Menambahkan berbagai variasi efek transisi.
  • Menambahkan tema, animasi, efek, stiker, teks, dan tulisan tangan.
  • Memotong video dengan tepat.
  • Dan lain sebagainya...

Dengan semua fitur yang lengkap, aplikasi hanya ini support atau bisa digunakan secara maksimal dibeberapa tipe perangkat android yang high-end dengan spesifikasi tinggi.

9). FilmoraGo - Free Video Editor

FilmoraGo
Tidak kalah dengan beberapa aplikasi edit video di atas, FilmoraGo memiliki beberapa fitur unggulan seperti Reverse play untuk memutar mundur video, fast/slow motion, tema, transisi, filter, dan sejumlah fitur umum lainnya.

Fitur yang disediakan juga tergolong mudah digunakan sehingga pengguna bisa cepat dalam melakukan proses pengeditan.

Kualitas video yang dihasilkan dari aplikasi ini adalah High Definition dan tanpa watermark, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi tentang kualitas video.

10). Video Editor

Video Editor
Aplikasi edit video yang satu ini digawangi oleh top developer bernama WeVideo yang juga menyajikan fitur yang tidak kalah lengkap dengan kesembilan aplikasi di atas. Mungkin yang agak berbeda yakni selain mengedit video kamu bisa mengedit foto sebelum akhirnya foto tersebut digabungkan dengan video.

Hasil nantinya dapat kamu simpan dengan kualitas HD. Atau kalau kamu ingin berbagi ke media sosial, terdapat beberapa tombol share yang memungkinkan kamu langsung mempublikasikannya.

11). Reverse Movie FX - magic video

Reverse Movie FX - magic video
Reverse Movie FX adalah aplikasi perekam dan pengedit video. Namun tak seperti aplikasi perekam video pada umumnya, aplikasi android garapan Bizo mobile ini memungkinkan kamu untuk merekam video dengan efek reverse. Hasilnya, video akan berputar mundur.

Contoh misalnya, saat kamu merekam orang yang sedang melempar bantal maka hasilnya bantal tersebut bukan terlempar melainkan terbang dan menempel ke tangan.

Karena keunikannya, aplikasi dengan rating 4.6 ini begitu disukai penggunanya. Pengguna seakan-akan bisa melakukan aksi sulap dengan mudah.

12). Videoshop - Video Editor

Videoshop - Video Editor
Kalau kamu menginginkan aplikasi edit video yang bisa menghasilkan video tanpa watermark, mungkin Videoshop bisa menjadi pilihan terbaikmu. Ya, karena selain hasil videonya tanpa ada watermark, aplikasi android buatan Joseph Riquelme ini juga memiliki sejumlah fitur yang lumayan lengkap.

Beberapa di antaranya yaitu memotong dan menggabungkan video, menambahkan musik, efek suara, efek slow motion, merekan dan memasukkan suara kamu sendiri ke dalam video, filter, efek transisi, reverse, dan masih banyak lagi lainnya.

13). Movie Maker Filmmaker (YouTube)

Movie Maker Filmmaker (YouTube)
Pengeditan video untuk menghasilkan video yang keren dan profesional kini tak hanya bisa dilakukan menggunakan software di PC. Ya, hanya dengan menggunakan smartphone dan bantuan aplikasi yang biasa kita bawa ke mana pun juga bisa.

Salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu andalkan dalam pengeditan video adalah Movie Maker Filmmaker. Sesuai namanya, aplikasi besutan ALIVE ini memungkinkan video yang kamu punya bisa menjadi seperti film berkat fitur-fitur yang tersemat dalam aplikasi android ini.

Beberapa fiturnya yakni; filter video, efek animasi (seperti ledakan, sinar cahaya, dsb), efek animasi pada teks, menambahkan musik, dan berbagai fitur umum lainnya.

14). ActionDirector Video Editor

ActionDirector Video Editor
CyberLink adalah sang pengembang dibalik ActionDirector, setelah sebelumnya di atas ada PowerDirector yang juga dibuatnya. Tak hanya sebagai pengedit video, ActionDirector juga bisa kamu manfaatkan sebagai perekam video.

Secara keseluruhan, fitur lengkap yang dimilikinya tak jauh berbeda dengan aplikasi lain dikelasnya. Kamu bisa menambahkan efek video, teks dan judul, transisi, mengedit audio, dan masih banyak lagi. Di samping itu, aplikasi video ini mampu menghasilkan video dengan kualitas HD dengan berbagai format video.

15). Vimo - Video Motion Sticker

Vimo
Kalau kamu sedang mencari aplikasi edit video dengan fitur-fiturnya yang bisa menghasilkan video menjadi unik, Vimo adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu coba. Kenapa? Karena aplikasi ini memiliki sejumlah fitur unik yang mungkin belum dimiliki aplikasi lain di kelasnya.

Fitur tersebut di antaranya yakni berbagai pilihan motions stickers dan animasi teks. Secara keseluruhan, aplikasi buatan vimosoft ini sangat baik untuk diandalkan untuk membuat video unik, menarik, dan profesional.

Lihat juga: 5 Aplikasi Android untuk Menggabungkan Video

Ya, itulah dia 15 judul aplikasi edit video terbaik untuk android yang bisa didownload secara gratis dan gunakan secara offline. Secara keseluruhan semua daftar aplikasi di atas menyajikan fitur yang hampir sama lengkapnya, hanya saja ada beberapa di antaranya menawarkan fitur tambahan serta performa yang lebih baik.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment