Top 11 Aplikasi GPS Offline untuk Android (Terbaik & Terakurat)

advertisement
advertisement
Kalau kamu suka melakukan aktifitas travelling dan takut tersasar, maka hal utama yang kamu butuhkan ialah sebuah peta petunjuk arah atau yang biasa disebut sebagai navigasi dan map. Bagi pengguna smartphone sendiri, memiliki aplikasi tersebut memang merupakan sebuah hal penting yang harus ada pada ponsel.

Keuntungan yang di dapat ketika kita memiliki aplikasi navigasi dan map yaitu kita tidak akan begitu khawatir tersasat ketika bepergian ke sebuah tempat yang belum pernah dikunjungi. Kebanyakan aplikasi gps membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya, contohnya seperti Google Maps dan Waze.

Bagaimana jika kamu bepergian ke tempat yang sulit menangkap sinyal? Nah, inilah yang menjadi masalah besar. Beberapa keuntungan jika kamu memiliki aplikasi gps offline yaitu tidak membutuhkan koneksi internet dan tidak mengambil banyak data dari kuota internetmu.

Cara kerja map offline cukup sederhana, dimana kamu harus terlebih dahulu mengunduh data atau peta dan lokasi secara terperinci dari aplikasi tersebut. Untuk mengunduh data-data map, kamu tentunya membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil agar proses unduhan berjalan dengan sempurna.

Nah, kalau kamu sedang mencari aplikasi gps offline terbaik untuk android, disini YaTekno telah menyiapkan 11 aplikasi yang bisa kamu pilih. Berikut ulasannya.

1. Sygic GPS Navigation & Maps

Sygic GPS Navigation & Maps
Pertama ada Sygic yang bisa menjadi pilihan terbaikmu. Pasalnya aplikasi ini memiliki navigasi yang akurat dan dilengkapi dengan suara yang membantu kamu saat sedang berkendara.

Selain itu, Sygic juga memiliki fitur-fitur yang keren, seperti radar polisi, kecepatan berkendaramu, rute tercepat, dan masih banyak lainnya. Hebatnya lagi, aplikasi ini juga di lengkapi dengan Navigasi Head-up Display (HUD) yang nantinya bisa diproyeksikan langsung ke kaca depan mobil.

2. Navitel Navigator GPS & Maps

Navitel Navigator GPS & Maps
Navitel Navigator GPS & Maps tak hanya memiliki fungsi sebagai petunjuk jalan atau navigasi saja, namun ia juga dibekali dengan berbagai fitur spesial, Navitel Traffic, Weather, Turn-by-turn, 3D Mapping, dan masih banyak lainnya. 

Hebatnya lagi, kamu akan diberitahu saat sedang terjadi kecelakaan di jalan, pekerjaan jalan, dan lain sebagainya yang di tandai secara detail pada map di layar. Cara kerja aplikasi gps ini cukup sederhana, map akan di unduh terlebih dahulu ke penyimpanan memori internal atau SD Card. Dengan begitu maka kamu bisa mengaksesnya tanpa menggunakan koneksi internet.

3. City Maps 2Go Offline Maps

 City Maps 2Go Offline Maps
Aplikasi bernama City Maps 2Go terbilang beda dibanding yang lainnya, mengapa? Karena aplikasi buatan Ulmon GmbH ini bisa kamu andalkan ketika membutuhkan sebuah tempat penginapan atau hotel. Dimana kamu bisa langsung booking hotel melalui aplikasi ini dengan mudah dan cepat.

Selain itu, fitur pencarian by category juga akan mempermudahkan kamu ketika ingin mencari sebuah tempat yang kamu inginkan, misalnya seperti tempat, rumah sakit, outdoor, nightlife, dan masih banyak lainnya.

4. Maverick: GPS Navigation

Maverick: GPS Navigation
Kalau kamu hobi melakukan kegiatan outdoor, maka aplikasi bernama Maverick ini menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Dimana fitur kompasnya bisa kamu andalkan ketika kamu sedang melakukan hiking, berperahu, geocaching dan kegiatan outdoor lainnya.

Aplikasi buatan Code Sector ini juga dilengkapi dengan distance dan estimated time, yang dimana kamu akan mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menuju sebuah tempat yang ingin dikunjungi. Tentunya dengan tepat dan akurat.

5. MAPS.ME – Navigation & Maps

MAPS.ME – Navigation & Maps
Tidak seperti aplikasi gps pada umumnya, dimana MAPS.ME memiliki cangkupan 345 Negara dan Pulau yang dilengkapi dengan peta men-detail diseluruh Negara dan belahan Dunia. Selain itu, pengguna juga akan dimanjakan dengan fitur navigasi yang mudah, yakni mode mengemudi mobil, pejalan kaki, dan motor yang dilengkapi dengan distance dan estimated time.

Disamping itu, adanya fitur Bookmark lokasi juga bisa kamu andalkan ketika suatu saat kamu ingin mengunjungi tempat-tempat yang telah kamu datangi sebelumnya. Dengan cara melakukan impor/ekspor dari peta lain untuk akses mudah dan cepat.


6. CoPilot GPS Peta Offline

CoPilot GPS Peta Offline
CoPilot merupakan sebuah aplikasi GPS yang bekerja dengan sangat baik yang akan mengantarkanmu ke sebuah tempat dengan akurat tanpa khawatir tersesat. Selain itu, kamu juga akan menikmati 7 hari gratis untuk menikmati fitur Voice-Guided Navigation & Traffic yang memudahkanmu ketika berkendara.

Panah indikator jalur yang ada disini juga tak seperti aplikasi sejenis lainnya, pasalnya ia akan memberitahu kamu secara cepat untuk memasuki jalur-jalur tertentu dengan sangat akurat.

7. Genius Maps: Offline GPS Nav

Genius Maps: Offline GPS Nav
Genius Maps adalah aplikasi peta dan navigasi GPS yang berfungsi sangat baik sebagai petunjuk jalan diperkotaan maupun eksplorasi ke pedalaman sekalipun. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini yaitu ia mampu menghemat baterai.

Tersedia juga In-App Purchases (IAP) yang dimana kamu bisa membeli berbagai fitur keren, di antaranya seperti Pro Guidance, Live Traffic, Safety Cameras, dan masih banyak lainnya.

8. HERE WeGo

HERE WeGo
Dengan menggunakan HERE WeGo, kamu akan dimanjakan dengan berbagai fitur yang ada ketika bepergian kesebuah tempat. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan rute yang akurat dan terperinci yang dilengkapi dengan panduan suara ketika kamu mengemudi, baik menggunakan mobil ataupun motor.

Selain itu, saat kamu salah arah aplikasi map offline ini akan segera memberitahumu jalur alternatif tercepatnya dengan tepat dan akurat.

9. Locus Map Free - Outdoor GPS

Locus Map Free - Outdoor GPS
Locus Map memiliki keahlian sebagai petunjuk arah yang lebih fungsional, yang mana ia bisa di andalkan bagi pengguna yang hobi melakukan kegiatan outdoor, seperti mengitari gunung dan geocaches. 

Saat kamu bepergian ke sebuah tempat, aplikasi gps ini akan mencatat trek dan menyimpan statistik perjalanan secara men-detail. Dimana kamu akan mengetahui lokasi mana yang telah kamu kunjungi serta berapa lama jarak tempuh yang dibutuhkan.

10. Polaris Navigation GPS

Polaris Navigation GPS
Aplikasi buatan DS Software ini mungkin sebagian besar penggunanya ialah pecinta aktifitas seperti hiking, hunting, camping, geocache, mountain biking, dan aktifitas outdoor lainnya.

Polaris Navigation GPS ini juga dilengkapi dengan alat kompas yang didalamnya dibekali dengan beberapa fitur canggih, seperti distance dan time, magnetic heading, latitude & longtitude, dan masih banyak lainnya.


11. MapFactor GPS Navigation Maps

MapFactor GPS Navigation Maps
Aplikasi GPS yang terkahir terbilang sangat canggih, pasalnya data-data yang ada di aplikasi ini saat kamu berkendara bisa langsung di simpan pada pada kartu memori. Selain itu, MapFactor juga rutin diperbaharui traffic lalu lintasnya dengan sebaik mungkin di setiap bulannya.

Beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan disini di antaranya yaitu navigasi suara, tampilan mode 2D atau 3D, modus siang dan malam, dan masih banyak lagi fitur canggih lainnya.

Lihat juga: 3 Pilihan Aplikasi Android Kompas Offline Terbaik

Itulah kesebelas aplikasi GPS offline terbaik untuk android yang bisa kamu akses setiap saat tanpa membutuhkan koneksi internet. Dengan adanya aplikasi tersebut, sekarang kamu tak perlu lagi takut ketika bepergian ke sebuah tempat baru tanpa mengkhawatirkan sinyal.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

  1. MAPS ME belakangan ini kok sering macet kenapa ya Gan. padahal selama ini lancar lancar saja.

    kalo lagi navigasi ke suatu tempat sering gak berjalan panahnya padahal jelas kendaraan melaju.. trus beberapa saat tiba tiba jalan dan stop lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin saja fitur GPS agan error, untuk memperbaikinya cukup melakukan flashing ulang.

      Jika perlu, update secara rutin aplikasi Maps Me untuk perbaikan bugs dan penambahan fitur terbaru.

      Delete