Cara Memindahkan Data Aplikasi Android Ke SD Card Tanpa Root

advertisement
advertisement
Aplikasi merupakan sebuah kebutuhan yang mnempunyai peran penting dengan kegunaannya masing-masing. Berbagai jenis aplikasi bisa kita peroleh dengan mudah di Google Play, misalnya seperti aplikasi sosial media, edit foto, dan lain sebagainya.

Jika pada perangkat komputer kamu pernah mendengar istilah hardisk atau tempat penyimpanan data, nah di android pun memiliki hal yang sama. Akan tetapi hanya nama tempat penyimpanannya yang mungkin berbeda. Di android, terdapat dua istilah tempat penyimpanan data, yang terdiri dari penyimpanan eksternal (SD Card) dan internal mengandalkan memori ponsel.

Setiap orang tentu memiliki perangkat android dengan spesifikasi yang berbeda-beda, terutama kapasitas memori internal yang kecil. Nah, dengan minimnya tempat penyimpanan data di android kita, tentu saja ini menjadi masalah besar dimana kita tidak bisa menginstal aplikasi terlalu banyak. Terlebih lagi setiap aplikasi biasanya memiliki data atau file cache yang memakan memori internal.

Cara memindahkan data aplikasi android ke SD Card sebenarnya sangat mudah, apalagi bagi pengguna yang memiliki sistem operasi berbasis Kitkat dan Lollipop. Bagaimana tidak, OS versi terbaru ini pasalnya dapat mengenali aplikasi mana saja yang dapat dipindahkan ke SD Card. Namun tentu tidak semua aplikasi dapat kita pindahkan ke memori eksternal.

Agar dapat melegakan ruang penyimpanan internal androidmu, disini YaTekno memiliki 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk memindahkan aplikasi ke SD Card tanpa root. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

1. Memindahkan Aplikasi Melalui AppMgr III

AppMgr III
AppMgr III merupakan sebuah aplikasi movable yang memungkinkan setiap pengguna agar dapat dengan mudah memindahkan aplikasi beserta datanya ke penyimpanan eksternal ataupun internal. Tak hanya memiliki kelebihan dalam memindahkan aplikasi saja, aplikasi besutan Sam Lu ini ternyata mampu mengelola aplikasi android dengan beberapa sentuhan saja.

Dalam aplikasi ini, nantinya kamu akan melihat beberapa menu didalamnya, di antaranya yaitu:
  • Movable: Menu ini membantu pengguna untuk melihat semua aplikasi yang terinstall di androidmu, apakah bisa dipindahkan ke penyimpanan eksternal atau tidak.
  • On SD Card: Pengguna dapat melihat aplikasi apa saja yang berhasil dipindahkan ke memori eksternal atau yang telah terinstall ke penyimpanan SD Card.
  • Phone Only: Dalam menu ini, pengguna akan melihat aplikasi apa saja yang tidak bisa dipindahkan ke penyimpanan eksternal atau SD Card.
  • Hide-Able: Pengguna nantinya dapat menyembunyikan aplikasi (built-in) sistem dari drawer aplikasi.
  • Frozen: Pengguna juga bisa menonaktifkan sebagian aplikasi dengan mudah melalui menu ini.
Selain memiliki fitur-fitur keren seperti di atas, aplikasi ini juga memudahkanmu untuk dapat menghapus setiap aplikasi dengan mudah hanya dengan beberapa sentuhan saja.

Dengan memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal, tentu saja hal ini membuat memori internal androidmu menjadi lebih lega lagi. Keuntungan lainnya yaitu beban ponsel androidmu jadi berkurang, atau bisa dibilang hal tersebut mengurangi masalah lag yang sering terjadi pada ponsel pintarmu.

Perlu kamu ingat, ada beberapa aplikasi di android yang terkadang tak bisa dipindahkan ke penyimpanan eksternal. Nah, agar kamu bisa langsung mencoba aplikasi AppMgr III ini, kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play.


2. Memindahkan Aplikasi Melalui Fitur Bawaan Android

Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card
Dalam cara kedua ini, nantinya kamu dapat memindahkan aplikasi di android menggunakan fitur bawaan movable data aplikasi di androidmu. Nah dapat memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal maupun internal, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Masuklah ke menu Pengaturan di androidmu.
  • Setelah itu, kamu bisa menuju Manager aplikasi, jika menggunakan bahasa inggris maka bacaan tersebut adalah Application manager.
  • Kemdian tap menu "Didownload" atau aplikasi yang telah terinstall di androidmu.
  • Pilihlah aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke penyimpanan eksternal atau kartu SD Card.
  • Selesai.

Ada beberapa aplikasi di androidmu yang mungkin tak bisa kamu pindahkan ke SD Card. Nah, agar kamu dapat memindahkannya, jalan satu-satunya yaitu dengan melakukan akses root terlebih dahulu. Sayangnya, melakukan root pada android dapat menghilangkan garansi ponselmu.

Itulah kedua cara mudah yang bisa kamu gunakan dalam memindahkan aplikasi di android. Dengan memindahkan data aplikasi ke penyimpanan eksternal, maka android setidaknya memiliki lebih banyak ruang penyimpanan atau memori internal. 

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment