Begini Cara Membuat Video Stop Motion Keren di Android

advertisement
advertisement
Belakangan ini, animasi atau stop motion memang cukup disukai oleh berbagai kalangan. Sebuah teknik animasi yang membuat objek terlihat bergerak sendiri memang cukup keren untuk kita tonton. Apalagi nantinya kamu pun dapat menggunakan objek sendiri, seperti foto, tulisan, dan lain sebagainya.

Stop motion sendiri sebenarnya mirip dengan animasi 2 dimensi. Yang dimana frame per frame-nya hampir sama. Yang membedakannya adalah video stop motion dibuat dengan menggunakan potongan gambar yang nantinya kita bisa membuat potongan gambar tersebut menjadi hidup.

Untuk membuat video stop motion memang dibutuhkan konsep yang matang, baik dari segi tema, gambar, dan lain sebagainya. Nah kamu juga harus sabar dan telaten disaat melakukan proses pembuatannya. Dengan begitu maka kamu bisa puas dengan hasil karya buatanmu sendiri.

Selain menggunakan PC, ternyata membuat video stop motion juga bisa dengan menggunakan ponsel android. Aplikasi yang nantinya akan kamu gunakan untuk membuat animasi bergerak menggunakan gambar sendiri yakni Lapse It.

Untuk tahu lebih jelas tentang aplikasi tersebut, yuk simak ulasan berikut ini.

Lapse It • Time Lapse Camera

Lapse It • Time Lapse Camera
Lapse It merupakan sebuah aplikasi video editor yang memiliki fungsi dalam membuat video stop motion langsung di androidmu. Tak kalah hebatnya dengan software pembuat animasi gambar bergerak di PC. Pasalnya aplikasi besutan Interactive Universe ini juga telah dibekali dengan fitur-fitur canggih.

Dimana nantinya pengguna dapat mengatur kecerahan gambar, mengatur resolusi atau ukuran layar, memasukkan frame, menambah audio ke video, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya yang bisa kamu gunakan dalam aplikasi ini.

Biasanya video stop motion sangatlah istimewa untuk seseorang, seperti memberikannya ke seseorang yang sedang ulang tahun hingga perayaan anniversary kamu dengan sang kekasih.

Jika kamu belum mengerti cara pembuatannya, maka bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  1. Pertama, download dan instal aplikasi Lapse It di androidmu.
  2. Setelah berhasil memasang, buka aplikasinya lalu tap New Capture.
  3. Untuk mengatur tingkat kecepatan saat merekam video yang akan kamu jadikan frame, kamu bisa mengaturnya sendiri dalam menu Stop Motion Mode, atau lebih tepatnya berada disebelah tombol Capture.
  4. Jika sudah, arahkan kamera androidmu ke objek yang ingin kamu jadikan video.
  5. Kemudian tap tombol capture untuk mengambil objek tersebut, selanjutnya tap tombol capture lagi hingga kamu mengumpulkan beberapa bagian atau frame.
  6. Jika pengambilan gambar sudah selesai, tap tombol Stop untuk mengakhirinya.
  7. Setelah itu, kamu akan dibawa ke menu edit video Lapse It, dimana nantinya kamu bisa mengedit videomu menggunakan canggih dari aplikasi ini agar videomu terlihat keren.
  8. Setelah selesai mengedit, kamu bisa lakukan Render untuk menyimpan video tersebut di androidmu.
  9. Jika sudah, maka kamu bisa memberi nama dan melihat hasil karyamu langsung di galeri androidmu. Selesai!
Cukup mudah bukan dalam membuat video stop motion di android. Asal kamu telaten dalam membuatnya, pasti hasilnya akan maksimal deh. Jangan lupa share video stop motion buatanmu ke sosial media, ya. 

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment