Cara Mudah Menghapus Akun Gmail di Perangkat Android Lain

advertisement
advertisement
Gmail merupakan sebuah layanan email berbasis web yang biasa digunakan setiap orang untuk mengirim email penting, baik itu data maupun hal penting lainnya. Google Mail sendiri disediakan secara gratis oleh pihak google demi mempermudah penggunanya dalam berbagai kepentingan, misalnya untuk mendaftar akun sosial media dan lain sebagainya.

Untuk dapat menggunakan layanan dari gmail, kita dapat mengaksesnya melalui berbagai macam perangkat, misalnya dari PC, android, dan perangkat lainnya. Dengan mudahnya kita melakukan log-in gmail melalui lebih dari satu perangkat, tentu saja akun yang kita miliki ini menempel pada perangkat yang telah kita gunakan.

Tak jarang pula setiap pengguna android yang telah menjual ponsel pribadinya lupa untuk mengeluarkan gmail dari perangkat tersebut. Nah, tentu saja ini akan berdampak pada munculnya masalah saat kamu mengakses situs Google Play melalui browser Google Chrome. 

Keterangan atau pesan yang akan muncul dilayar saat itu juga yaitu "Aplikasi ini tidak kompatible dengan beberapa perangkat Anda". Lalu bagaimana cara menanganinya?

Akun gmail yang biasa kita gunakan di internet biasanya digunakan dalam hal mengakses beberapa situs penting, mulai dari Play Store, YouTube, dan lain-lain. Maka dari itu biasanya akun google tersebut merekam semua aktifitas termasuk lokasi yang digunakan pada saat log-in. 

Maka dari itu menjaga keamanan akun gmail yang kita miliki sangatlah penting. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan oleh akun yang kita miliki yakni dengan melakukan penghapusan akun gmail dari perangkat lain. Dalam artian kita sudah tidak menggunakan akun gmail pada perangkat tersebut.

Menghapus Gmail di Perangkat Lain

Untuk dapat menghapus akun google di perangkat lain, kamu bisa menggunakan cara berikut ini agar akun gmailmu tidak lagi ada pada perangkat tersebut.
  1. Buka browser atau aplikasi Google Chrome di PC, android, ataupun tablet. Kemudian log-in ke gmail milikmu.
  2. Setelah berhasil masuk, kamu bisa langsung menuju situs dari Security Google.
  3. Di halaman tersebut, kamu akan melihat perangkat apa saja yang telah digunakan oleh akun gmail milikmu untuk log-in.
  4. Tap atau sentuh pada perangkat yang menurutmu sudah tidak digunakan lagi. Biasanya disitu akan terpampang nama smartphone yang sebelumnya telah kamu gunakan.
  5. Seperti contoh screenshot yang tertera pada gambar di atas, saya memilih untuk menghapus akun google pada perangkat Samsung Galaxy A3.
  6. Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu menyentuh tombol "Hapus".

Cukup mudah bukan cara menghapus akun gmail di perangkat android lain. Jika memiliki masalah lainnya mengenai akun gmailmu, kamu bisa mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar yang telah disediakan. Mudah-mudahan YaTekno bisa membantumu, ya.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

  1. Saya pernah login di hp kantor. Sebelum saya resign, saya sudah remove semuanya. Tp ketika sy pakai, history youtube dan google tiba2 bermunculan pdhl saya tdk pernah pakai akun google itu. Saya sudah remove seperti artikel diatas, tp tetap saja ada. Apakah ada cara lain? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cara berikut ini

      1. Login ke akun Gmail seperti biasa.
      2. Setelah masuk, scroll mouse kebawah sampai menemukan tulisan "Aktivitas akun terakhir: 4 jam yang lalu" dan dibawahnya terdapat tautan tulisan "Details".
      3. Klik tautan tersebut. Maka akan muncul Pop-up yang berisi aktifitas akun Gmail kamu.
      4. Klik "Keluar dari semua sesi web lainnya" untuk menghapus akun Gmail pada semua perangkat lain yang pernah terhubung selain perangkat yang kamu gunakan saat ini.

      Semoga berhasil!

      Delete
  2. Gini ane sudah coba mau remove perangkat itu, pas says mau klik perangkat itu, kok ga ga bisa ngeremove?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dijelaskan lebih spesifik tidak bisa removenya karena apa? Apakah ada notifikasi yang muncul atau apa?

      Harusnya sih langsung bisa ke remove selama kita benar" pemilik akun tersebut (mengetahui email dan sandi).

      Delete
  3. Saya makai 1email di 2 android. Kalau saya logout disalah satu android, apakah akan mempengaruhi di android yg satunya? Respon please..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja, beberapa keuntungan dan kerugiannya adalah;

      #Keuntungan
      - Bila salah satu HP Android hilang, maka akan mudah menemukannya.
      - Proses backup dan pengawasan HP 1 dan HP 2 bisa dipantau secara real-time.

      #Kerugian
      - Berdampak pada privacy yang apabila ada email masuk tentu akan terbaca dengan user lain.
      - Bila salah pemakai email tersebut menguninstall aplikasi yang tersinkronisasi dari Play Store, maka seluruh aplikasi juga akan tercopot di HP satunya.

      Intinya sih kalau kamu pakai 1 email di 2 HP Android (Milik sendiri) tidak apa-apa, asalkan tidak untuk orang lain. Lebih baik lagi jika kamu membuat akun Gmail baru sih.

      Delete