7 Game Android Terbaik untuk Anak SD yang Mengedukasi

advertisement
advertisement

Mengajari sang anak untuk melatih kecerdasan otak mereka sebenarnya tidak harus dengan cara memberikan mereka buku-buku tebal yang harus dihafal. Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, ada cara mudah yang dapat kamu terapkan dalam memberikan edukasi kepada sang anak.

Salah satu cara yang harus kamu lakukan untuk mengajak sang anak belajar dengan cara yang menyenangkan yakni melalui perangkat android.

Mengapa harus dengan ponsel pintar ini? Ya, pasalnya game-game edukasi yang ada pada android biasanya memiliki tampilan yang menarik dan menyenangkan. Namun tak lupa juga dengan tujuan utamanya, yakni mengajari atau mengasah keterampilan otak mereka agar menjadi cerdas.

Ada 7 jenis game edukasi terbaik yang telah YaTekno kumpulkan untuk dimainkan pada anak balita sampai siswa/siswi sekolah dasar (SD). Nah, apa saja daftar gamenya? Ini dia daftarnya.

1. Anak Cerdas

Anak Cerdas
Game android edukasi di urutan pertama merupakan sebuah game yang memungkinkan si kecil untuk dapat bermain sekaligus belajar secara menyenangkan. Mengapa dibilang menyenangkan? Ya, pasalnya game Anak Cerdas ini mengajak sang anak untuk melakukan pembelajaran secara santai, misalnya memecahkan teka-teki dan lain sebagainya.

Selain itu, nantinya kamu juga bisa memilih soal atau mata pelajaran berdasarkan bangku sekolah si kecil. Terdapat berbagai macam pilihan soal yang sangat lengkap, mulai dari mata pelajaran kelas 1 sampai kelas 6. 

Game besutan PT. Acer Indonesia ini sangat cocok dimainkan untuk anak SD berusia 6-12 tahun. Adapun pembelajaran yang tepat untuk si kecil dalam mengasah kemampuan belajarnya yaitu dengan memberikan dia pertanyaan dari soal soal yang berasal dari berbagai materi, seperti soal Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lain-lain. 


2. Fun With Animals Matching

Fun With Animals Matching
Game edukasi selanjutnya merupakan sebuah permainan untuk si kecil yang dapat berguna untuk meningkatkan kemampuan mengingatnya. Dalam game ini, sang anak di tuntut untuk menyamakan atau memilih beberapa gambar hewan dengan jenis yang sama. 

Nah, dalam beberapa tabel gambar hewan tersebut terdapat kumpulan gambar hewan lainnya yang sengaja dipasang agar sang anak dapat memilih gambar hewan yang sama dengan jeli. Sebelum memulai pertandingan, kamu bisa mengatur tingkat kesulitan secara bertahap agar mengasah kemampuan dalam hal mengasah daya ingat atau memori si kecil.

Educational Software Games selaku pembuat game ini memberikan sebuah tantangan untuk mereka, yakni dengan memberikan batas waktu selama 90 detik. Nah, jika waktu yang ditentukan telah selesai, maka permainan itu akan secara otomatis selesai dan menampilkan skor akhirnya. Game ini tentu saja sangat bermanfaat untuk si kecil agar mereka dapat berfikir keras dengan cepat.

3. Marbel Belajar Hijaiyah

Marbel Belajar Hijaiyah
Ingin mengajari sang anak mengaji di usia dini? Nih coba ajak dia memainkan game Marbel Belajar Hijaiyah. Game dibawah naungan Educa Studio ini sangat cocok dalam membantu sang anak untuk belajar mengenal huruf-huruf Hijaiyah, mulai dari Alif, Ba, Ta, Tsa', dan seterusnya. 

Tak hanya itu, game ini juga dilengkapi dengan voice atau suara pendukung pada setiap huruf Hijaiyah yang tampil di layar. Dengan begitu maka sang anak akan lebih mudah dalam mengenal sekaligus menghafal huruf-huruf Hijaiyah dengan mudah dan cepat.

Marbel sendiri memiliki user interface yang cukup menyenangkan. Pasalnya tampilan pada layar game terdapat hiasan atau gambar yang cukup menarik, salah satunya yaitu animasi yang lucu. Dengan adanya tampilan seperti ini, tentu saja sang anak menjadi tidak mudah bosan ketika sedang melakukan pembelajaran.

4. Cerdas Matematika

Cerdas Matematika
Cerdas Matematika merupakan sebuah game kuis yang berisi soal Matematika yang cocok dimainkan untuk anak SD dan juga remaja. Dengan memainkan game ini, sang anak diharapkan dapat lebih mudah memahami atau mengerti tentang pengoperasian Matematika yang mencakup penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.

Sebelum memulai pembelajaran, kamu cukup mengatur perhitungan maksimum dan minumum sesuai dengan apa yang kamu mau. Kamu hanya perlu mengetikkan angka secara manual dalam kolom yang sudah disediakan. Selain itu, kamu juga bisa langsung memilih jenis perhitungan apa yang ingin dipelajari.

5. Permainan Matematika Anak-anak

permainan matematika anak-anak
Hampir sama dengan game di atas, dimana dalam game besutan Adcons ini nantinya sang anak akan di ajarkan pengoperasian berhitung secara jelas dan mudah di pahami.

Jika pada game edukasi berhitung dari Cerdas Matematika mempunyai tampilan yang lebih bervariasi dan menyenangkan, maka sebaliknya dengan game yang satu ini. Meskipun begitu, Permainan Matematika Anak-Anak ini tetap baik untuk kegiatan belajar sang anak.


6. Belajar Mewarnai Untuk Anak

Belajar Mewarnai Untuk Anak
Ingin mengajari sang anak dalam hal melatih kreatifitasnya? Nih coba game menggambar yang bernama Belajar Mewarnai Untuk Anak.

Dalam game ini, nantinya sang anak dapat berkreasi sesukanya dengan cara menggambar berbagai jenis buah-buahan. Cara kerjanya cukup simple, sang anak hanya perlu memilih gambar buah dan kemudian bisa langsung dihiasi dengan warna-warna.

Setelah selesai menggambar, hasil gambar yang sudah diwarnai tadi bisa langsung disimpan atau dibagikan ke sosial media. Game menggambar ini tentunya sangat tepat dalam hal membantu mengembangkan keterampilan anak dalam mengenal kombinasi warna.

7. Animals Puzzle For Kids

Animals Puzzle For Kids
Animals Puzzle For Kids merupakan sebuah game teka-teki atau puzzle yang mengajak sang anak untuk dapat berfikir keras agar bisa melakukan pencocokan gambar. Jenis game seperti ini tentu saja sangat baik dalam hal melatih keterampilan motorik sang anak.

Nampaknya game puzzle yang dikembangkan oleh Abuzz ini memiliki tampilan yang cukup bagus. Bagaimana tidak, setiap jenis hewan yang tertera dalam game ini sudah memiliki warna tersendiri. Tak hanya itu, sang anak dapat memilih ratusan jenis puzzle hewan, mulai dari sapi, ayam, hewan, dan lain-lain.

Terdapat 30 jenis bahasa berbeda yang dapat dipilih untuk digunakan dalam mengisi suara-suara setiap binatang. Dengan adanya fitur tersebut tentunya sang anak akan lebih mudah dalam mengingat beragam jenis binatang. 

Lihat juga: 10 Pilihan Game Edukasi Android Terbaik

Nah, itulah kumpulan game android untuk anak SD yang bisa meningkatkan kecerdasan otak mereka. Mudah-mudahan game di atas dapat bermanfaat untuk memberikan edukasi kepada sang anak.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment