7 Aplikasi Al-Quran Digital Android Terbaik & Terjemahan Indonesia

advertisement
advertisement
Sebagai kitab suci agama islam, Al-Qur'an adalah tuntunan sekaligus pedoman hidup umat muslim. Al-Qur'an diturunkan dengan tujuan untuk dibaca, direnungkan, dan dipahami maknanya. Dengan mempelajari Al-Qur'an tentu kita akan banyak mengetahui secara lengkap hal apa saja yang diperintahkan dan dilarangnya.

Tanpa mengetahui pedoman hidup yang ada di dalam Al-Qur'an, maka manusia dan umat muslim khususnya bisa kehilangan arah dalam hidupnya. Padahal kitab suci islam sendiri adalah petunjuk lengkap bagi manusia.

Di zaman modern ini kita memang lebih dimudahkan dengan kemunculan teknologi canggih sehingga untuk membaca Al-Qur'an pun sudah tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diinstall dalam ponsel pintar yang biasanya kita bawa ke mana saja sehingga kemungkinannya kecil untuk lupa membawanya.

Dengan adanya aplikasi Al-Qur'an ini diharapkan seluruh umat muslim dapat lebih rajin membaca kitab sucinya kapan dan di mana saja. Kabar baiknya, YaTekno telah berhasil mengumpulkan 7 aplikasi Al-Qur'an terbaik untuk android lengkap dengan terjemahan yang bisa digunakan secara offline. Apa saja daftarnya?

1). Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia
Aplikasi Al-Qur'an yang berada diurutan pertama ini adalah buatan developer asli Indonesia bernama Andi Unpam yang berlokasi di Pamulang, Tangerang Selatan. Dilihat di Google Play, data menunjukkan aplikasi android ini mempunyai nilai yang baik dimata pengguna dengan jumlah installs hingga 5 juta kali dengan rating 4.7 serta reviews yang baik juga dari penggunanya.

Tidak heran memang, karena jika dilihat dari berbagai fitur lengkapnya serta tampilan yang menarik namun mudah dinavigasi.

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan di antaranya:
  • Al-Qur'an digital dilengkapi dengan terjemahan bahasa indonesia.
  • Adanya fitur audio mp3 murottal yang memungkinkan penggunanya dapat mendengarkan bacaan Al-Qur'an dari 7 pilihan qori dengan suara indah yang bisa dipilih salah satunya. Catatan, agar bisa mendengarkan audio mp3 murottal ini kamu perlu mendownloadnya satu-satu persatu surah yang ada atau bisa juga langsung mendownload semua surah menggunakan fitur audio manager murottal.
  • Aplikasi ini bisa kamu nikmati secara full version yakni 114 surah atau 30 juz.
  • Terdapat fitur notifikasi waktu sholat yang akan berbunyi alarm adzan saat tiba waktunya sholat. Ada juga pilihan untuk mematikan notifikasi sholat dzuhur di hari jum'at.
  • Membaca Al-Qur'an dengan 2 pilihan mode, yakni landscape atau portrait.
  • Tulisan latin, salin ayat, penanda bacaan terakhir, fitur pencarian ayat berdasarkan kata kunci diterjemahan, arah kiblat.
  • Dan masih banyak lagi lainnya...

2). MyQuran Al Quran Indonesia

MyQuran Al Quran Indonesia
Selanjutnya adalah aplikasi hasil garapan the WALi studio yang diakui developer bahwa tulisan arab yang ada sesuai versi cetak di Indonesia yang sudah diperiksa.

Bedanya aplikasi Al-Qur'an offline ini dengan lainnya selain desainnya yang indah adalah:
  • Terdapat kumpulan doa-doa dalam Al-Qur'an yang bisa dibaca secara gratis.
  • Ayat sajdah.
  • Al-Qur'an tajwid berwana.
  • 99 Asmaul Husna dan Makhraj yang disertai audio.
  • Tugas khatam bagi kamu yang sedang menghafal Al-Qur'an.
  • Pilihan untuk kamu mengupgrade ke full version agar bisa menggunakan aplikasi dan fitur secara maksimal.
  • Dan sebagainya...

3). Al'Quran Bahasa Indonesia

Al'Quran Bahasa Indonesia
Jika 2 aplikasi android di atas sebelumnya adalah karya bangsa Indonesia, aplikasi yang satu ini adalah buatan Spanyol yang hadir khusus untuk warga negara Indonesia. Selaku developer, MartinVillar.com menawarkan versi gratis dan berbayar.

Bagi kamu yang ingin merasakan semua fitur dengan maksimal silakan menggunakan versi pro atau berbayar, namun yang ingin menggunakan versi gratis saja terdapat beberapa pembatasan akses namun tidak terlalu menjadi masalah karena tetap bisa digunakan dengan nyaman.

Al Quran Bahasa Indonesia MP3
Aplikasi android ini dipersembahkan oleh Quran Reading yang merupakan developer asal Amerika Serikat. Hadir dengan warna dominan tampilan merah dan putih, membuat aplikasi ini seolah-olah dikhususkan untuk warga negara Indonesia walaupun sebenarnya buatan Amerika Serikat.

Aplikasi yang menawarkan fitur audio dan bahasa latin ini memungkinkan penggunanya dapat membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar. Menariknya fitur terjemahan tidak hanya tersedia dalam bahasa Indonesia namun juga Spanyol, Italia, China, dan masih banyak lagi.

Selain itu ada beberapa fitur yang bisa membuat pengguna nyaman, yakni fitur untuk memilih 3 jenis font arab yang berbeda, mengubah ukuran font, mengatur warna huruf dan latar belakang sesuka hati, dan berbagai fitur umum lainnya.

Quran Android Offline Free
Aplikasi android ini juga buatan the WALi studio setelah sebelumnya kita bahas aplikasi di poin ke-2. Bedanya dengan aplikasi yang berada di poin ke-2 di atas adalah aplikasi ini hadir secara full version sehingga pengguna dapat mengaksesnya secara maksimal.

Selain itu walaupun gratis, dari segi tampilan juga tetap menarik dan mudah dimengerti navigasinya. Hampir semua fitur pada aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia, dapat kita jumpai dalam aplikasi gratis ini tanpa koneksi internet.

So, bagi kamu yang ingin menikmati aplikasi Al-Qur'an versi gratis namun fiturnya lengkap yang dikembangkan oleh the WALi studio, maka aplikasi ini bisa menjadi pilihan terbaikmu.

6). Quran Tajwid Indonesia

Quran Tajwid Indonesia
Selaku developer, qurancordoba.com mengklaim bahwa aplikasi Al-Qur'an dengan khat Indonesia ini merupakan yang pertama yang dilengkapi dengan tajwid berwarna yang memudahkan para pembacanya.

Tidak berbeda jauh dengan fitur pada aplikasi Al-Qur'an pada umumnya, aplikasi ini juga menghadirkan terjemah resmi dari Departemen Agama RI, murottal yang bisa didownload per surah. Didukung dengan desain sederhana dominasi warna hijau yang terlihat indah, mungkin bagi kamu yang mencari aplikasi Al-Qur'an dengan tajwid berwana, aplikasi android ini bisa kamu pilih secara gratis.

7). Complete Quran (Indonesia)

Complete Quran (Indonesia)
Kalau kamu sedang mencari aplikasi Al-Qur'an digital dengan desain user experience yang menarik dengan 2 pilihan background hitam dan putih, mungkin aplikasi buatan Badr Interactive ini bisa kamu pilih untuk digunakan.

Karena selain desainnya yang indah dipandang mata, beberapa fitur penunjang juga disuguhkan secara gratis, seperti tafsir ayat, fitur pencarian, membagikan ayat Quran ke media sosial, dan lainnya.

Lihat juga:

Overall, ketujuh aplikasi Al-Qur'an untuk android di atas menawarkan fitur umum yang hampir tersedia di semua Al-Qur'an digital, namun ada beberapa yang memiliki fitur lebih lengkap dengan desain serta navigasi yang baik sehingga lebih menunjang kebutuhan pengguna secara maksimal.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment